Menikmati Kesegaran dan Megahnya Curug Cikaso Sukabumi Bersama Keluarga

Selentingan tentang indahnya Curug Cikaso Sukabumi memang benar adanya. Keindahan air terjun ini bahkan disamakan dengan panorama alam di negeri khayalan. Benarkah demikian ?

Curug yang dikenal juga dengan sebutan curug Luhur ini adalah satu dari sekian banyak karunia Illahi yang patut disyukuri. Pasalnya, keindahan air terjun ini tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Alirannya nampak bagai tirai panjang yang terbuka lebar. Dengan perpaduan warna putih bening dan hijau pepohonan di sekelilingnya, tak berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa keindahan curug ini mirip dunia fantasi.

Dialiri air yang bersumber dari salah satu anak sungai Cikaso, yakni sungai Cicurug yang mengalir dari Sukabumi utara hingga ke pantai selatan, air terjun ini nyaris tak pernah berhenti berderai, kecuali berkurang debitnya ketika musim kemarau panjang.

Ada dua cara yang bisa dilakukan agar bisa sampai di titik air terjun. Cara pertama ialah melalui jalur darat dengan cara berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit dari tempat parkir. Opsi lainnya dilakukan dengan cara menyewa perahu yang berkapasitas 5 hingga 10 orang untuk membawa Anda langsung menuju ke lokasi.

Selama perjalanan menuju ke titik air terjun, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang elok dan menyegarkan, mulai dari rerimbunan pohon yang besar di kedua sisi jalan hingga pohon kelapa yang berpadu dengan tanaman perdu di dasar lembah.

Irisan lembah tersebut adalah lokasi air terjun Cikaso mengucur dari ketinggian 80 meter di atas permukaan. Dengan debit yang cukup deras di musim penghujan, air terjun Cikaso jadi fenomena yang wajib disaksikan.

Keindahan air terjun Cikaso
Keindahan curug by Explorewisata.com

Ada 3 titik air terjun yang menghiasi dinding tebing penuh lumut itu. Diantaranya ialah curug Aki, curug Aseupan dan curug Meong.

Ketiganya sama-sama memiliki air jernih berwarna kehijauan. Bila terkena sinar akan memantulkan efek bercahaya yang indah. Apalagi ketika ilusi optik tersebut berpadu dengan pantulan sinar yang datang dari permukaan batu kekuningan, maka hasilnya akan jauh lebih memukau.

Berada disini, Anda bisa melepas penat sekaligus menikmati suara gemuruh air yang jatuh dari atas ketinggian dan kicauan burung yang sahut menyahut dari balik dedaunan.

Bila ingin menyegarkan tubuh, berendam di dalam kolam curug juga bisa jadi ide yang bagus. Kolam yang dikenal dengan nama Tegalbuleud ini punya arus yang tenang dan air yang segar, sehingga berenang di dalamnya bisa membantu menyapu semua rasa lelah Anda.

Namun Anda harus berhati-hati apabila memutuskan untuk berenang di muara curug ini, pasalnya muara ini cukup dalam. Kedalamannya mencapai 15 meter dengan pusaran air yang cukup kuat di bagian tertentu. Sehingga Anda perlu berhati-hati ketika memilih area untuk berendam.

Selain bersantai di tepian atau berenang di muara Anda juga bisa berburu pemandangan lewat corong lensa kamera. Cukup tentukan sudut pengambilan gambar yang pas dan mulai tekan tombol shutter untuk mengabadikan keindahan yang terlihat di depan mata.

Baca : Keunikan tempat wisata Tangkuban Perahu.

Tempat Makan di Curug Cikaso

1. Warung Nasi Umi Maya

Warung makan ini jaraknya tak sampai 1 km dari destinasi liburan di Jawa barat ini. Jadi Anda bisa mencapainya dengan cara berjalan kaki sekitar 2 menit ( dari pintu masuk ).

Datang kemari tak perlu membawa banyak uang, pasalnya harga menu makanan yang ditawarkan sangat murah. Ada paket nasi + ayam goreng yang dihargai sekitar Rp. 15 ribu saja. Selain itu, ada pula menu lainnya yang tak kalah menarik, seperti nasi goreng telur, sayur asem, ikan asin peda, dan lain sebagainya.

