Mengunjungi Pulau Sempu Malang, Serpihan Surga Tersembunyi Yang Sepi

Pulau Sempu Malang merupakan sebuah cagar alam yang terletak di kota Malang. Sebagai sebuah kawasan konservasi, tidak semua orang boleh berkunjung ke sana sembarangan.

Untuk masuk dan berkunjung ke sana, para pengunjung harus meminta ijin terlebih dulu ke pihak BKSDA setempat.

Setelah mendapat ijin, pengunjung dapat berjalan-jalan maupun menginap di sana tetapi harus tetap memperhatikan kebersihan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Nama Pulau Sempu menjadi terkenal karena panoramanya yang sangat cantik. Bahkan pulau ini disebut-sebut lebih indah daripada pulau Phi Phi di Thailand yang digunakan sebagai tempat syuting The Beach.

Tetapi karena akses menuju ke sana masih minim, tidak banyak orang yang berkunjung ke sana. Namun belakangan ini mulai banyak agen wisata yang menyediakan paket kunjungan ke Pulau Sempu.

Lokasi Pulau

Danau alam di pulau Sempu
Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di Pantai Sendang Biru yang merupakan tempat pelelangan ikan di Malang, tepatnya di Malang Selatan, Jawa Timur.

Membawa kendaraan sendiri, terutama kendaraan roda empat lebih disarankan. Pulau Sempu berjarak sekitar 69 km dari kota Malang.

Untuk Sampai di sana, kamu harus menyewa perahu boat. Biasanya pengemudi perahu akan memberikan nomor kontaknya supaya dapat dihubungi jika kamu ingin minta dijemput.

Akses ke Pulau Sempu Malang

1. Transportasi Umum

Bagi pengunjung dari Jakarta, perjalanan dapat dilakukan ke Surabaya lebih dulu. Dari Terminal Bungrasih di Surabaya, perjalanan ke Malang dengan bus antar kota Surabaya – Malang memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Dari terminal Arjosari Malang, Kamu cukup naik angkutan bemo ke terminal gadang. Angkutan ini memiliki kode AMG/AG.

Dari terminal gadang, perjalanan dilanjutkan dengan bus tujuan Turen. Setelah sampai Turen naik angkutan umum menuju ke Sendang Biru Malang

2. Mobil atau Motor

Kalau kamu naik motor atau mobil sebenarnya biayanya lebih hemat.

Dari Surabaya, perjalanan melalui Sidoarjo ke Porong kemudian ke Pandaan Purwosari. Nanti kamu akan melewati Kebun Raya Purwodadi dan kota Lawang Singosari.

Setelah sampai di Malang, perjalanan dilanjutkan ke Gadang. Dari sana cukup jalan lurus kemudian belok kiri setelah melewati Pabrik Gula Krebet dan ikuti papan petunjuk jalan menuju arah ke Sendang Biru Malang.

Tiba di Pabrik Pindad, belok ke kiri dan ikuti petunjuk jalan sampai di Turen. Dari Turen, kamu hanya lurus mengikuti jalan menanjak dan menikung melalui perbukitan sejauh 30 km di Sumbermanjing.

Dari perbukitan, kamu akan masuk di daerah pedesaan Sumbermanjing. Dari sini, perjalanan masih sekitar 14 km untuk sampai di Pantai Sendang Biru.

Jangan khawatir, di sana sudah ada banyak penunjuk jalan sehingga kamu tidak akan tersesat. Kalau bingung, tanya saja ke warga setempat untuk jalan menuju ke Pantai Sendang Biru atau bisa juga mengakses GPS.

Dari Sendang Biru, kamu hanya perlu berjalan ke titik jemput perahu.

Tiket Masuk dan Tarif Perahu

Tiket masuk ke Pantai Sendang Biru adalah Rp 5 ribu per orang sedangkan tiket masuk di Pulau Sempu adalah Rp 20 ribu. Untuk harga sewa perahu ke Pulau Sempu adalah Rp 100 ribu per orang.

Kapal tersebut dapat memuat 10 penumpang. Untuk itu sebaiknya datang ke sini bersama rombongan agar biaya dihitung per keberangkatan.

Akomodasi

Jika kamu ingin kemping di Sempu, biaya menginap di sana adalah Rp 20 ribu per orang sedangkan biaya parkir kendaraan di Sendang Biru adalah Rp 5 ribu per malam. Di sana tidak ada penginapan karena Pulau Sempu sebenarnya bukan tempat wisata.

Baca : Sunset memukau di pantai Buyutan.

Tips Berkunjung ke Pulau Sempu

Berkemah di pulau Sempu
Berkemah

Jika kamu berniat untuk menginap, maka bawa logistik secukupnya, jas hutan, carrier, nesting, botol, tenda dome, dan kantong plastik.

Kantong plastik digunakan sebagai tempat sampah yang nantinya juga harus kamu bawa pulang untuk menjaga kelestarian pulau ini.

Keindahan Pulau Sempu

Perjalanan dengan kapal untuk menuju ke salah satu wisata alam Jawa Timur terbaik ini akan menyuguhkan panorama yang menakjubkan.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan panorama Samudera Hindia. Saat tiba, perahu akan berlabuh di tepi pulau.

Setelah turun dari kapal, petualangan pun dimulai di mana kamu harus menelusuri jalur setapak untuk menuju ke Blue Lagoon Sempu.

Pantai pasir putih di pulau Sempu
Pantai pasir putih

Laguna ini merupakan salah satu ikon Pulau Sempu Malang yang sangat indah dan menjadi daya tarik utama pulau ini.

Jalur yang harus dilewati menuju ke laguna ini cukup menantang dan harus berhati-hati agar tidak tersandung batuan yang berserakan di jalan setapak.

Jalur trekking yang kamu lewati tersebut sebenarnya merupakan kawasan hutan konservasi. Selain itu, jalan setapak juga dipenuhi oleh batu karang.

Mengingat medan yang harus dilewati cukup berat, pastikan kamu memiliki persiapan fisik yang matang agar dapat menaklukkan medan tersebut.

Baca juga : Mitos di Pantai Papuma Jember.

Walaupun melelahkan, semua rasa lelah tersebut akan terbayar lunas saat kamu melihat laguna biru di Pulau Sempu yang begitu memukau. Di sana, kamu bisa melihat air laut yang yang jernih dan terumbu karang yang indah.

Blue Lagoon di Sempu merupakan sebuah danau yang terbentuk karena keganasan laut selatan. Air di laguna tersebut masuk melewati dinding-dinding karang yang berlubang.

Semakin siang, danau tersebut semakin dipenuhi oleh air karena air semakin pasang. Para pengunjung di sana biasanya menghabiskan waktu dengan bermain air dan mengabadikan keindahan Pulau Sempu dalam jepretan kamera yang dibawa.

Jika kamu belum pernah ke Pulau Sempu Malang, maka ada baiknya kamu membawa pemandu lokal agar lebih aman ya.

Vote Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel ini :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan vote rendah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.