Berkunjung ke Istana Maimun Medan, Saksi Kebesaran Kerajaan Deli Masa Lampau

Sudah dipastikan jika Istana Maimun Medan dikatakan sebagai salah satu istana paling indah yang ada di Medan. Seperti yang diketahui, Indonesia sendiri memang memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat banyak dan masih terjaga dengan baik.

Dan termasuk juga Istana Maimun Medan. Selain karena memiliki arsitektur yang sangat menawan dengan adanya campuran dari banyak sekali corak dan budaya, tempat bersejarah di Medan ini juga memiliki kisah yang menarik dan panjang.

Beberapa warga sekitar menyebut nama istana ini sebagai nama Istana Putri Hijau. Hal ini dikarenakan pengaruh dari masyarakat sekitar yang memang awalnya adalah istana kebesaran dari kerajaan Deli.

Dimana jika melihat dari sejarahnya, istana ini lebih di dominasi dengan warna kuning dan selesai dibangun pada tahun 1888 M dan pada saat ini dipimpin oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Sultan Makmun adalah anak sulung dari pendiri kota Medan, Mahmud Perkasa Alam.

Arsitektur Istana Maimun Medan

Istana ini adalah salah satu bangunan yang memiliki banyak sekali corak arsitektur yang mana mirip dengan timur tengah, Italia, Spanyol, India dan beberapa corak istana lainnya.

Jika datang ke sini maka kamu akan melihat beberapa pengaruh negara Eropa yang terlihat dari beberapa ornamen lampu, jendela, kursi hingga meja yang digunakan di Istana ini.

Selain itu, bentuk dari istana yang agak melengkung atau arcade pada bagian atapnya merupakan salah satu pengaruh dari negara islam yang sering kamu jumpai di bangunan timur tengah.

Halaman luas istana Maimun Medan
Istana Maimun Medan

Istana Maimun memiliki bentuk bangunan dua lantai yang terdiri dari bangunan induk, sayap kiri dan kanan. Luas bangunannya sekitar 2,772 meter pesegi dan terdiri dari 30 ruang yang luas halamannya sekitar 4 hektar.

Bangunan istana ditopang tiang kayu dan juga batu dengan tinggi bangunan kurang lebih 14,14 meter serta di dominasi oleh warna kuning.

Kamu mungkin bertanya siapa yang membuat desain arsitek rancangan istana ini. Dari beberapa sumber dikatakan jika Istana Maimun memang dirancang oleh seorang arsitek dari italia.

Walaupun tidak banyak yang mengetahui siapa orangnya, namun banyak orang yang percaya jika bangunan Istana Maimun dibangun oleh seorang seniman ternama.

Baca juga : Gunung Sibayak, Atap Sumatera Utara

Rute Menuju Istana Maimun

Banyak jalur yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Istana Maimun Medan. Pilihlah rute yang mudah ditempuh baik menggunakan transportasi umum maupun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika dari kota Medan maka kamu bisa melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh. Kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan transportasi umum dengan rute :

Dari bandara Kualanamu maka kamu bisa melanjutkan naik kereta dengan rute bandara Kualanamu ke Medan. Setelah sampai di Medan, kamu bisa turun dan melanjutkan naik angkot untuk langsung ke Amplas, dan kamu bisa langsung turun di depan Istana Maimun.

Dari pelabuhan Belawan maka kamu bisa naik bus jurusan Amplas dan turun di terminal Amplas. Kemudian kamu bisa melanjutkan lagi dengan naik angkot 64 jurusan Pinang baris dan turun di depan Istana Maimun Medan. Saya sarankan datang pagi hari agar tidak menunggu lama di terminal.

Rute ketiga kamu bisa tempuh jika datang dari Jakarta, maka kamu bisa menggunakan pesawat terbang ke Medan. Sesampainya di bandara Kualanamu kamu bisa mengikuti arah seperti rute yang pertama.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat sedang berada di Istana Maimun Medan diantaranya adalah :

Berkeliling Kawasan Istana

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di istana ini adalah berkeliling istana. Karena hampir semua orang yang pertama kali datang ke istana ini sangat penasaran dengan arsitekturnya.

Selain itu jika beruntung kamu akan menjumpai pertunjukan musik Melayu. Dengan berkeliling ke kawasan istana akan membawa kamu ke kehidupan Melayu yang sangat kental.

Menikmati Koleksi Istana

Selain itu, kamu juga bisa melihat beberapa peninggalan koleksi foto, perabotan rumah tangga dan juga beberapa jenis senjata. Jangan pernah melewatkan untuk berfoto di lingkungan istana yang sangat indah ini ya.

Terakhi, di Istana Maimun Medan kamu juga bisa mendengar cerita Meriam Puntung yang terkenal. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku sampai meneteskan air mata saat mendengar ceritanya.

Bagaimana, mulai tertarik untuk mengunjungi istana yang elok ini ? Segera rencanakan liburan ke Medan bersama keluarga.

Mau Berkomentar ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.