Menikmati Keindahan Perut Bumi Yang Tersembunyi di Gua Maharani Lamongan

Tak hanya soto, Lamongan juga punya Gua Maharani yang bisa membuat Anda kenyang lewat suguhan panorama alamnya yang sangat indah.

Berada pada kedalaman kurang lebih 25 meter di bawah permukaan tanah, obyek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang guna memperlancar kegiatan petualangan Anda.

Maharani dianggap sebagai salah satu keajaiban perut bumi. Hal tersebut dikarenakan gua ini memiliki stalakmit dan stalaktit yang masih aktif, sehingga panoramanya jauh lebih cantik ketimbang gua lainnya.

Memamerkan keunikan stalakmit dan stalaktit aktif yang bentuknya beragam, gua ini sampai disandingkan dengan Gua Altamira di Spanyol dan Gua Mamonth di Amerika yang memiliki keindahan serupa.

Uniknya, stalakmit dan stalaktit yang ada di dalam gua tersebut terus tumbuh hingga ukurannya bisa bertambah 0,1 cm setiap tahunnya.

Stalaktit di dalam gua ini dihasilkan melalui proses fisiokimia, dimana air yang mengandung karbonat tinggi mengering dan menghasilkan bentuk ujung runcing pada langit-langit karena air terus menetes ke bawah.

Sementara, stalakmit terbentuk di lantai gua secara vertikal akibat endapan air yang menetes dari langit-langit gua. Tak seperti stalaktit yang memiliki ujung runcing, bentuk stalakmit agak tumpul, berlapis, dan tak memiliki lubang. Tetapi keduanya bisa menyambung dan membentuk tiang.

Stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua masih tipikal bentukan-bentukan yang khas dijumpai di daerah karst. Namun, ada hal yang membuat panorama di dalam gua ini terasa berbeda dibandingkan gua lainnya. Apa ya ?

Salah satu perbedaannya terletak pada keberadaaan lampu warna-warni yang ditempatkan di hampir seluruh sudut gua. Lampu yang menyorot sisi kanan-kiri gua tersebut memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit dengan jelas. 

Uniknya, beberapa stalaktit dan stalakmit diberi julukan tertentu untuk menarik minat pelancong yang berkunjung. Pemberian nama tersebut didasarkan pada bentuk stalaktit dan stalakmit yang bervariasi, ada yang seperti pohon beringin, kepala gajah, hingga dinosaurus.

Menelusuri Gua Maharani

Kecantikan Gua Maharani
Kecantikan gua by Travelingyuk.com

Memasuki ceruk gua, Anda akan disambut dengan rute trekking sejauh lebih kurang 350 meter yang memanjang dan bercabang.

Beruntungnya, rute tersebut sudah dilengkapi dengan railing sehingga Anda bisa melintasinya dengan aman dan nyaman. Perjalanan menyusuri trek juga akan memberi Anda pemandangan indah berupa bentukan perut gua yang sangat menakjubkan.

Hal pertama yang Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lantai Gua Maharani ialah suasana tenang dan sejuk yang bisa jadi belum pernah Anda rasakan dan temukan di tempat lain.

Masih dalam balutan udara sejuk, pemandangan elok dari warna-warni lampu yang menghiasi lorong langsung menyusul, bahkan tepat di depan mata Anda. Hal ini membantu Anda menikmati keadaan sekitar.

Hal tersebut nyaris tak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Bahkan, stalaktit dan stalakmit yang memenuhi ruangan gua juga tampil cantik bak di desain oleh arsitek terkenal.

Seketika, stigma bahwa gua merupakan tempat yang gelap, pengap dan lembap akan langsung menguap ke udara. Bahkan saking kerennya, Anda pasti betah dan tak ingin beranjak dari dalam gua, lho.

Jenis endapan-endapan yang terdapat di dalam gua ini pun berbeda-beda tergantung dari mineral yang terkandung di dalamnya.

Ada batu kapur yang terlihat menyerupai batu pualam, lalu ada pula yang terlihat seperti karang dan ada juga yang terlihat berkilauan seperti batu kristal. Bila sering disentuh, stalaktit dan stalakmit tersebut dapat berubah warna menjadi kehitaman.

Tak hanya pemandangan yang indah, wisata Gua Maharani Lamongan juga menyajikan musik alam yang bisa dinikmati sepanjang waktu. Selain menghibur, simfoni yang dihasilkan melalui tetesan air tersebut juga bisa menyegarkan pikiran anda, lho. Wah, menarik bukan ?

Baca : Berjumpa dengan Blue Fire kawah Ijen.

Maharani Zoo

Kebun binatang Maharani
Kebun binatang by Maharanizoo.com

Berada dalam satu wilayah yang sama dengan gua, kebun binatang ini dibangun dengan konsep yang tak biasa, yakni memadukan antara unsur alam Afrika dengan unsur alam Amerika Selatan.

Di atas lahan seluas kurang lebih 3,5 hektar ini, wisatawan bisa memetik pelajaran berharga mengenai alam dan keunikan hewan yang hidup di dalamnya. Beberapa jenis satwa yang bisa Anda lihat disini ialah Jerapah, Gajah hingga hewan padang pasir seperti Unta.

Beberapa satwa buas juga terlihat wara-wiri di dalam kandang mereka, misalnya seperti singa, cheetah, jaguar dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Maharani Zoo juga punya koleksi satwa albino yang sayang untuk dilewatkan. Hewan-hewan yang masuk ke dalam kategori satwa albino tersebut ialah hewan yang memiliki warna bulu putih pucat.

Ada rakun albino, tupai albino, landak albino, hingga harimau albino. Meski memiliki warna yang cenderung pucat, namun hewan-hewan tersebut malah terlihat lebih eksotis karena warna yang tak biasa.

Baca : Liburan seru ke Bromo ? Baca ini.

Fasilitas Yang Tersedia

Sebagai kawasan wisata terpadu, Maharani Zoo dan gua dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti musholla, toilet umum, lahan parkir, area khusus ibu menyusui, klinik kesehatan, hingga ATM.

Selain itu, ada pula warung jajan yang siap menghidangkan berbagai macam panganan porsi ringan hingga besar untuk Anda. Tak lupa, aneka minuman pelepas dahaga juga turut menemani santap siang Anda.

Lokasi Gua Maharani beralamat di Jalan Raya Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Berada di lokasi yang cukup strategis membuat obyek wisata ini mudah di akses menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum.

Bagi Anda yang datang dari pusat kota Surabaya, maka perjalanan menuju tempat ini akan memakan waktu hingga kurang lebih 1,5 jam lamanya dengan rute tercepat melalui tol Surabaya-Gresik.

Bagaimana, tertarik berkunjung ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.