8 Pantai Perawan di Kalimantan Ini Mampu Membius Wisatawan Yang Datang

Dikelilingi lautan, deretan nama pantai di Kalimantan ini punya pesona menakjubkan. Tak heran bila banyak orang menganggapnya sebagai tempat berlibur yang ideal, baik untuk sekedar memanjakan mata ataupun mencari suasana baru buat melepas penat.

Uniknya, pantai di sana semuanya istimewa karena membawa karakteristik yang berbeda-beda. Dengan demikian, pantai-pantai tersebut semakin menarik buat dijelajahi. Bagi Anda yang tak ingin melewatkannya, berikut akan di bahas nama-nama pantai yang pas buat dilibatkan dalam rencana perjalanan Anda. Apa saja ? Yuk, di tengok.

Wisata Pantai di Kalimantan

1. Pantai Sekerat

Wisata pantai Sekerat Bengalon Kalimantan
By YouTube.com

Lokasi pantai Sekerat : Sekerat, Bengalon, East Kutai Regency, East Kalimantan 75618 ( klik untuk lihat peta ).

Bagi Anda yang bercita-cita menghabiskan waktu liburan di pantai Hamoa, tak perlu repot-repot mengumpulkan uang untuk pergi ke Hawaii. Di Kalimantan, Anda bisa menemukan pantai yang pesonanya mirip kedua pantai tersebut. Namanya ialah pantai Sekerat.

Tengah naik daun, pantai ini dipenuhi oleh hamparan pasir putih dan barisan pohon kelapa yang batangnya condong ke arah lautan. Airnya bersih dan jernih, sehingga sangat cocok buat berenang. Menyelam di sini, Anda bukan hanya bisa merasakan sensasi yang menyegarkan, namun juga bisa melihat berbagai keindahan yang tersimpan di dalamnya, mulai dari terumbu karang warna-warni hingga diorama yang dihuni oleh berbagai macam hewan laut.

Tak sulit untuk mencapai pantai yang terletak di Kabupaten Kutai timur, Kalimantan timur ini. Anda bisa menempuhnya via jalur darat selama kurang lebih 1 jam 50 menit dari Sangatta Utara. Bagaimana, tertarik ?

2. Pantai Kayu Angin

Wisata pantai Kayu Angin Sebatik Kalimantan
By Marketeers.com

Lokasi pantai Kayu Angin : Tanjung Karang RT. 7, Sebatik, Tj. Karang, Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77483 ( klik untuk lihat peta ).

Bergeser ke arah utara, ada pantai dengan nama yang cukup unik. Ialah pantai Kayu Angin yang berada di daerah Tanjung Karang, Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan utara. Harus diakui, pantai ini memang dulunya tidak terawat, lantaran kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Tetapi kini image nya sudah berubah total menjadi pantai yang banyak difavoritkan oleh anak muda. Salah satu yang membuat pantai ini begitu menarik ialah deretan bangunan payung yang berjajar rapi di sepanjang tepian. Bangunan payung tersebut diberi atap yang terbuat dari susunan daun kelapa yang di cat warna-warni.

Tak lupa, pengelola juga menambahkan bangku yang bisa digunakan untuk beristirahat. Biasanya, selain digunakan untuk beristirahat, bangunan tersebut juga dijadikan sebagai spot berburu foto lho. Sementara, bagi anak-anak ada wahana khusus yang menyediakan berbagai permainan seru. Jadi, nggak bakal membosankan, deh. Gimana, tertarik menyambanginya ?

3. Pantai Lamaru

Wisata pantai Lamaru Balikpapan
By 1001malam.com

Lokasi pantai Lamaru : Klik disini.

Pantai Lamaru lokasinya berada di Desa Teritip, Kalimantan timur.  Jaraknya hanya sekitar setengah jam perjalanan saja dari pusat kota Balikpapan. Datang ke sini, Anda bakal melihat hamparan pasir yang membentang sejauh kurang lebih 1 km dari arah timur laut hingga barat daya. Di sepanjang pesisir tersebut, ada berbagai macam bentuk kerang warna-warni serta pecahan batu karang yang tersebar di atas butiran pasirnya.

Karena letaknya berada di teluk, pantai di Kalimantan timur ini juga relatif aman dan nyaman buat anak-anak. Ombaknya mengayun pelan dan perairannya cukup dangkal. Menariknya, di pantai ini Anda juga bisa menerbangkan layang-layang lho.

Sementara bagi Anda yang hobi bertualang, tersedia beberapa wahana yang bisa menambah keseruan momen liburan, misalnya saja wahana banana boat dan ATV. Keduanya sama-sama menawarkan sensasi berkeliling yang unik. Jadi, tak perlu ragu untuk mencoba semuanya ya.

4. Pantai Kemala

Wisata pantai Kemala Balikpapan
By Commons.wikimedia.org

Lokasi pantai Kemala : Klik disini.

Pantai Kemala merupakan salah satu tujuan wisata di Kalimantan timur yang cocok buat liburan keluarga. Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Mushola, toilet, tempat parkir hingga beberapa wahana permainan seperti banana boat dan flying fox yang selalu ramai oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Bagi Anda yang ingin mengisi perut, ada banyak warung makan yang bisa Anda singgahi setiap waktu. Menu yang ditawarkan pun bermacam-macam, namun di dominasi oleh hidangan laut serta aneka roti-rotian. Ada pula minuman hangat yang bisa di sruput untuk mengembalikan suhu tubuh setelah berenang. Harganya cukup murah kok.

5. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra Kalimantan
By Flickr.com

Lokasi pantai Banua Patra : Perapatan, Balikpapan Kota, Prapatan, Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ( klik untuk lihat peta ).

Dekat dengan kilang minyak tak membuat pantai ini lantas dijauhi oleh para wisatawan. Sebaliknya, pantai ini menjadi primadona karena menyuguhkan pemandangan yang cukup berbeda. Menghadap ke arah barat, panorama sunset yang disajikannya luar biasa. Garis pantainya cukup pendek, namun di hiasi banyak lapak pedagang yang menjajakan makanan ringan dan berat.

Perairan yang minim ombak juga jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mendambakan suasana tenang. Hanya saja, pantai ini kurang cocok untuk berenang karena sering digunakan kapal untuk berlalu lalang. Tak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai Banua Patra dari kejauhan. Ditemani seporsi pisang keju hangat serta segelas kopi panas, Anda bakal betah deh berlama-lama di sini.

6. Pantai Tanjung Bajau

Wisata pantai Tanjung Bajau Singkawang
By Singkawangwisata.blogspot.com

Lokasi pantai Tanjung Bajau : Sedau, South Singkawang, Singkawang City, West Kalimantan 79163 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai yang satu ini banyak dikagumi karena memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu, pantai ini juga kaya akan atraksi wisata yang memikat. Lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Pasir Panjang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan barat.

Pantai ini mengusung konsep wisata alam yang unik, segar, dan alami. Di sini, Anda bisa melihat pantai dan pegunungan saling berdampingan membentuk pemandangan yang sangat elok.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil mengenal koleksi satwa liar sambil menemaninya bermain di wahana permainan khusus anak-anak. Wahana tersebut ditampilkan dalam bentuk taman hiburan bernama Fantasy Island. Di dalamnya juga terdapat kurang lebih 22 wahana yang menawarkan permainan yang berbeda-beda.

Ada wahana bom-bom car, kora-kora naga, senapan panah, sniper doll, giant swing, air basoka, dan masih banyak lagi yang lainnya. Wah, benar-benar paket komplit ya ? Yuk, segera berkunjung ke sini.

7. Pantai Biduk-Biduk ( Pantai Harapan )

Wisata pantai Biduk-Biduk Berau
By Travel.kompas.com

Lokasi pantai Biduk-Biduk : Klik disini.

Pantai Biduk-Biduk atau lebih dikenal dengan sebutan pantai Harapan lokasinya berada di daerah Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan timur. Daya tarik paling menonjol dari pantai ini terletak pada suasana air yang tenang serta jernih. Di bagian lain, ada area pantai yang dipenuhi oleh hamparan pasir putih menyala. Pesisir tersebut tidaklah gundul atau tandus, ada pepohonan yang dibiarkan tumbuh secara alami di bagian tepinya.

Sementara, di hadapan Anda sudah ada bentang laut transparan yang memanjakan mata. Anda bisa merendam kaki atau bahkan berenang di dalamnya untuk merasakan kesegaran air yang masih alami. Tak perlu sungkan untuk menghabiskan waktu di sini, sebab lokasinya masih jarang diketahui oleh wisatawan. Jadi, tunggu apalagi ?

Baca : 8 pantai di Sulawesi ini jadi incaran turis asing.

8. Pantai Amal Baru

Wisata pantai Amal Tarakan
By Travellink-indonesia.com

Lokasi pantai Amal Baru : Unnamed Road, Pantai Amal, Tarakan Tim, Kota Tarakan, Kalimantan Utara ( klik untuk lihat peta ).

Bukan main indahnya, pantai di Kalimantan yang satu ini menyuguhkan panorama matahari terbit yang mempesona. Letaknya berada tidak jauh dari pusat kota Tarakan, yakni sekitar 12 km saja sehingga dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 21 menit.

Jika berkunjung ke sini, Anda bisa merintang mata dengan pemandangan alam pesisir yang menakjubkan. Bukan hanya karena lanskapnya masih alami, tetapi juga karena bentuk garis pantainya yang cukup unik.

Di sini, garis pantai yang Anda temukan bukan sekedar “panjang” dan “lurus”, melainkan melengkung layaknya cekungan bulan sabit. Jika di foto dari sudut yang tepat, maka hal tersebut bisa terlihat dengan jelas lho.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.