Menguak Pesona Wisata Kawah Putih Bandung Bernuansa Romantis & Sejuk

Tempat wisata Kawah Putih Bandung merupakan salah satu kawah yang paling populer. Hampir sebagian besar pengguna sosial media sering menjadikannya spot terbaik untuk mengisi album foto instagram-nya.

Destinasi wisata yang berada di kawasan Bandung selatan ini memiliki daya tarik tersendiri, bahkan terlihat berbeda dengan beberapa kawah yang ada.

Berikut adalah beberapa ulasannya.

Sejarah Singkat Kawah Putih

Kawah Putih terbentuk karena adanya letusan dari Gunung Patuha. Sedangkan nama yang diusung sendiri merujuk pada warna tanah yang mana notabenenya memiliki warna putih.

Warna tersebut tentunya tidak terjadi begitu saja, melainkan karena adanya unsur belerang yang sudah tercampur ke tanah.

Tahukah Anda ada yang unik dari destinasi wisata menyerupai danau ini, dimana air yang ada di dalam tanah tidak berwarna bening namun justru berwarna putih semu kehijauan.

Air yang ada juga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan jumlah kadar belerang, suhu dan juga cuaca yang ada.

Lokasi Wisata Kawah Putih Bandung

Hampir sama dengan wisata alam Tangkuban Perahu, Kawah Putih juga terletak di daerah pegunungan, lebih tepatnya berada di sekitar ketinggian 2.400 MDPL.

Sesuai dengan lokasinya, maka sudah menjadi barang yang pasti ketika Anda berkunjung kesini akan merasakan suhu lingkungan yang begitu dingin. Setiap harinya Kawah Putih berada pada suhu 8-120 C.

Keunikan dan Daya Tarik Kawah Putih

Eksotisme kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih

Kawah putih selalu dikenal sebagai tempat yang menyajikan keindahan dan keromantisan yang cukup mempesona. Banyak orang yang menggunakannya sebagai background dalam dunia fotografi, lukisan, foto prewedding dan lukisan.

Tentunya kamu sudah tidak asing dong dengan film era 2000an yang berhasil membuat semua penontonnya hanyut.

Film tersebut juga berhasil membuat kawah ini dikenal oleh banyak orang. Penasaran film apakah itu ? Film tersebut adalah “Heart”, ingat kan ?

Bukan hanya memiliki daya tarik keromantisan saja, ternyata tempat ini juga bisa menjadi ajang beberapa aktivitas yang cukup menantang. Aktivitas tersebut seperti hiking dan juga berkuda. Anda ingin mencobanya ?

Baca : Liburan ala Eropa di Farm House.

Fasilitas di Dalam Kawah Putih

Wisata Kawah Putih Bandung juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini bertujuan agar setiap pengunjung yang datang ke sini bisa lebih nyaman dalam menikmati masa liburannya.

Fasilitas tersebut memang terbilang sangat memadai, beberapa diantaranya :

  • Pusat Informasi
  • Tempat ibadah seperti musholla
  • Wisata kuliner dengan sajian warung makan
  • Toilet umum di beberapa titik
  • Transportasi shuttle untuk menuju lokasi wisata
  • Lahan parkir yang cukup luas

Harga Tiket Kawah Putih Bandung

Meskipun memiliki daya tarik yang lebih, ternyata tiket masuknya dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu 17.000 untuk wisatawan lokal dan 50.000 untuk wisatawan asing.

Hal ini tentunya belum termasuk untuk biaya parkir ya, untuk tarif parkir sendiri setiap, dibawah ini adalah tarifnya :

  • Parkir atas untuk mobil 150.000
  • Parkir atas untuk motor 35.000
  • Parkir bawah untuk mobil 6.000
  • Parkir bawah untuk motor 5.000
  • Parkir bawah untuk bus 25.000
  • Naik ontang anting 13.000

Anda tentunya heran kenapa dua lahan parkir ini memiliki harga yang berbeda ? Tentu saja, sebab parkiran atas lebih dekat dengan kawah.

Rute Perjalanan ke Kawah Putih

Pesona Kawah Putih
Pesona kawah putih

Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 dari arah Kabupaten Bandung Barat.

Jadi akses untuk datang ke wisata satu ini tergolong sangat mudah karena kamu bisa menempuhnya dengan berbagai macam transportasi dan kendaraan pribadi.

Ada banyak jalan yang bisa membawa kamu sampai ke tempat ini dengan cepat. Salah satunya adalah dengan mengambil jalur selatan dari arah Tol Buah Batu ke Bojongsoang, lanjut Dayeuhkolot, kemudian akan berada di Banjaran Soreang Ciwiday.

Itu adalah alternatif paling mudah dan cepat yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk menuju ke tempat liburan di Jawa Barat ini.

Segera berkunjung ke Kawah Putih ketika kamu sedang berada di Bandung. Tempat ini tentunya tidak akan membuat kamu rugi, karena fasilitas yang ada dirasa lebih jika dibandingkan dengan harga tiketnya.

Jangan lupa juga untuk selalu mendokumentasikan perjalananmu ya.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.