Air Terjun Banyumala, Disebut-Sebut Salah Satu Yang Terindah di Pulau Bali

Bali, pulau yang dijuluki sebagai pulau Cinta ini adalah salah satu tujuan utama pariwisata dunia. Dengan berbagai pesona alam dan keunikan budaya lokalnya, Bali tidak hanya menjadi magnet alami yang menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara, namun juga menjadi penyumbang devisa terbesar negara Indonesia.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa Bali menyimpan banyak destinasi alam menarik selain pantai, air terjun Banyumala misalnya.

Jika Anda telusuri lagi sudut–sudut Bali, Anda akan menemukan air terjun indah ini yang letaknya berada di kawasan Buleleng. Terdengar asing ? Air terjun ini memang tidak se-tersohor air terjun Gitgit, namun pesonanya layak disandingkan dengan wisata air terjun lainnya di Bali.

Semakin tersembunyi, semakin menarik. Adalah filosofi traveller dalam bertualang ke negeri orang. Air terjun ini letaknya amat terpencil dan tersembunyi. Hal itu pula yang nampaknya menjadi alasan mengapa tidak banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Akses menuju lokasi air terjun memang cukup sulit karena di dominasi dengan medan perbukitan. Tidak hanya itu, selesai memarkir mobil, Anda masih harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 100 meter dengan cara berjalan kaki untuk bisa menemukan pos retribusi. Sesampainya di pos, Anda akan dikenai biaya masuk sekitar Rp. 10.000 per orang.

Perjalanan berlanjut ke sebuah lintasan tangga dan jembatan kayu yang dibangun melintang tepat di atas dua tebing. Sepintas, jembatan kayu tersebut nampak tua dan sangat rapuh, namun Anda bisa melewatinya dengan aman jika berjalan dengan perlahan.

Selesai menyeberangi tebing, Anda akan menemukan sebuah jalan setapak yang membelah semak belukar di sekitarnya. Melintasi jalur ini, Anda akan dihadapkan pada jalan menanjak dan menurun yang agak curam serta dipenuhi dengan lumpur. Bila tidak hati–hati Anda bisa saja tergelincir.

Baca : Hal seru yang bisa dilakukan di Nusa Dua Bali.

Rasa Lelah Terbayar Oleh Keindahan

Pemandangan sekitar air terjun
Banyumala by Aliyahdewi.com

Usai berjuang menyusuri trayek berat, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan air terjun Banyumala yang menakjubkan. Dikelilingi dengan dinding tebing yang menjulang tinggi, air terjun ini mengalir lembut di antara tanaman rambat yang memenuhi sisi lembah.

Air terjun ini berada di dasar lembah yang dipenuhi tanaman hijau di hampir seluruh permukaannya. Uniknya, untaian yang tercipta dari rambat tumbuhan yang menutupi lembah malah memisahkan air terjun ke dalam 3 bagian.

Ketiga aliran air terjun sama–sama bermuara ke sebuah kolam alami yang berada tepat di bawahnya. Dengan laju sedang, aliran air menghasilkan suara gemericik yang syahdu di iringi kicauan burung yang terbang kesana kemari.

Suasana asri dipertegas dengan kondisi alam di sekitar air terjun yang masih berupa hutan belantara. Dihiasi dengan berbagai pepohonan yang tumbuh subur di setiap sudut, air terjun indah ini menawarkan Anda pengalaman wisata di pulau Bali yang tak terlupakan.

Apalagi destinasi ini masih belum banyak dikunjungi oleh orang–orang, maka bukan hanya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi sensasi berendam di kolam pemandian alam, Anda juga berpeluang mencicipi pengalaman berlibur bak di pulau pribadi laiknya selebritis Hollywood.

Telaga air terjun memiliki kedalaman yang cukup dangkal dengan ketinggian air hanya sekitar dada orang dewasa. Meskipun begitu, luas permukaan telaga Banyumala cukup besar, bahkan diameternya mencapai angka 15 meter. Dengan ukuran yang fantastis tersebut, Anda bisa menjelajahi isi kolam sepuasnya.

Selalu digaung–gaungkan sebagai nilai tambah, kejernihan air di telaga Banyumala juga bukan cuma isapan jempol belaka. Anda bisa membuktikannya dengan cara mengamati kolam dari atas ketinggian. Maka seketika Anda akan dibuat terpukau dengan kejernihan air di telaga yang mampu menampilkan apa saja yang berada di dalamnya.

Ada pula beberapa spot selfie yang biasa dimanfaatkan oleh para fotografer untuk menghasilkan jepretan keren. Jadi, jika tidak berenang, Anda bisa bermain dengan kamera untuk menangkap momen–momen ceria bersama keluarga tercinta di beberapa spot selfie yang telah disediakan. Gratis lho !

Baca : Menikmati mentari terbenam di Tanah Lot.

Fasilitas di Air Terjun Banyumala

Lokasi air terjun Banyumala Buleleng, Bali
Sunyi by Gintingefraim.weebly.com

Obyek wisata alam yang satu ini memang tidak dilengkapi dengan banyak fasilitas, hanya ada warung yang terletak tidak jauh dari pos retribusi yang menjajakan aneka makanan ringan dan minuman segar pelepas dahaga.

Maklum, tidak seperti destinasi wisata lain yang mudah diakses, air terjun cantik ini berada di tengah kerimbunan hutan. Maka wajar rasanya jika tak banyak fasilitas yang bisa Anda temukan di sini.

Selain warung sederhana di dekat loket air terjun tersebut, ada juga beberapa tempat makan yang bisa Anda singgahi kala perut sudah mulai keroncongan, misalnya seperti Palm Resto Bali, Hidden Hills Wanagiri, dan Warung Kadek yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun.

Jika hari sudah larut, Anda bisa bermalam di beberapa penginapan terdekat, seperti Waterfall Treehouse Cabin yang berjarak sekitar 4.5 km dari air terjun atau Altavista Bali Mountain Villa yang berjarak sekitar 4.4 km.

Jika mau berhemat sedikit, ada sebuah penginapan bernama Bukit Kembar Ecotourism yang membanderol harga sewa kamarnya mulai dari 170 ribuan. Dengan harga tersebut, bayangkan berapa banyak pengeluaran yang berhasil Anda hemat untuk satu malam saja ?

Akses Lokasi ke Air Terjun

Lokasi air terjun Banyumala yang tersembunyi nan indah ini beralamat lengkap di Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali.

Dijuluki sebagai air terjun terindah di Bali, air terjun ini layak masuk dalam itinerary Anda. Perjalanan menuju ke lokasi mungkin akan memakan waktu sekitar 2.5 jam lamanya dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Cukup jauh memang, tetapi itulah harga yang sepadan untuk menikmati keindahan air terjun paling indah di Bali. Bagaimana, sudah siap menjelajahinya ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.