8 Nama Pantai di Sulawesi Ini Yang Paling Sering Dikunjungi Para Traveller

Gugusan pantai di Sulawesi dikenal memiliki keindahan alam yang memikat. Pesonanya mampu menyedot perhatian turis dari berbagai negara.

Namun, tak semua nama pantai disana akrab di telinga wisatawan. Bahkan, wisatawan lokal saja masih banyak yang awam soal keberadaannya. Maklum, sebagian pantai letaknya memang agak terisolir dan jauh dari jalan utama sehingga seringkali terlewatkan begitu saja.

Tetapi dibalik itu, ada kelebihan yang membuat pesisir Sulawesi layak dijadikan destinasi liburan, yakni bentang alamnya yang masih alami. Ya, pesona pantai yang ditawarkan di Sulawesi memang khas, bahkan digadang-gadang mirip private beach di pulau-pulau terpencil. Tentu hal tersebut membuat wisatawan betah berlama-lama.

Untuk mengetahui apa saja pantai yang cocok buat dikunjungi, mari simak beberapa rekomendasinya dalam daftar berikut ini.

Wisata Pantai di Sulawesi

1. Pantai Losari

Wisata pantai Losari Makassar
By Klanews.id

Lokasi pantai Losari Makassar : Klik disini.

Pantai yang sudah lama di dapuk menjadi ikon pariwisata Sulawesi selatan ini jaraknya hanya terpaut 1,4 km saja dari Lapangan Hasanudin. Untuk mencapainya, Anda hanya perlu berkendara selama kurang lebih 7 menit dari pusat kota Makassar melalui rute Jalan Karunrung – Jalan Muchtar Lutfi.

Garis pantainya semampai, memanjang dari arah utara hingga selatan. Jika iseng mengukur, maka hasilnya mungkin tak akan lebih dari 2 km.

Mengisi bentang tersebut, bukan hamparan pasir putih yang bersentuhan langsung dengan air laut, melainkan pelataran yang terbuat dari beton. Tak lupa, di atas pelataran tersebut ditanamkan beberapa tiang lampu untuk membantu penerangan di sekitarnya.

Dengan demikian, Anda bisa leluasa memilih waktu keberangkatan. Apalagi saat malam, pantai Losari bakal dipenuhi dengan penjaja kuliner yang menyajikan berbagai masakan laut. Pasti semakin ramai, nih.

2. Pantai Lakban

Destinasi pantai Lakban di Sulawesi
By Ksmtour.com

Lokasi pantai Lakban Ratatotok : Klik disini.

Pantai di Sulawesi utara ini letaknya berada di daerah Ratatotok, Kabupaten Minahasa tenggara, Sulawesi utara. Berbeda dengan pantai Losari, pantai Lakban masih mempertahankan bentang aslinya. Hamparan pasir berwarna putih cerah nampak memenuhi kawasan pesisir. Tak sendirian, ada bentang laut biru dan perbukitan hijau juga yang tak kalah indah.

Anda yang datang ke sini bersama keluarga tercinta bisa menikmati keindahan tersebut sambil berjalan di pinggir pantai atau mendaki punggung bukit. Bahkan, ada pula cara lainnya yang tak kalah seru, yakni berperahu ke tengah laut. Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk membawa Anda berkeliling pantai.

Tenang saja, harga sewanya tak jauh berbeda dengan harga sewa perahu di pantai lainnya kok. Jadi, bagaimana ? Kapan mau ke sini ?

3. Pantai Apparalang

Wisata pantai Apparalang Bulukumba
By Pantaipedia.com

Lokasi pantai Apparalang : Ara, Bonto Bahari, Bulukumba Regency, South Sulawesi ( klik untuk lihat peta ).

Siapa yang tak terpukau dengan keindahan pantai Apparalang ? Laut berwarna jernih kebiruan serta barisan tebing yang tinggi membentang di sejauh mata memandang. Saking indahnya, Anda bahkan tak bisa memalingkan pandangan. Apalagi di bagian tengah, ada gugusan karang dengan ukuran bermacam-macam yang turut menghiasi pemandangan.

Jangan sedih bila tak bisa bermain pasir di tempat ini. Sebab, ada pelataran kayu yang akan menggantikan peran pasir di kawasan pantai bertebing tersebut. Di dahului oleh lintasan tangga yang memiliki tingkat kemiringan cukup tajam, pelataran tersebut akan membawa Anda lebih dekat dengan lautan hingga bisa mengamati keindahannya tanpa harus berenang.

4. Pantai Lemo-Lemo

Wisata pantai Lemo-Lemo Bulukumba
By Depography.blogspot.com

Lokasi pantai Lemo-Lemo : Tanah Lemo, Bonto Bahari, Bulukumba Regency, South Sulawesi 92571 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Desa Mabonta, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pantai Lemo-Lemo menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah. Bentangnya dihiasi oleh dermaga yang menjorok ke lautan. Aktivitas hilir mudik kapal tentu menjadi hal yang bakal sering Anda jumpai di sini.

Meski demikian, hamparan pasir yang lembut serta perairan yang tenang masih menjadi daya tarik utama di kawasan pantai Lemo-Lemo.

Di sini, selain bisa menikmati bentang alam yang indah, Anda juga bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi di bawah rerimbunan pohon yang menyejukkan. Namun, selain dipenuhi oleh pohon kelapa, pantai ini juga dipenuhi oleh para pedagang yang sibuk menjajakan makanan dan minuman. Jadi, nggak bakal kelaperan, deh.

5. Pantai Pa’badilang

Wisata pantai Pa'badilang Sulawesi
By Travellink-indonesia.com

Lokasi pantai Pa’badilang Selayar : Klik disini.

Pantai di Sulawesi selatan yang satu ini letaknya ada di daerah Desa Bongaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Menawarkan keindahan pasir putih yang bersisian dengan tebing tinggi nan curam, pantai ini nampak elok jika di lihat dari atas ketinggian.

Gradasi warna biru dari air lautnya yang tenang akan menyita seluruh perhatian Anda. Bukan hanya itu, kehadiran pohon yang menancap kuat di permukaan tebing batu juga memberi daya tarik tersendiri. Sebab, umumnya pohon tumbuh di atas tanah / pasir, bukannya batu. Tetapi, pantai Pa’badilang malah menyajikan pemandangan sebaliknya. Jangan salah, hal tersebut malah membuatnya semakin terlihat istimewa, lho.

6. Pantai Tanjung Bira

Wisata pantai Tanjung Bira Sulawesi
By Satyawinnie.com

Lokasi pantai Tanjung Bira : Klik disini.

Untuk mencapai pantai yang satu ini, Anda perlu berkendara terlebih dahulu dari pusat kota Makassar selama kurang lebih 4 jam 15 menit. Menempuh perjalanan sejauh 200 km memang bukan hal yang mudah, apalagi bayangan tentang perjalanan yang membosankan bakal terus menghantui pikiran Anda. Namun rasa cemas dan lelah pun akan langsung lenyap seketika Anda tiba di depan gerbang pantai Tanjung Bira.

Hamparan lanskap yang masih alami serta jauh dari jamahan tangan manusia menyambut kedatangan Anda. Seolah berdamai dengan alam, mata pun enggan memalingkan pandangan dari apa yang dilihatnya. Apalagi yang tersuguh di depan mata bukan hanya laut biru yang cantik namun juga hamparan pasir putih yang nyaman buat dijelajahi. Tanpa diperintah, kaki pun bakal berjalan sendiri deh mengikuti naluri.

7. Pantai Ujung Tiro

Wisata pantai Ujung Tiro
By Akbarpost.com

Lokasi pantai Ujung Tiro Bulukumba : Klik disini.

Masih punya waktu lebih untuk mengeksplorasi keindahan pantai di pesisir Sulawesi ? Datanglah ke Bulukumba, Sulawesi Selatan. Di sini Anda bakal menemukan pantai yang pesonanya mengagumkan. Namanya pantai Ujung Tiro, terletak di Desa Bontotiro. Jika ditempuh dari pusat kota Makassar maka butuh waktu sekitar 4 jam 24 menit lamanya untuk bisa sampai di lokasi.

Sepadan dengan perjalanannya yang memakan waktu cukup lama, pantai ini membayar seluruh rasa rasa lelah Anda dengan panorama sunset yang luar biasa. Menariknya, Anda bisa menikmati panorama indah tersebut dengan dua cara, yakni dari atas tebing atau jembatan.

Jembatan di pantai Ujung Tiro dikenal sebagai salah satu spot yang menarik karena ‘bekerja’ layaknya gardu pandang sekaligus tempat selfie. Di ujung jembatan ini juga tersambung dengan batu karang raksasa yang berdiam di tengah laut. Alhasil, berfoto di depannya bakal terlihat cakep banget deh.

Baca : Pantai di NTT bertaraf Internasional.

8. Pantai Merpati Bulukumba

Wisata pantai Merpati Bulukumba
By Wisatalengkap.com

Pantai yang berada di dekat hutan kota Bulukumba ini merupakan spot wisata yang sangat populer di kawasan Sulawesi bagian Selatan. Di sekitar perairannya, aktivitas nelayan nampak begitu menggeliat. Entah berapa banyak perahu yang bersandar di tepi pantai Merpati Bulukumba, namun memandangnya dari kejauhan jelas memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang umumnya datang dari wilayah perkotaan.

Mewarnai sejengkal pantai yang menawan, ada hamparan pasir selembut sutra yang menyejukkan pemandangan. Karena butirannya halus, Anda bisa menapakinya dengan kaki telanjang. Tak cuma nyaman dijelajahi, pesisir pantai di Sulawesi ini juga menyediakan  banyak ornamen yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan foto selfie. Dengan demikian, Anda bakal lebih betah menghabiskan waktu di dalamnya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.