14 Wisata Pantai di Aceh Ini Bagaikan Serpihan Surga di Tepi Pulau Sumatera

Beragam keindahan alam yang terhampar di sepanjang barat hingga timur termasuk deretan pantai di Aceh layak untuk dijadikan destinasi berlibur. Aceh memiliki gugusan pantai yang pesonanya mengagumkan. Terlebih, dalam pantai-pantai tersebut ada jejak tsunami yang memberikan kesan tersendiri pada pengalaman liburan Anda.

Seperti apa keindahannya ? Berikut di bahas sejumlah pantai terindah di Aceh yang bisa membuat Anda terkesiap dengan pesonanya. Yuk disimak !

Wisata Pantai di Aceh

1. Pantai Pasir Putih Sabang

Keindahan pantai Pasir Putih Sabang
By Busy.org

Lokasi pantai Pasir Putih Sabang : Klik disini.

Pantai Pasir Putih Sabang jadi salah satu destinasi favorit di Aceh. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang khas dengan hamparan pasir seputih susu yang berpadu dengan bentang laut berwarna kehijauan. Sebagai satu-satunya pantai berpasir putih di Sabang, pantai ini banyak dituju oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Bentangnya dikelilingi oleh barisan pegunungan yang elok dipandang. Tepiannya dipenuhi oleh batu karang dan pepohonan yang rindang. Berjalan-jalan di sekitar garis pantai tentu terasa menyenangkan, sebab pesisirnya bersih dari kerikil dan sampah. Kalau mau, Anda juga bisa berpiknik atau berkemah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya ?

2. Pantai Lancok

Kesunyian di pantai Lancok
By Steemit.com

Lokasi pantai Lancok : Klik disini.

Melancong ke pantai, tak lengkap rasanya bila belum mencicipi sajian kuliner andalan di kawasan tersebut. Pantai Lancok menyuguhkan semuanya untuk Anda, mulai pemandangan indah hingga kuliner menggugah selera.

Ada Mie Kepiting yang bisa Anda coba sebelum beranjak pulang. Seperti namanya, mie tersebut disajikan bersama kepiting yang direbus hingga matang serta minuman kelapa yang menyegarkan. Karena rasanya nagih, makan satu porsi saja nggak cukup deh.

3. Pantai Ujong Blang

Wisata alam pantai Ujong Blang Aceh
By Thejaman.com

Lokasi pantai Ujong Blang : Klik disini.

Disini, wisatawan dari berbagai daerah memadati bibir pantai untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Ada yang berenang menggunakan ban mobil, bermain pasir, jalan-jalan hingga berburu foto.

Kawasan pesisirnya tak pernah sepi, setidaknya dari para pedagang yang aktif menjajakan barang dagangannya kepada wisatawan. Ada yang menyewakan perahu dan ban buat berenang. Tarifnya dihitung per jam atau per sekian menit. Untuk perahu, harga sewa yang ditetapkan ialah sebesar Rp. 10 ribu untuk setiap 15 menit perjalanan.

4. Pantai Iboih

Destinasi wisata unggulan pantai Iboih Sabang
By Pantaipedia.com

Lokasi pantai Iboih : Klik disini.

Nama pantai ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para penikmat laut. Cerita mengenai pesonanya sudah terkenal hingga ke negeri seberang. Beberapa kegiatan wisata yang biasa dipilih oleh pelancong saat melipir ke sini ialah snorkeling, diving, berenang, dan berjemur. Tetapi, tak ada salahnya bila Anda memilih melakukan kegiatan lain seperti berburu kuliner.

Apalagi pantai Iboih juga dikenal dengan kelezatan sate gurita yang menggoda. Hidangan tersebut biasanya disajikan bersama bumbu kacang dan kecap. Cita rasanya begitu otentik dan paripurna, terlebih ketika disantap dalam kondisi hangat. Namun, selain menyajikan kuliner yang lezat, pantai ini juga menyuguhkan suasana yang tenang lho.

5. Pantai Tapak Gajah

Keelokan alam di pantai Tapak Gajah Aceh
By Pantaipedia.com

Lokasi pantai Tapak Gajah : Klik disini.

Main ke pantai Tapak Gajah, Anda bakal dibuai oleh kecantikan alam yang luar biasa. Pesisir pantai ini masih alami, nyaris tak tersentuh teknologi. Di sejauh mata memandang, hanya ada barisan pepohonan yang menjulang tinggi dengan daun-daun yang rimbun.

Airnya jernih bak permukaan kaca yang berkilauan, hanya saja diselingi oleh warna biru kehijauan yang menawan. Anda yang ingin merasakan kesegarannya bisa langsung turun dan merendam diri di kedalaman air. Bila belum puas, Anda bisa melakukan hal seru lainnya seperti snorkeling, diving, atau berperahu ke tengah laut untuk pengalaman berlibur yang seru.

6. Pantai Kasih

Pasir putih di pantai Kasih Sabang
By Horesabang.co.id

Lokasi pantai Kasih Aceh : Klik disini.

Dari pusat kota, pantai Kasih bisa ditempuh dalam waktu 4 – 10 menit saja, tergantung kondisi lalu lintas. Pesisirnya nyaris tak pernah sepi dari aktivitas wisatawan yang sibuk menikmati pantai dengan bermacam cara. Ada yang berjemur, bermain pasir, berkeliling hingga berenang.

