Menengok Air Terjun Tangkahan, Mutiara Cantik di Tengah Gunung Leuser

Air terjun Tangkahan terletak di desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Air Terjun ini menjadi destinasi favorit di wilayah Sumatera Utara.

Jika kamu sedang menyusuri area Taman Nasional Gunung Leuser, pastikan untuk mengunjungi air terjun ini. Destinasi wisata ini sering disebut sebagai surganya wisata di Langkat, Sumatera Utara. Air Terjun yang berlokasi di tengah hutan ini memiliki keunikan dan keindahan alam yang menakjubkan.

Selain air terjun Sipiso-Piso yang terkenal dengan eksotismenya, Tangkahan juga menyimpan potensi keindahannya. Penasaran untuk tau lebih jauh lagi ?

Keunikan Air Terjun Tangkahan

Air terjun setinggi kurang lebih 3 meter yang berlokasi di tengah hutan tropis dengan iklim sejuk ini memiliki keunikan tersendiri.

Pasalnya, kebanyakan air terjun akan memiliki air yang menyejukkan. Namun, air yang terdapat di Tangkahan ini merupakan perpaduan antara air hangat dengan air dingin. Sumber mata air panas berasal dari tebing-tebing di sekitar air terjun.

Campuran air dingin dengan air panas akan membantu badan menjadi lebih rileks. Jika sedang mengunjungi air terjun ini, jangan lupa untuk merasakan guyuran air terjun yang segar. Suasana hutan yang sejuk dan asri juga menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat tempat pelestarian gajah. Memandikan gajah menjadi kegiatan menarik yang dapat kamu coba. Sekali mendayung kamu akan merasakan kembali menyatu dengan alam.

Rute Menuju Air Terjun

Keindahan air terjun Tangkahan
Tangkahan

Lokasi air terjun Tangkahan di Desa Namo Sialang, tepatnya berjarak kurang lebih 99 km dari Balai Kota Lama yang terletak di pusat kota Medan.

Jalan menuju air terjun hanya bisa dilalui dengan kendaraan darat seperti mobil atau motor. Perjalanan menuju air terjun memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum seperti bus, maka waktu tempuh sekitar 5 jam.

Ada 2 bus yang dapat kamu tumpangi untuk ke Namo Sialang dari Terminal Pinang Baris. Bus tersebut berangkat setiap hari pukul 10.00 dan 13.00. Biaya yang perlu kamu keluarkan sekali naik bus Rp 15.000,- per orang. Bus yang kembali ke Medan berangkat pukul 7.30 dan 14.30.

Jika kamu memilih kendaraan umum, maka pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan cermat agar tidak ketinggalan bus terakhir saat pulang ya.

Akses menuju air terjun yang masih alami memberikan tantangan tersendiri bagi kamu yang berjiwa petualang. Untuk sampai ke air terjun Tangkahan harus melewati aliran sungai yang sedikit deras. Dihimbau kepada wisatawan untuk berhati-hati selama dalam perjalanan menuju air terjun.

Baca : Keunikan air terjun dua warna Sibolangit.

Penginapan di Sekitar Air Terjun

Bagi kamu yang ingin merasakan hidden paradise di Sumatera Utara ini, kamu bisa memilih untuk tinggal sebentar dan mengeksplor keindahan alami di dalamnya.

Terdapat 5 penginapan yang dapat kamu pilih selama berlibur di Tangkahan, mulai dari Green Lodge, Jungle Lodge, Bambu River, Linea, dan Mega Inn. Harga yang ditawarkan untuk menginap di kawasan Tangkahan cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 100.000.

Menariknya, selama kamu tinggal di penginapan kamu akan disuguhi dengan pemandangan khas alam yang akan memanjakan mata. Beberapa lokasi penginapan dikelilingi oleh aliran sungai dangkal yang dapat digunakan untuk sekedar bermain air atau mandi.

Tersedia pula restoran yang terletak di tepi sungai. Sembari menikmati hidangan khas Tangkahan, kamu akan disuguhi pemandangan sungai yang asri dan menyejukkan.

Selain wisata ke air terjun, kamu juga dapat menikmati beberapa destinasi wisata yang lokasinya berdekatan. Puas bermain air di air terjun kamu bisa menyaksikan atraksi gajah.

Gajah menjadi hewan yang dilindungi dan dikembangbiakkan di kawasan ini. Terdapat paket menjelajah hutan dengan gajah, ada pula kegiatan memandikan gajah yang tidak boleh dilewatkan.

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan tempat alami berkembang biaknya flora dan fauna. Oleh karena itu kamu bisa menjelajah hutan untuk sekedar refreshing, mendekatkan diri dengan alam maupun mempelajari keanekaragaman hayati khas Indonesia ini. Kamu akan menjumpai beragam flora dan fauna unik selama menjelajahi hutan.

Tempat wisata Tangkahan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Suasana tengah hutan yang tenang dan sejuk menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan.

Ibaratnya destinasi wisata ini dapat dijadikan sebagai tempat pelarian karena lokasi dan suasananya yang mendukung.

Jika kamu ingin mengunjungi air terjun Tangkahan dan wisata disekitarnya, ada baiknya untuk menggunakan jasa pemandu. Jasa pemandu akan menjadi teman selama kamu menjelajahi hutan untuk sampai di air terjun.

Hal ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, karena tetap saja lokasi wisata di Sumatera satu ini berada di dalam hutan rimba. Banyak hal-hal tidak terduga yang mungkin akan kamu jumpai. Tapi hal itu justru akan menambah seru perjalanan menjelajah alam di Tangkahan bukan ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.