Daftar 7 Destinasi Wisata Pantai di Garut Terpopuler Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain berbicara mengenai destinasi wisata pantai di Garut Jawa Barat, ciri khas kota ini mungkin tak bisa dilepaskan dari kelezatan aneka olahan dodolnya yang bertekstur lembut dan kenyal.

Padahal selain aneka jajanan kuliner, kota ini juga memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, sebut saja Gunung Papandayan, Situ Bagendit dan Dayeuh Manggung.

Bukan hanya itu saja, Garut juga memiliki deretan pantai-pantai yang memiliki pemandangan menakjubkan lho. Ya, pantai di kota ini memang memiliki pesona yang menggoda karena dihiasi dengan ombak yang cukup besar dan pasir putih yang menawan.

Dengan demikian, selain bisa menyegarkan pikiran lewat udara segar, Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas air yang seru dan menantang. Berikut ini di ulas 8 pantai yang bisa dijadikan tujuan liburan Anda di Garut.

Wisata Pantai di Garut

1. Pantai Santolo

Wisata pantai Santolo Garut
By Wiki-wisata.blogspot.com

Peta lokasi pantai Santolo Garut : Klik disini.

Pantai Santolo yang berlokasi di Kecamatan Cikelet ini merupakan salah satu obyek wisata yang banyak difavoritkan oleh wisatawan. Memiliki deburan ombak yang tidak begitu besar, garis pantai ini membentang cukup panjang dan dipenuhi dengan pasir cerah yang berbutir halus.

Mendampingi ombak yang terus menderu, ada taman yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil saat sedang bersantai. Taman tersebut bernama Taman Santolo dan berada tak begitu jauh dari bibir pantai.

Jika tertarik menyambangi pantai ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk membeli tiket masuk. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mengeksplor pantai ini sepuasnya, mulai dari sekedar refreshing mata, berjemur hingga berselancar.

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang di Garut
By Gunungkidulku.com

Alamat pantai Sayang Heulang Garut : Cijambe, Cikelet, Garut Regency, West Java 44177 ( klik untuk lihat peta ).

Lokasi pantai cantik ini berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk atau sekitar 90 km dari pusat kota Garut. Ketika menyambangi pantai ini, Anda bisa menghirup udara segar sekaligus menikmati keindahan laut yang meneduhkan mata.

Ada hamparan pasir putih di setiap sudut yang bisa dijelajahi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati gulungan ombak yang melaju kencang diiringi dengan pemandangan burung-burung yang terbang di atasnya.

Pantai ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia dan dihiasi dengan gugusan karang serta tebing yang menjulang tinggi di sekitar pesisirnya.

Menariknya, di antara gugusan karang tersebut ada jembatan gantung yang membentang dan menghubungkan pantai ini dengan pantai Santolo. Jembatan tersebut nampak sederhana, namun bisa dilintasi dengan aman.

Bagi Anda yang suka mengoleksi foto pemandangan, jembatan ini bisa jadi latar belakang obyek yang bagus, lho.

3. Pantai Rancabuaya

Destinasi alam pantai Rancabuaya
By Topijelajah.com

Alamat pantai Rancabuaya Garut : Purbayani, Caringin, Garut Regency, West Java 44166 ( klik untuk lihat peta ).

Berikutnya ada pantai Rancabuaya yang menawarkan pesona tak kalah memukau. Letaknya di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, dan bisa dicapai dengan perjalanan sejauh 120 km dari kota Garut selama 3,5 jam lamanya.

Meski agak jauh dari pusat kota, namun akses menuju pantai Rancabuaya terbilang mudah. Ada banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati selama menempuh perjalanan tersebut, mulai dari gunung Cikuray yang gagah hingga bentang laut yang biru.

Pesisir pantai Rancabuaya di dominasi oleh hamparan pasir yang lembut, beberapa gugusan karang, ganggang hijau, serta rumput laut. Meski demikian, ada beberapa area yang memiliki hamparan pasir agak kasar.

Sementara di bagian perairan, ada ombak dengan ketinggian rata-rata di bawah 1 meter yang semakin mempercantik pemandangan. Ombak yang tak begitu tinggi tersebut juga jadi salah satu alasan mengapa pantai ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang menginginkan ketenangan.

Anda tertarik untuk mengunjunginya ?

4. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana Garut
By Gunungkidulku.com

Merasa asing dengan nama pantai yang satu ini ? Memang belum sepopuler kawan-kawannya, namun pantai ini menawarkan pesona yang tak kalah cantik hingga membuat Anda susah move on. Pantai Cijayana letaknya berada di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang.

Konfigurasi lahan yang datar, kemiringan landai, stabilitas tanah sedang serta daya serap tanah yang masih alami menjadi modal utama pantai Cijayana yang jarang dimiliki oleh pantai lainnya.