Jika datang bersama keluarga, Anda juga bisa memesan paket nasi liwet dan bakakak ayam kampung yang dihargai Rp. 150 ribu. Warung Nasi Umi Maya berada di dekat dermaga, daerah Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat.

2. Restoran Waroeng Asrie

Selain ada warung nasi Umi Maya, ada pula rumah makan lain yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Sukabumi, misalnya saja Waroeng Asri.

Namun sayangnya, Waroeng Asrie jaraknya cukup jauh dari air terjun Cikaso, yakni sekitar 66 km. Sehingga butuh waktu sekitar 2 jam lamanya untuk bisa mencapai resto ini.

Meski begitu, rumah makan ini nggak akan buat Anda menyesal telah menempuh perjalanan jauh. Pasalnya, menu yang ditawarkan sangat beragam dan harganya pun cukup bersahabat. Beberapa menu yang jadi favorit pengunjung diantaranya ialah udang saus padang, ikan kuwe lada hitam dan cumi bumbu hitam.

Alamat Restoran Waroeng Asrie letaknya berada di dekat pantai Citepus, daerah Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Baca : Sudah pernah ke Kawah Putih Ciwidey ?

Penginapan di Dekat Curug Cikaso

1. Hotel Yasa

Hotel Yasa Sukabumi
Yasa hotel by Idebisnis.xyz

Ingin pulang tapi hari sudah sudah larut malam ? Menginap dulu saja di Hotel Yasa. Hotel ini jaraknya sekitar 7,6 km dari air terjun Cikaso. Jadi, Anda bisa mencapainya dalam waktu kurang lebih 14 menit saja.

Di Hotel Yasa, selain mendapat kamar tidur nyaman, Anda juga bisa menikmati fasilitas pendingin ruangan dan WiFi gratis untuk mengakses internet. Cukup adil, mengingat Anda tak mendapatkan TV di dalam kamar.

Soal harga, Hotel Yasa cukup bersahabat kok. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 100 ribuan untuk menyewa satu kamar per malam. Bagaimana kira-kira ?

Alamat Hotel Yasa berlokasi di Jalan Surade, Ujung Genteng, Swakarya, Sukabumi, Jawa Barat.

2. Hotel Pondok Mutiara Surade

Pondok Mutiara Surade
Pondok Mutiara by Aroundguides.com

Selain Hotel Yasa, ada juga penginapan lainnya yang tak kalah ekonomis. Namanya Hotel Pondok Mutiara Surade.

Hotel ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Dalam satu kamar, Anda tidak cuma akan mendapatkan tempat tidur, melainkan juga pendingin ruangan, akses WiFi gratis dan TV.

Tak hanya itu, hotel ini juga menyediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan yang di bawa oleh para tamu. Sayangnya, penginapan ini letaknya agak jauh dari air terjun Cikaso, yakni sekitar 13 km. Tapi tenang saja, karena letaknya berada di pinggir jalan, Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Anda bisa mulai perjalanan dari jalur Cidolog – Rambay untuk menemukan hotel ini di sepanjang jalan yang membentang antara Surade hingga Ujung Genteng. Mudah bukan ?

Alamat Hotel Pondok Mutiara Surede berlokasi di Jalan Surade – Ujung Genteng, Pasiripis, Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi curug Cikaso berada di desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 87 km dari pusat kota Sukabumi. Sementara, dari Jakarta jaraknya mencapai 200 km dengan kondisi jalan yang beragam, mulai dari kelokan tajam, tanjakan, turunan, hingga membelah perbukitan dengan kondisi aspal bergelombang.

Tetapi tenang saja, perjalanan tersebut tak akan terasa membosankan. Karena Anda akan dimanjakan dengan lanskap alam yang menakjubkan, mulai dari hamparan hutan tropis, persawahan, hingga barisan tebing tinggi yang dipenuhi dengan tanaman rambat.

Obyek wisata curug Cikaso buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Nantinya, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 ( khusus bagi wisatawan yang datang tanpa mobil ) agar bisa memasuki kawasan ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan uang lebih untuk menyewa perahu jika Anda malas berjalan. Selamat berlibur !

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.