Menariknya, Anda juga bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Samudera Hindia tanpa dibatasi oleh “sabuk pengaman” alias pembatas.

7. Pantai Sumur Tiga

Keindahan alam pantai Sumur Tiga Aceh
By Jalanjalanyuk.com

Lokasi pantai Sumur Tiga : Klik disini.

Pantai Sumur Tiga adalah tempat yang tepat buat menyaksikan kesibukan hilir mudik kapal kargo yang datang dari pelbagai belahan dunia. Kapal-kapal tersebut melintasi Zona Ekonomi Eksklusif ZE) dengan sejumlah komoditas untuk diperdagangkan.

Anda yang tertarik menyaksikan aktivitas kapal-kapal tersebut bisa melihatnya dari kejauhan sambil ditemani oleh cemilan yang lezat atau secangkir kopi hangat. Dijamin betah deh berlama-lama di dalamnya !

8. Pantai Ujong Kareung

Pemandangan unik di pantai Ujong Kareung
By Phinemo

Lokasi pantai Ujong Kareung : Klik disini.

Pantai Ujong Kareung di hiasi banyak batu karang yang sering menjadi tempat bersembunyi hewan laut. Ditambah air yang jernih, wisatawan pun enggan beranjak dari lokasi ini. Saking jernihnya, Anda bisa melihat berbagai jenis ikan jinak bermain di dasarnya, bahkan meski ikan tersebut berenang di kedalaman 5 hingga 6 meter di bawah laut.

Kalau tertarik, Anda juga bisa merasakan sensasi melompat ke air dari atas ketinggian 10 meter. Tetapi bila hal tersebut terlalu ekstrim, Anda bisa menggantinya dengan kegiatan lain, seperti memancing ikan atau sunbathing. Mana yang lebih Anda sukai ?

9. Pantai Gapang

Destinasi wisata bahari pantai Gapang
By Travellink-indonesia.com

Ingin berwisata ke pantai di Aceh tanpa harus berpanas-panasan ? Pantai Gapang tempatnya. Seperti namanya, pantai ini dipenuhi oleh pohon Gapang yang besar dan teduh. Tak heran, suasananya terasa lebih sejuk ketimbang suasana di pantai pada umumnya.

Pasir putih, air yang jernih dan ombak yang tenang juga menjadi sebuah kesatuan yang sulit dipisahkan dari pantai ini. Wah, nggak bakal nyesel deh Anda berlama-lama di dalamnya !

10. Pantai Teupin Layeu

Lokasi pantai Teupin Layeu : Klik disini.

Selain cocok untuk leyeh-leyeh, pantai Teupin Layeu juga cocok untuk menyelam. Di dalamnya hidup berbagai jenis biota laut yang menarik buat disaksikan. Ada pula terumbu karang yang cantik dan sayang untuk dilewatkan. Jadi, tunggu apalagi ? Yuk ke sini !

11. Pantai Paneuh

Lokasi pantai Paneuh : Klik disini.

Di pantai Paneuh, langit yang cerah akan berpadu dengan laut yang biru membentuk pemandangan yang tidak hanya indah dipandang mata, tetapi juga sayang dilewatkan dari lensa kamera. Oleh karenanya, Anda jangan sampai lupa membawa kamera saku ya.

12. Pantai Lampuuk

Kelembutan pasir di pantai Lampuuk
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Lampuuk : Klik disini.

Berselancar tidak cuma bisa dilakukan di Bali. Di Aceh, Anda juga bisa melakukannya. Namanya Lampuuk. Ialah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai ini menawarkan gelombang laut yang bersahabat bagi para peselancar.

Garis pantainya memanjang sekitar 5 km dan dikelilingi oleh pohon pinus yang berdaun rimbun. Bila bukan penghobi surfing, maka Anda bisa bersantai di sekitar pesisir untuk menikmati panorama sunset yang memukau. Yuk, tunggu apalagi ?

13. Pantai Lhoknga

Destinasi wisata pantai Lhoknga
By Fliishlight.blogspot.com

Lokasi pantai Lhoknga : Klik disini.

Pantai Lhoknga adalah destinasi yang tepat buat menikmati keindahan sunset. Saat sore menjelang, garis pantainya bakal dipenuhi oleh wisatawan yang asyik menjepret panorama tersebut.

Namun selain itu, pantai ini juga cocok dijadikan tempat merenung atau mencari inspirasi. Suasana tidak terlalu ramai dan tidak pula sepi. Sehingga, Anda bisa menikmati waktu berkualitas tanpa harus menyendiri.

Baca : Pantai di Medan sebagai wisata alternatif.

14. Pantai Rancong

Pasir hitam di pantai Rancong Pulosimadu
By Steemkr.com

Biarpun sinar matahari terasa kian “membakar”, pantai Rancong tetap terasa sejuk. Pesisirnya dipenuhi oleh pohon pinus yang rimbun. Biasanya, pantai ini dijadikan lokasi berkemah, tetapi ada pula yang datang untuk memancing.

Wisata pantai di Aceh yang satu ini memang menjadi destinasi yang pas untuk berbagai aktivitas keluarga. Lautnya relatif tenang sehingga aman bagi anak-anak. Dengan demikian, wisatawan bisa beraktivitas dengan nyaman baik di sekitar perairan maupun pesisirnya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.