Melengkapi karakteristik tersebut, ada deburan ombak yang cukup dahsyat. Tingginya bahkan bisa mencapai hingga satu meter lebih.  Jika di lihat dari kejauhan, ombak tersebut akan nampak seperti permadani biru.

Tak heran, orang menjulukinya sebagai ‘Laut Di Atas Awan’. Sebab, pemandangan yang ditampilkan memang elok. Ombak tersebut bergulung dengan cepat hingga ke bibir pantai. Anda sebaiknya tidak nekat berenang di tengah laut jika tak ingin terseret riak ganas tersebut.

5. Pantai Manalusu

Wisata alam pantai Manalusu
By Digarut.com

Alamat pantai Manalusu Garut : Cigadog, Cikelet, Garut Regency, West Java ( klik untuk lihat peta ).

Tergolong sepi, pantai ini memiliki areal bersih dengan batuan karang di atas permukaannya yang luas. Bebatuan karang tersebut memiliki banyak rongga yang kabarnya saling sambung menyambung hingga ke tengah lautan.

Terlepas dari itu, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang lebih kalem dengan ombak yang cukup bersahabat.

Airnya berwarna biru jernih dan seringkali tergenang di sebagian celah karang. Anda yang doyan jalan-jalan juga bisa mengelilingi bibir pantai untuk menyegarkan mata dengan keindahan yang tersimpan di sudutnya.

Bahkan, Anda juga bisa menyaksikan panorama sunset yang memukau bila betah menunggu hingga matahari terbenam.

6. Pantai Karang Paranje

Spot liburan pantai Karang Paranje
By Lintasalamparahyangan.blogspot.com

Alamat pantai Karang Paranje Garut : Karyasari, Cibalong, Garut Regency, West Java 44176 ( klik untuk lihat peta ).

Jika Anda suka pemandangan yang unik, Anda bisa menyambangi pantai Karang Paranje. Pantai yang berada di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong ini memiliki lanskap yang cukup berbeda. Dimana terdapat hamparan batu karang yang menghiasi garis pantainya.

Batu karang tersebut memiliki ketinggian bervariasi. Salah satu diantaranya ada yang menjulang tinggi sehingga nampak seperti bukit.

Bukit tersebut seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memancing ikan sambil menyaksikan keindahan pantai dari atas ketinggian. Anda yang hobi mengoleksi foto juga bisa menjadikan bukit tersebut sebagai objek.

Bahkan, kalau mau menunggu hingga petang, Anda bisa mendapatkan foto yang lebih cantik lho. Nuansa senja yang menyelimuti gugusan karang terjal bakal terlihat artistik di depan lensa kamera. Bagaimana, keren bukan ?

7. Pantai Cicalobak

Wisata alam pantai Cicalobak
By Hermoel31.blogspot.com

Peta lokasi pantai Cicalobak : Klik disini.

Pantai Cicalobak berada di pertengahan antara pantai Rancabuaya dan pantai Santolo. Oleh karena itu, daya tarik utama pantai di Garut selatan ini terletak pada bukit karang yang membentengi bagian kanan dan kirinya.

Namun, pantai ini juga memiliki daya tarik lain seperti pepohonan yang masih alami serta muara sungai yang alirannya cukup tenang. Anda yang datang ke sini bisa menyaksikan keindahan tersebut sembari menikmati hembusan angin sepoi-sepoi di atas bentang pasirnya yang luas.

Jika tertarik menyambanginya, Anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih 28 km dari Pameungpeuk menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, lokasinya yang dilalui oleh jalur Trans Jabar Selatan juga memungkinkan Anda untuk menempuhnya menggunakan transportasi umum lho. Jadi tunggu apalagi, yuk berangkat !

Baca : Wisata pantai di Indramayu Jabar.

8. Pantai Gunung Geder

Peta lokasi pantai Gunung Geder : Klik disini.

Pantai Gunung Geder adalah salah satu destinasi pantai Garut yang menyajikan pemandangan pesisir bermahkotakan gazebo-gazebo yang langsung berhadapan dengan laut lepas.

Pertama kali memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan lanskap samudera biru dari atas ketinggian. Lalu, menuruni anak tangga yang memanjang di sisi tebing, Anda akan menemukan pantai yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih yang halus.

Di pesisir, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selain berjemur, misalnya seperti membangun istana pasir, berswafoto hingga bermain voli.

Anda juga bisa menyaksikan pesona sunrise dan sunset lewat gardu pandang yang disediakan. Cukup berdiri saja di atas bukit, lalu pemandangan indah akan langsung menyambut Anda di sejauh mata memandang.

Penutup

Bagaimana, sudah mulai terpikir rencana liburan Anda menjelajahi beberapa destinasi wisata pantai di Garut yang saya rekomendasikan di atas ?

Beberapa nama pantai di atas kondisi sekitarnya masih sangat alami dan minim fasilitas. Jadi saya sarankan Anda untuk membawa perbekalan yang lengkap sebelum mulai berpetualang ke sana ya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.