Menikmati Sepotong Senja Bersama Keluarga & Pasangan di Pantai Pandawa

Kuta ternyata menyimpan wisata bahari yang cukup unik. Pantai Pandawa Bali misalnya. Pantai yang terletak di bagian selatan kecamatan Kuta tersebut bisa menjadi destinasi alternatif Anda kala berlibur ke Bali.

Berbeda dengan pantai Kuta, pantai Pandawa lebih sering dikunjungi oleh tamu domestik ketimbang turis asing. Sebagian besar tamu domestik yang mengunjungi pantai Pandawa memilih menghabiskan waktunya dengan berenang, bermain pasir, atau berswafoto bersama keluarga tercinta.

Namun, pantai Pandawa juga sering digunakan sebagai lokasi syuting film pendek FTV yang melibatkan banyak artis ternama ibukota. Tak heran karenanya jika pantai Pandawa sering berseliweran di layar kaca.

Tempat yang difavoritkan sebagai lokasi syuting film tersebut memang memiliki banyak kelebihan yang membuatnya istimewa. Berikut ini adalah daya tarik pantai Pandawa yang siap membuat Anda jatuh cinta.

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali

1. Aksi Lima Pandawa

Daya tarik paling mencolok terletak pada patung Panca Pandawa yang berjajar rapi di sisi tebing menjelang pesisir pantai. Panca Pandawa yang menjadi tokoh sentral dalam wiracarita Mahabharata dan di representasikan dalam 5 arca, dimulai dari Yudhistira, Arjuna, Bima, Nakula, hingga Sadewa.

Tidak hanya kelima Pandawa, Anda bisa melihat 6 arca lain yang juga terinspirasi dari tokoh pewayangan Mahabharata di tata dengan rapi di sepanjang sisi tebing.

Dalam wiracarita Mahabharata diceritakan perjuangan lima tokoh Pandawa dalam merebut kerajaan Hastinapura – yang menjadi hak mereka.

Selama berusaha mengambil kembali kerajaan Hastinapura, Arjuna dan kawan–kawan harus menghadapi Kurawa, kelompok antagonis yang selalu menghalang–halangi perjuangan Pandawa dalam merebut Hastinapura.

Namun sebenarnya, arca–arca yang ditampilkan di pantai Pandawa hanya ditujukan sebagai sebuah atraksi wisata untuk menarik para pelancong saja. Sehingga tak perlu heran jika pantai ini dipenuhi dengan para turis yang antusias memotret keunikan arca–arca tersebut.

Baca : Kemegahan air terjun Nungnung di Bali.

2. Pantai Ramah Anak

Fasilitas yang tersedia di pantai Pandawa Bali
Fasilitas pantai by Baligetaway.co.id

Membawa anak–anak berlibur ke pantai Pandawa juga merupakan ide brillian yang pantas untuk dipertimbangkan.

Secara geografis, pantai ini memiliki kontur yang cukup landai sehingga aman untuk dijelajahi oleh anak–anak. Anda bisa membiarkan anak–anak bermain air sepuasnya tanpa perlu diburu rasa cemas akan ombak yang tiba–tiba menghantam.

Selain memiliki ombak yang tenang dan tidak membahayakan, air di pantai Pandawa juga terbilang jernih dengan warna biru terang menyala. Tentu lanskap hamparan laut jernih berkilau bak batu sapphire tersebut akan membuat siapa pun yang melihatnya terkesima, termasuk Anda.

Selain bermain air, Anda dan keluarga juga bisa berlayar menggunakan perahu kano yang sudah berjajar rapi di sepanjang hilir pantai. Kano berwarna warni tersebut bisa Anda sewa dengan harga kurang lebih Rp. 25.000 per orang.

Setelah menaiki kano, Anda bisa singgah sejenak di tenda pijat tradisional untuk merasakan sensasi pijatan Spa khas Bali.

Namun bagaikan salon kecantikan, para terapis tidak hanya menawarkan pijatan Bali saja, ada beberapa jenis pijatan lainnya yang bisa Anda coba, misalnya seperti Pandawa Massage, Relaxation Massage, Back Massage, Shiatsu Massage, Pijat Refleksi Kaki, dan Pedicure & Manicure.

Baca : Air terjun Banyumala, hidden paradise di Bali.

3. Menikmati Senja Yang Membius

Menikmati senja di pantai Pandawa Bali akan terasa sedikit berbeda. Bukan hanya karena letaknya yang berada tepat di belakang tebing namun juga karena pentas tari Kecak yang secara rutin dilangsungkan pada pukul 6 sore hingga 7 malam waktu setempat.

Dengan ciri khas Tari Kecak yang menghentak–hentak, menikmati kidung senja di pantai Pandawa akan jauh lebih seru dan menyenangkan.

Selain tari Kecak, ada juga kegiatan lain yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu petang di pantai yang juga dikenal dengan nama Secret Beach ini, diantaranya ialah bermain voli, menyeruput secangkir kopi panas, hingga mencicipi sajian kuliner lezat yang dijajakan di sekitar pantai.

Menu makanan yang ditawarkan beraneka ragam mulai dari mie goreng, nasi goreng hingga ikan bakar yang sangat lezat.

Sesuai harapan, Anda bisa menyantap berbagai hidangan tersebut dengan ditemani oleh minuman segar khas pantai tropis, apalagi kalau bukan kelapa muda. Menyenangkan, bukan ? Tenang ini bukan di Hawaii, Anda masih berada di Indonesia kok.

Fasilitas di Pantai Pandawa

Meski sempat terisolir, pantai di Bali ini akhirnya berkembang sebagai sebuah kawasan wisata bahari dan tempat budi daya rumput laut. Fasilitas yang disediakan pun semakin beragam dan lengkap, mulai dari toilet umum, ruang ganti pakaian, dan area parkir yang cukup luas.

Jika lelah, Anda bisa menghabiskan malam dengan menyewa kamar / villa di pantai Pandawa Bali seperti Pandawa Hill Resort, Puri Pandawa Resort dan GP Bali Homestay yang membanderol harga sewa per kamarnya di kisaran Rp. 150.000 hingga Rp. 800.000.

Akses Menuju Lokasi

Akses masuk lokasi pantai Pandawa di Bali
Akses masuk pantai by Ebalitour.com

Pantai pasir putih yang juga dikenal dengan nama lain pantai Kutuh ini berlokasi di desa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali.

Berada di balik tebing tinggi yang dipenuhi dengan semak belukar, pantai ini bisa mengecoh Anda dengan mudah jika tidak dibantu dengan plang besar bertuliskan “Pantai Pandawa” yang terpajang tepat pada dinding kapur yang berdiri membelakangi Samudera Hindia.

Sepanjang jalan menuju lokasi pantai, Anda disuguhi pemandangan memukau dari dua sisi tebing kapur tinggi yang saling bertatap muka. Tidak ada pepohonan, hanya dinding rubing karst cokelat kehitaman yang berdiri kokoh mengapit jalan sepanjang 1.5 km menuju bibir pantai.

Harga tiket masuk kawasan wisata pantai Pandawa Bali Rp. 8.000 per orang, belum termasuk parkir mobil sebesar Rp. 5.000 dan harga parkir motor sebesar Rp. 2.000. Murah bukan ? Ayo berangkat sekarang juga !

Vote Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel ini :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan vote rendah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.