Bercengkrama Dengan Aneka Satwa di Bukit Lawang Medan

Bukit Lawang Medan merupakan wisata alam yang sangat indah yang berlokasi di bawah kaki gunung Leuser dan wisatawan yang berkunjung akan berkesempatan melihat primata yang lucu yaitu orang utan.

Karena di kaki gunung Leuser ini terdapat banyak perkampungan yang bukan hanya menyajikan keindahan hutan namun juga penghuninya yang ramah, dan sebagai pusat rehabilitasi untuk orang utan dan juga flora-fauna yang lain.

Sumatera utara memang terkenal dengan beberapa tempat wisatanya yang mendunia. Sebut saja air terjun Sipiso-Piso, danau Toba, dan kini ada Bukit Lawang yang menawarkan keindahan alam yang khas.

Keunikan Bukit Lawang Medan

Bukit Lawang bukan hanya terkenal karena keberadaan orang utan dan memang dijadikan pusat untuk merehabilitasinya, namun juga digunakan sebagai tempat untuk melestarikan beberapa flora dan fauna yang dilindungi.

Fauna tersebut antara lain seperti gajah, badak, harimau dan hewan lainnya yang juga tinggal disana. Sedangkan untuk flora yang berada disana adalah bunga Rafflesia Arnoldi yang mempunyai diameter hingga 3 meteran.

Orangutan Sumatera di Bukit Lawang
Orangutan di Bukit Lawang

Yang lebih menarik lagi di Bukit Lawang adalah wisata river tubing yang mungkin masih asing bagi Anda dan wisatawan yang berasal dari luar daerah Medan.

River tubing merupakan wisata air layaknya arung jeram, namun yang digunakan sebagai perahu adalah ban yang hanya bisa digunakan untuk satu orang saja. Lokasinya yang berdekatan dengan arus sungai Bahorok yang cukup deras sehingga cocok dijadikan tempat melakukan tubing.

Satu lagi suguhan dari Bukit Lawang yang mampu memacu adrenalin kamu yaitu Gua Kelelawar. Tempat ini merupakan sebuah gua yang dihuni ribuan kelelawar sehingga tidak terdapat cahaya sedikit pun.

Kelelawar sangat nyaman dengan keadaan gua yang lembab dan juga gelap tersebut. Kamu diharapkan membawa pencahayaan sendiri apabila ingin melihat dan merasakan sensasi suara kelelawar yang terdengar seperti sebuah nyanyian.

Namun, kamu juga harus siap mencium bau kotoran kelelawar, karena yang tinggal di sana bukan hanya satu atau dua kelelawar yang kotorannya tak akan begitu bau, melainkan ribuan jumlahnya.

Rute Menuju Bukit Lawang

Bukit Lawang berada sejauh ±120 km dari kota Medan. Dari sana kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan bus antar kota selama 3-4 jam perjalanan jika berangkat dari pusat kota Medan.

Untuk bisa menemukan bis antar kota yang berada di pusat kota, kamu bisa menggunakan bentor yang merupakan kendaraan khusus kota Medan dan turun di terminal bus Pinang Baris. Setelah sampai di terminal Pinang Baris kamu bisa menemukan bis antar kota untuk menuju Bukit Lawang.

Bus yang menuju ke Bukit Lawang biasanya tersedia mulai jam 09.00 – 17.00 WIB. Kamu bisa memilih menggunakan bus yang pemberangkatannya disesuaikan dengan waktumu.

Tujuan terminal bus berikutnya adalah terminal bus Gotong Royong yang berada tepat di Bukit Lawang. Kamu hanya perlu berjalan sejauh 1 Km menuju pintu masuk Bukit Lawang atau jika ingin lebih cepat menggunakan bentor hanya dengan harga sekitar Rp. 5.000 saja.

Fasilitas Yang Tersedia di Bukit Lawang

Fasilitas yang tersedia di Bukit Lawang meliputi beberapa pondok wisata dengan nuansa alam yang juga bisa dijadikan sebagai tempat menginap dengan tarif yang bervariasi mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 500.000 untuk setiap malamnya.

Fasilitas lain yang bisa digunakan oleh wisatawan ialah restoran, feeding site, camping ground dan juga sampan yang digunakan untuk menyeberang ke Leuser.

Wajar jika fasilitas yang ditawarkan terhitung masih sangat sedikit dan mungkin kurang karena untuk menjaga kawasan supaya tetap bernuansa alami dan membuat para flora dan fauna tetap nyaman dan hidup layaknya di rumahnya sendiri.

Bagi kamu yang takut bingung dan mungkin tersesat bisa memanfaatkan jasa pemandu wisata lokal yang telah berpengalaman. Kamu bisa menghubungi Himpunan Pramuwisata Indonesia atau biasa disebut dengan HPI Bukit Lawang untuk mendapatkan pemandu wisata selama berkunjung kesana.

Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan

Bagi kamu yang menyukai kegiatan di alam bebas, berkunjung ke Bukit Lawang adalah rencana yang tepat untuk memenuhi hobi berpetualang. Banyak sekali kegiatan yang memacu adrenalin yang bisa dinikmati :

  1. Tracking menyusuri hutan
  2. Melihat aneka satwa di hutan
  3. berinteraksi dengan orang utan
  4. Melakukan river tubing
  5. Melakukan wisata caving
  6. Mandi langsung di air terjun

Nah, bagi kamu yang ingin menghabiskan masa liburan dengan menikmati nuansa alam seperti hutan bisa langsung menuju tempat wisata keren di Medan yang satu ini.

Tentukan jadwal keberangkatan hingga persiapan apa saja yang perlu dibawa ke sana, karena banyak sekali kegiatan memacu adrenalin yang bisa kamu lakukan di kawasan hutan Bukit Lawang Medan ini.

Mau Berkomentar ?