Piknik Asik Ke Surga Kecil di Pantai Pulau Panjang Jepara

Wisata pantai Pulau Panjang Jepara

Pulau ini masih alami dan sepi dan termasuk belum banyak dijamah sama orang. Pantai Pulau Panjang Jepara berada di Kelurahan Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah.

Dikarenakan tempat ini masih sepi membuat para wisatawan ingin berkunjung ke sini.

Sekilas Tentang Pulau Panjang

Pantai pasir putih yang dimiliki oleh Pulau Panjang membuat pulau ini sendiri menjadi istimewa. Perairan pulau ini juga jernih dengan dikelilingi oleh laut yang dangkal, selain itu juga terdapat terumbu karang yang indah.

Di area tengah Pulau Panjang terdapat pohon tropis yang menjulang tinggi.

Flora yang ada di pulau ini terdiri dari pohon randu, dadap, asam jawa, dan juga pinus dengan usia ratusan tahun lamanya yang berada di sebelah timur.

Air laut cocok dijadikan untuk mandi karena tidak berarus. Selain itu, adanya pohon yang akarnya menjuntai ke laut  yang sangat indah dipandang mata.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Pulau Panjang, maka anda akan melewati Pantai Bandengan, Pantai Prawean dan Pantai Kartini. Adanya papan petunjuk untuk kapal yang berlabuh ke Pulau Panjang.

Jika ingin menikmati sunset terdapat kapal yang terakhir berlabuh kembali ke Pantai Kartini pada Jam 17.00 WIB.

Keindahan Pantai Pulau Panjang Jepara

Jembatan di pulau Panjang

Dengan pepohonan yang lebat dan asri kamu akan merasakan udara yang begitu bersih dan sensasi yang berbeda. Tempat ini cocok dijadikan tempat penjelajahan dengan suasana hening dan sepi.

Untuk para pemula terbilang aman dikarenakan tersedia paving block yang membuat akses wisatawan menjadi mudah. Waktu yang berlalu seakan tidak terasa jika tengah asik berkeliling pulau ini, yang memang bisa dikatakan surga kecil.

Walaupun tidak berenang, kamu bisa secara langsung melihat terumbu karang dari atas dengan air yang sangat jernih.

Saking indahnya para wisatawan banyak mengabadikan foto-foto yang bagus untuk di post ke akun media sosial mereka.

Kamu juga bisa bersantai-santai sambil melihat pemandangan alam dengan ditemani angin sepoi-sepoi.

Jika berkunjung ke sini jagalah etika agar tidak membuang sampah sembarangan supaya kebersihan pulau ini tetap bisa dinikmati keindahannya.

Baca juga : Eksotisme pantai Karang Jahe

Fasilitas dan Tempat Istirahat di Pulau Panjang

Di sebelah barat Pulau Panjang terdapat makam ulama besar Jepara yang dikenal sebagai Syeikh Abu Bakar.

Setiap tahun Pantai Pulau Panjang Jepara selalu dipenuhi oleh para peziarah yang dikenal dengan dengan peringatan ( khoul ) yang bertepatan dengan wafatnya ulama Jepara.

Tujuan peringatan ini untuk mengenang jasa dan hasil perjuangan ulama tersebut.

Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas Pendopo, cafetaria, masjid, sarana MCK, dan juga adanya air berkah yang dapat memberikan kesehatan maupun keselamatan.

Pengelola pantai juga menyediakan beberapa sepeda untuk disewakan kepada pengunjung agar bisa mengelilingi pulau. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling juga disediakan kacamata dan pelampung.

Jangan khawatir soal makanan, karena warga lokal banyak berjualan jajanan.

Namun, fasilitas di Pulau Panjang tidak terlalu lengkap dengan tidak adanya tempat penginapan dan hotel yang bisa membuat para pelancong berlama-lama di sini.

Dikarenakan tidak terdapat fasilitas umum membuat para pengunjung tidak bisa bermalam. Akan tetapi, tempat ini cocok dijadikan camping bersama teman-teman.

Akses Transportasi Menuju Pulau Panjang

Senja di pantai pulau Panjang

Ada beberapa akses transportasi untuk menuju destinasi pantai Jawa tengah yang satu ini, diantaranya sebagai berikut :

  • Terdapat Perahu Sapta Pesona dari Pelabuhan Pantai Kartini dengan biaya yang terbilang murah hanya Rp 13.000, dan para pengunjung diberi waktu beraktivitas selama seharian penuh.
  • Perahu Wisata Bahari dari Pelabuhan Pantai Bandengan dengan biaya yang terjangkau sekitar Rp 10.000. Namun para pengunjung hanya diberi batasan waktu selama 1 jam untuk beraktivitas di Pulau Panjang.
  • Perahu Nelayan dari Pelabuhan Pantai Prawean dengan mencarter atau sewa rombongan  anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Tiba di pulau ini sudah ada petugas yang langsung meminta biaya retribusi sekitar Rp 5000 untuk masuk menuju gerbang. Terdapat jembatan kayu yang dipakai untuk berjalan kaki.

Jika kamu memiliki rencana liburan ke kota Jepara, jangan sampai terlewatkan untuk mampir ke pantai Pulau Panjang Jepara ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *