Pesona Pantai Indrayanti Memanjakan Wisatawan Yang Datang

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti, atau sering dikenal dengan nama pantai Pulang Syawal adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berlibur ke Jogja.

Jika musim liburan telah tiba, nampaknya akan sangat membosankan jika Anda hanya berdiam diri di rumah saja.

Ya, untuk memanfaatkan waktu senggang pasti akan menyenangkan jika Anda mengisi dengan hal – hal seru seperti pergi berlibur.

Daerah yang terkenal dengan sebutan Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu daerah terbaik untuk tujuan wisata Anda.

Mengapa ? Sebab dari satu daerah ini saja Anda bisa menikmati hampir segala jenis objek wisata, dan yang paling banyak adalah pantai.

Tak harus ke luar negeri, sebab kawasan pantai yang ada di Jogja pun recommended untuk Anda jadikan referensi tujuan wisata, salah satunya adalah pantai Indrayanti Yogyakarta.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti yang terkenal dengan pasir putihnya yang begitu lembut ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Bukan hanya sekedar hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai, namun panorama alam sekitar pantai juga membuat pemandangan begitu sempurna.

Di sisi lain pantai, Anda bisa menikmati indahnya tebing batu yang menjulang tinggi dengan diselimuti oleh tumbuhan hijau yang menjadikan suasana semakin terasa asri dan menyejukkan.

Hembusan angin semilir membuat ombak di pantai Indrayanti tidak terlalu kencang, sehingga sangat sempurna untuk Anda jadikan tempat bersantai menghabiskan waktu.

Di sini Anda juga bisa bermain pasir dan berenang di tepian pantai bersama anak – anak. Atau bagi Anda yang tidak suka dengan permainan air, menikmati indahnya pantai di gazebo yang dibangun di sepanjang garis pantai juga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Anda bisa berburu kuliner di sini, mulai dari makanan laut seperti berbagai jenis ikan, kepiting, kerang dan masih banyak lagi, yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

Fasilitas di Sekitar Pantai Indrayanti

Fasilitas di sekitar pantai Indrayanti

Fasilitas lain seperti penginapan juga tersedia di kawasan pantai Indrayanti, sehingga bagi Anda yang belum puas hanya berkunjung sehari di pantai ini bisa menikmati malam yang indah dan nyaman di penginapan sekitar pantai.

Sebenarnya, fasilitas lengkap di lokasi pantai Indrayanti tak lain karena pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mulai dari gazebo dan warung yang berdiri di sepanjang garis pantai, toilet, hingga penginapan di pantai Indrayanti dapat Anda jumpai dengan mudah.

Namun sebelum menikmati nyamannya bermalam di pantai Indrayanti, nampaknya Anda harus terlebih dahulu menyaksikan indahnya panorama pantai dari atas bukit yang berlokasi di sebelah timur pantai.

Untuk menuju lokasi bukit jalan yang harus ditempuh cukup terjal, yaitu melalui semak belukar dan sedikit memanjat karang, sehingga Anda harus berhati – hati dan waspada.

Setelah melakukan perjalanannya yang cukup menguji adrenalin, rasa lelah dan takut akan segera terbayar dengan indahnya panorama yang terlihat.

Hamparan birunya laut selatan berpadu dengan putihnya pasir di sepanjang garis pantai menjadi pemandangan utama dari atas.

Tak lupa pula di beberapa bagian pantai terlihat jelas perbukitan hijau yang menjadikan pemandangan di sini kian sempurna.

Burung camar yang berterbangan di atas bukit membawa ilalang pun membawa suasana damai.

Hanya saja, karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau sebaiknya Anda tak mengunjungi kawasan bukit ini ketika malam.

Datanglah pada siang atau sore hari untuk mendapati indahnya panorama pantai Indrayanti yang begitu memukau.

Kemudian pada sore harinya Anda bisa menikmati terbenamnya sang mentari dari laguna atau tepian pantai.

Semilir angin yang berhembus dinaungi langit yang berubah warna menjadi jingga menjadi satu kesatuan yang sempurna untuk bercengkrama bersama orang terkasih.

Bagaimana, menarik bukan menghabiskan waktu di Pantai Indrayanti ?

Jalan Menuju Pantai Indrayanti

Nah untuk mencapai lokasi pantai sendiri medan yang harus ditempuh tidak sulit karena jalan yang beraspal halus.

Hanya saja rute yang ditempuh memang sedikit berliku sehingga bagi Anda yang sering mengalami mabuk kendaraan sebaiknya melakukan persiapan supaya perjalanan tidak terganggu.

Sebagai gambaran, berikut adalah rute yang harus Anda tempuh dari Jogja kota menuju pantai Indrayanti.

Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Arah Hutan Bunder > Gading > Logandeng > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Jln. Kyai Legi > Jln. Lingkar Selatan > Jln. KRT Djojodinigrat > Jln. Girisubo > Wonosari > Jln. Saptosari > Tepus ( sebelum masuk pantai Baron ambil ke timur arah pantai Sundak ) > Somandeng > Pantai Indrayanti.

Setelah sampai di kawasan pantai, Anda akan menjumpai loket atau tempat pemberhentian guna pembayaran biaya masuk pantai.

Harga tiket pantai Indrayanti hanya 10.000 / Orang.

Harga yang sangat murah jika dibanding dengan fasilitas yang tersedia.

Terlebih lagi pantai Indrayanti juga merupakan salah satu pantai terbersih di Jogja yang pastinya membutuhkan perawatan ekstra dan lebih.

Tak hanya itu, harga tiket tersebut pun sudah termasuk akses untuk masuk ke kawasan wisata pantai Baron, Kukup, Dini, Sundak, Krakal, dan Pok Tunggal yang lokasinya memang berdekatan dan masih dalam satu garis pantai Selatan.

Nah agar perjalanan Anda lebih nyaman dan mudah, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai Indrayanti.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum pun tak perlu khawatir. Karena untuk bisa sampai ke lokasi pantai sudah ada kendaraan umum yang beroperasi hingga jam 5 sore.

Penutup

Matahari terbenam di pantai Indrayanti

Jadi tunggu apa lagi, susun rencana dan persiapan untuk datang ke pantai Indrayanti bersama dengan orang – orang tersayang.

Jadikan momen liburan menjadi momen tak terlupakan dan penuh kenangan.

Dan satu lagi, pastikan Anda selalu mengabadikan momen bahagia ini dalam sebuah foto. Dengan latar belakang pantai Indrayanti yang memukau pasti hasil jepretan Anda akan menjadi momen indah tak terlupakan.

Untuk persiapan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Seperti beberapa set pakaian dan peralatan mandi jika Anda ingin menghabiskan malam di sini.

Atau sekedar makanan ringan dan sedikit bekal jika Anda hanya ingin berkunjung dan menikmati keindahan alam pantai Indrayanti tanpa menginap.

Jadi kapan Anda akan berkunjung ke pantai Indrayanti Jogja ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *