7 Destinasi Pantai di Trenggalek Ini Jarang Terjamah, Yakin Ngga Mau ke Sini ?

Selain destinasi pantai di Trenggalek, mungkin kota ini bukan tujuan utama dalam perjalanan liburan, entah karena namanya belum begitu populer atau karena letaknya cukup tersembunyi.

Namun mengunjungi kabupaten ini tak akan membuat Anda menyesal. Pasalnya, daerah ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Ada banyak pantai yang siap memukau Anda dengan keindahan lanskapnya.

Beberapa diantaranya bahkan memiliki kondisi pesisir yang masih alami dan warna laut meneduhkan. Agar tak lagi ragu, berikut akan dibahas daftar pantai yang cocok dikunjungi saat liburan ke Trenggalek. Yuk disimak.

Wisata Pantai di Trenggalek

1. Pantai Damas

Wisata pantai Damas Trenggalek

Pantai Damas bisa jadi pembuka liburan yang menyenangkan. Pantai dengan pesisir hitam eksotis ini bukan hanya menyuguhkan suasana pantai yang lengang, namun juga ombak yang relatif tenang.

Letaknya sekitar 53 km dari pusat kota Trenggalek dan berada di Desa Karanggandu yang cukup mudah di akses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalan menuju pantai ini sudah halus dan beraspal. Bahkan Anda bisa menemukan banyak angkutan umum berseliweran di jalan tersebut.

Jika datang ke sini, Anda bisa mengeksplor pantai dengan banyak cara, mulai dari berenang, berkeliling, atau pergi berlayar ke tengah lautan menggunakan perahu kayu yang bisa Anda sewa dengan harga murah.

Anda juga bisa menikmati keindahan sisi selatan kota Trenggalek dengan menyusuri kawasan pedesaan yang letaknya tidak begitu jauh dari bibir pantai. Bagaimana ? Tertarik ?

2. Pantai Prigi

Wisata pantai Prigi Trenggalek

Alamat pantai Prigi : Jln Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382 ( klik untuk lihat peta ).

Berikutnya, ada pantai Prigi yang merupakan ikon wisata daerah Trenggalek. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, pantai ini memiliki dermaga marina yang bisa Anda kunjungi setiap waktu.

Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dari jarak dekat tanpa perlu menceburkan diri ke dalam air. Selain itu, Anda yang tertarik berkeliling pantai menggunakan perahu juga bisa naik kapal dari dermaga tersebut.

Sementara bagi Anda yang tertarik menjelajahi daratan, maka mengendarai ATV adalah pilihan yang tepat. ATV yang terdapat di pantai ini disewakan dengan harga cukup terjangkau. Jadi Anda bisa menyewanya tanpa ragu.

Selain ATV, tersedia pula panggung 360 dan lapangan sepak bola yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang. Namun karena peminatnya cukup banyak, maka Anda harus menggunakannya secara bergiliran.

Kalau malas mengantri, ada opsi lain kok, yakni berbelanja hasil tangkapan laut. Berbelanja disini tentu lebih terjamin, sebab hampir semua ikan yang diperdagangkan memiliki kondisi yang baik dan segar.

3. Pantai Pelang

Wisata alam pantai Pelang

Alamat pantai Pelang Trenggalek : Hutan, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66364 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di daerah Panggul, pantai Pelang letaknya berdekatan dengan pantai Taman Kili–Kili. Menawarkan lanskap indah nan eksotik mirip Tanah Lot Bali, pantai Pelang dihiasi batu karang alami bermahkota hutan mini.

Untuk menikmati keindahan pantai ini Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yakni melalui bibir pantai atau gardu pandang. Jika memilih cara kedua, Anda harus siap menapaki jalan menanjak agar bisa sampai ke puncak.

Meski lelah, namun pemandangan yang tersaji di depan mata akan langsung memuaskan hati Anda. Lewat sudut pandang berbeda, Anda bisa menyaksikan panorama pantai Pelang secara luas.

Mulai gugusan pulau karang, perbukitan hingga air terjun Pelang, semuanya dapat disaksikan dengan jelas dari atas gardu pandang. Indah sekali, bukan ?

4. Pantai Taman Kili–Kili

Wisata pantai Taman Kili-Kili

Alamat pantai Taman Kili-Kili Trenggalek : Bendogolor, Wonocoyo, Panggul, Trenggalek Regency, East Java 66364 ( klik untuk lihat peta ).

Berwisata sambil tambah ilmu ? Pantai Taman Kili–Kili tempatnya. Pantai ini merupakan tempat konservasi penyu yang cukup terkenal di Trenggalek. Biasanya pengunjung yang datang ke sini turut membawa anak–anak. Tujuannya supaya anak–anak bisa bermain sambil belajar.

Beberapa penyu yang di budidayakan di sini ialah penyu Lekang ( Lepidochelys Olivacea ), penyu Sisik ( Eretmochelys Imbricata ), dan penyu Belimbing ( Dermochelys Coriacea ).

Penyu–penyu tersebut ditangkarkan di dalam sebuah bangunan terbuka yang terletak tidak begitu jauh dari bibir pantai. Di sana, penyu dikelola oleh kelompok masyarakat pengawas pantai Taman Kili–Kili menggunakan dana hasil donasi wisatawan dan masyarakat setempat.

Jika Anda ingin melepasliarkan anak penyu, maka Anda harus mengadopsinya terlebih dahulu dengan membayar sejumlah harga yang telah ditentukan. Nantinya, pelepasan tukik akan dilakukan pada sore hari ketika pantai relatif aman dari serangan predator.

5. Pantai Ngampiran

Wisata pantai Ngampiran

Alamat pantai Ngampiran : Unnamed Road, Tawing, Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66365 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Ngampiran menambah panjang daftar obyek wisata pantai di Trenggalek yang menawarkan panorama memukau. Suasananya masih sangat alami dan dipenuhi dengan barisan pohon yang berdaun lebat.

Anda yang memasuki kawasan ini bukan hanya bisa menikmati desir ombak yang beradu kencang, namun juga bisa melepas penat dengan menikmati hembus angin yang menyejukkan.

Garis pantai ini memang tak semampai seperti garis pantai pada umumnya, dimana panjangnya hanya sekitar 500 meter saja. Namun, pesisirnya dipenuhi dengan pasir putih susu yang sangat bersih dan cantik.

Anda yang datang ke sini tak akan bosan menjelajah seisi pantai dari ujung utara hingga ujung selatan. Mendampingi liburan Anda, telah disediakan beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan selama berlibur seperti Mushola, toilet, tempat parkir, penginapan dan warung makan.

6. Pantai Pasir Putih Trenggalek

Pantai pasir putih Trenggalek

Tak jauh berbeda dengan pantai pasir putih lainnya, pantai Pasir Putih di Trenggalek juga menyodorkan lanskap alam pesisir yang di dominasi dengan warna putih cerah yang indah.

Berpadu dengan birunya air laut yang damai, pesisir pantai ini bisa jadi tempat yang menyenangkan bagi anak–anak. Selain bermain pasir, Anda juga bisa berfoto bersama keluarga tercinta. Latar pemandangan yang disajikan akan menambah cantik koleksi foto Anda.

Jika lelah, Anda bisa berjalan–jalan di sekitar pantai untuk menikmati teduhnya nyiur yang terus melambai di sisi pantai. Berlama–lama di pantai ini tidak akan membuat Anda bosan, sebab ada panorama matahari tenggelam yang siap memanjakan mata.

Anda bisa menikmati momen romantis tersebut sembari nyantai di tepi pantai ditemani secangkir kopi panas. Sudah kayak anak indie saja ya ?

7. Pantai Karanggongso

Wisata pantai Karanggongso

Alamat pantai Karanggongso Trenggalek : Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek Regency, East Java 66382 ( klik untuk lihat peta ).

Jika Anda rindu bertemu ombak yang tenang dan garis pantai nan panjang, maka pantai Karanggongso bisa dijadikan pilihan. Pantai di Trenggalek ini memiliki semua karakteristik pantai yang aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan segala usia.

Hamparan pasir putihnya memberi warna kontras yang tajam ketika berpotongan dengan samudera Hindia yang tampil dominan dengan warna biru kehijauan. Dilihat dari sisi manapun, pantai ini selalu sukses membuat wisatawan gagal move on dari pesonanya.

Di sisi lainnya, terlihat barisan pohon kelapa memanjang bagaikan benteng alam yang sejuk. Selain bisa menikmati keindahannya, Anda juga bisa berteduh di bawahnya untuk berlindung dari sengatan sinar matahari.

Sementara, menyisir pantai sebelah Barat, Anda akan menemukan dermaga marina yang penampilannya cukup sederhana. Dermaga tersebut biasanya dijadikan tempat menaikkan atau menurunkan penumpang dari atas kapal. Tapi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat berfoto.

Baca : Rekomendasi wisata pantai di Tuban.

Penutup

Itulah beberapa nama pantai di Trenggalek Jawa timur yang memiliki pesona keindahan memikat, yang mampu menjadi magnet untuk para wisatawan berkunjung. Jadi, kapan Anda liburan ke sini ?

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.