Pantai Tanjung Bloam : Surga Kecil Dibalik Hutan Jerowaru

kaindahan pantai Tanjung Bloam

Keindahan alam Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa ada begitu banyak tempat wisata di negara kita. Kamu yang gemar traveling sepertinya harus tahu tentang pantai Tanjung Bloam yang ada di pulau Lombok.

Banyak orang menyebut tempat ini sebagai surga tersembunyi karena keindahannya dan fakta bahwa tempat ini masih belum begitu dikenal.

Keunikan Pantai Tanjung Bloam

Jika salah satu ikon destinasi wisata di Lombok yang biasa dikenal adalah pantai Senggigi atau pantai Tanjung Aan, maka pantai Tanjung Bloam berpotensi menjadi ikon destinasi wisata lain di sisi selatan pulau Lombok.

Kawasan hutan dan pantai sisi selatan Lombok ternyata menyimpan banyak potensi keindahan sebagai tempat kunjungan wisata. Daya tarik dari pantai ini sebetulnya tidak hanya keindahan tempat tersebut, namun juga tantangan untuk sampai di sana.

Tanjung Bloam sebenarnya merupakan jajaran pantai di jalur selatan Lombok bersama dengan pantai Tanjung Ringgit dan Kaliantan.

Pemandangan indah dan uniknya berasal dari pantai yang dikelilingi jajaran tebing yang menjulang tinggi. Pantai berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat Tanjung Bloam layak disebut sebagai surga kecil.

Sebagai sebuah pantai yang landai di sisi selatan jajaran kepulauan Sunda Kecil, tempat ini juga menjadi titik pendaratan penyu ketika bertelur.

Pantai ini memang dikenal sebagai tempat observasi penyu dan juga dijadikan sebagai salah satu kawasan konservasi bagi reptil besar penghuni lautan tersebut.

Rute Mengunjungi Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam Lombok

Tantangan yang juga membuat Tanjung Bloam begitu menarik adalah cara mendatanginya. Kamu harus melalui perjalanan cukup menantang untuk bisa datang ke pantai terpencil tersebut.

Selain menyita energi, perjalanan ke destinasi yang satu ini juga menyita waktu sehingga kamu harus merencanakan baik – baik perjalanan ke pantai tersebut.

Perhitungan waktu dan moda transportasi yang matang dapat menghemat banyak hal, mulai dari waktu, energi hingga biaya.

Tanjung Bloam merupakan sebuah pantai tersembunyi yang berada diantara hutan jati, di balik sebuah bukit yang ada di dusun Tangsi, desa Temeak, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Rute menuju ke sana dapat ditempuh dengan mengikuti jalur menuju pantai Tanjung Ringgit, kemudian berbelok ke arah kanan dan melalui sebuah jalan kecil yang hanya muat dilewati oleh sebuah mobil saja.

Perjuangan melewati jalan berdebu penuh kerikil sepanjang kurang lebih setengah kilometer akan terbayar begitu memasuki area pantai yang ditandai dengan sebuah pendopo kecil.

Tanjung Bloam tetap akan menjadi pantai yang pantas kamu perjuangkan meski harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari kota Mataram melalui jalan yang apa adanya.

Separuh dari waktu tersebut kemungkinan akan dihabiskan untuk menerobos lebatnya jalur hutan Jerowaru.

Fasilitas Yang Tersedia

Pemandangan Tanjung Bloam dari atas

Kelebihan Tanjung Bloam yang masih minim kunjungan dan memiliki jalur transportasi cukup ekstrim membuat pantai ini masih benar – benar alami.

Sayangnya, kondisi tersebut juga diiringi dengan minimnya fasilitas yang bisa diperoleh di pantai ini.

Kamu harus benar – benar memiliki persiapan yang matang untuk datang ke sana, karena solusi dari setiap kekurangan dari kebutuhan selama perjalanan atau kunjungan belum tentu dapat kamu temui.

Jika kamu berniat untuk melihat sunrise, ada baiknya untuk berangkat pagi – pagi dari Mataram atau menginap di hotel sekitar pantai.

Pilihan lain adalah menginap di hotel yang ada di beberapa pantai sekitarnya seperti Kaliantan atau Tanjung Ringgit. Berkemah di pantai menjadi pilihan lain untuk sebuah kunjungan wisata yang lebih ekstrim dan mengesankan.

Aktivitas Seru dan Menarik

Keindahan alam dari salah satu pantai terbaik di Lombok ini merupakan alasan mayoritas wisatawan datang ke tempat ini.

Menikmati keindahan alam dengan berjalan menyusuri pantai ataupun mencoba melihat keindahan pantai dari ketinggian dengan mendaki tebing dapat menjadi pilihan cara menikmati alam pantai tersebut.

Bagi penggemar petualangan dan penjelajahan alam, menerobos hutan Jerowaru untuk melihat pantai dari sisi lain dipastikan menjadi pilihan yang seru dan menantang.

Aktivitas di tepi pantai seperti bermain air dan pasir merupakan pilihan yang lazim. Berenang di pantai ini tidak begitu dianjurkan karena ombak yang sulit diprediksi, namun mengamati biota laut saat air surut dapat menjadi pilihan.

Tanjung Bloam termasuk area dengan banyak ikan meski minim aktivitas nelayan yang menangkap ikan. Kamu dapat mencoba memancing jika memang membawa peralatan, asalkan tetap waspada dan memperhatikan kondisi sekitar.

Kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengamati penyu yang sering muncul di musim kemarau.

Kawasan pantai ini memang dikenal sebagai tempat mendaratnya penyu yang akan bertelur. Bahkan Tanjung Bloam telah dijadikan salah satu area konservasi penyu di sisi selatan pulau Lombok.

Pada saat ombak tidak begitu besar dan air dalam kondisi jernih, cukup mudah untuk mengamati keberadaan penyu yang berada tidak jauh dari pantai.

Bagaimana, kamu mulai tertarik untuk mengunjungi serpihan surga di Lombok timur ini ? Sebelum bertolak ke pantai Tanjung Bloam pastikan kamu sudah memiliki persiapan yang matang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *