Merasakan Sensasi Unik Saat Menyusuri Lorong Alami Pantai Goa Cemara Jogja

Pantai Goa Cemara, begitulah penduduk sekitar menyebutnya. Dipenuhi dengan rerimbunan pohon cemara yang asri, pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Rangkaian dahan pohonnya menjuntai dan saling bertemu hingga membentuk lorong gua.

Dulunya, pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan. Kunjungan hanya di dominasi para nelayan yang sehari-hari menghabiskan waktunya di laut. Namun ketika mulai ditata, namanya kian melambung dan dilirik banyak orang. Termasuk Anda ?

Setelah berhasil menarik perhatian, pantai Jogja ini terus dikembangkan menjadi kawasan wisata yang lebih baik. Hasilnya, Anda bisa menemukan sebuah bangunan gapura yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Pasir Hitam dan Ombak Kencang

Jalan masuk menuju pantai
Lorong goa cemara by Travelingyuk.com

Meneruskan perjalanan dari loket retribusi, Anda disambut pucuk daun cemara udang yang melambai-lambai pada ranting kering. Berjalan di bawahnya akan memberikan sensasi seperti berjalan di lorong gua.

Lorong gua yang memanjang hingga kurang lebih 200 meter tersebut menghubungkan pengunjung dari pintu masuk menuju ke pesisir pantai. Uniknya, pengunjung kerap berlama-lama di sini untuk menikmati hawa adem dan nuansa asri yang ditawarkan di dalamnya.

Luas area pantai Goa Cemara Jogja yang dipenuhi pohon cemara udang kurang lebih mencapai 20 hektar. Penanaman dimulai pada tahun 2003 lalu dan ditujukan untuk melindungi wilayah pantai dari ancaman abrasi.

Namun lebih dari itu, keberadaan pohon-pohon cemara juga membuat pantai jauh dari kesan gersang dan panas yang melekat pada kota Gudeg. Bahkan, sinar matahari yang terasa begitu menyengat tak bisa menembus kokohnya dinding gua alami ini.

Setelah berada di penghujung lorong, nampak pasir dengan warna hitam berkilau terhampar luas di sepanjang garis pantai. Bentang pasir tersebut berpotongan dengan laju ombak yang cukup kencang.

Anda hanya bisa menikmati panorama tersebut dari pesisir karena tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain terlalu dekat dengan air.

Kendati pun diri tak bisa berenang di tepian pantai, namun Anda masih bisa menikmati keindahan pantai dengan cara lain, seperti duduk-duduk santai di atas pasir, berjemur, jalan-jalan, atau bersantai di bawah naungan pohon Cemara Udang yang berdaun lebat.

Ada pula pendopo yang bisa Anda singgahi sewaktu-waktu untuk sekedar beristirahat setelah lelah berkeliling. Begitu pun hadirnya arena permainan tak kalah menambah keseruan liburan Anda dan keluarga di sini.

Kawasan wisata pantai di Jogja sangat banyak, dan menjadi destinasi favorit para pelancong. Sebut saja pantai Pandansimo, Pok Tunggal, termasuk juga Goa Cemara yang jadi destinasi liburan pengunjung.

Mercusuar Pantai Goa Cemara

Mercusuar pantai Goa Cemara
Mercusuar by Simplyhomy-guesthouse.com

Sejauh mata memandang, Anda akan melihat keindahan alam yang mempesona berpadu dengan kokohnya bangunan mercusuar yang berada di sisi pantai. Bangunan tersebut menjulang setinggi kurang lebih 40 meter di atas permukaan laut.

Namun, mercusuar tak hanya bisa diamati dari kejauhan saja, lho. Anda juga bisa menyusurinya atau bahkan naik ke puncaknya dengan membayar biaya sebesar kurang lebih Rp. 5.000 per 2 orang.

Nantinya ketika sudah sampai di atas, anda akan disuguhi pemandangan lanskap pantai Goa Cemara Bantul dari perspektif yang berbeda.

Dari atas ketinggian, pantai ini justru nampak lebih elok dan memukau. Pasir hitamnya yang bertaburkan kemerlap cahaya akan menampilkan pemandangan yang kontras dengan langit biru yang cerah.

Belum lagi ketika matahari terbenam di ufuk barat. Panorama yang sebelumnya terlihat tropis pun serta merta berubah menjadi eksotis, terbalut warna keemasan yang menggoda di bawah langit merah jingga.

Tersedia Banyak Camping Ground

Pantai ini memiliki setidaknya 6 area camping yang biasa digunakan oleh mahasiswa untuk berkemah. Tak hanya itu, area camping tersebut juga sudah dilengkapi dengan zona outbond untuk mendukung kegiatan makrab yang dilakukan oleh peserta camping.

Untungnya, area tersebut tidak hanya di khususkan bagi orang dewasa saja. Anak SD atau SMP juga bisa lho menikmatinya. Tetapi untuk mencoba permainannya, tetap harus bayar, ya !

Baca : Pantai Watu Kodok yang mempesona.

Fasilitas Yang Tersedia

Area pantai memiliki fasilitas yang cukup memadai. Hal tersebut terbukti dari kemudahan yang Anda rasakan ketika mencari tempat untuk melaksanakan sholat, toilet umum, area parkir dan rest area.

Beberapa kios juga berada cukup dekat dengan pantai. Jadi, kapanpun merasa lapar, Anda bisa langsung singgah di salah satu tempat makan.

Bahkan di hari Minggu ada pasar yang akan menjajakan hasil bumi masyarakat sekitar, mulai dari ketela, umbi-umbian, buah-buahan, sayur mayur, dan lain sebagainya.

Bila ingin berkeliling pantai tanpa kelelahan, Anda bisa mencoba mengendarai ATV yang disewakan di sepanjang pesisir. Namun, agar dapat mengendarainya, Anda perlu membayar tarif sewa sebesar kurang lebih Rp. 50.000 terlebih dahulu.

Lokasi Pantai

Alamat pantai Goa Cemara berlokasi di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 33 km dari pusat kota.

Tak sampai satu jam, Anda sudah bisa menemukan papan ikon bertuliskan wisata Pantai Goa Cemara yang berada di sekitar pintu masuk.

Perjalanan menuju pantai tidak begitu sulit. Kondisi jalan yang cukup terawat membuat rutenya dapat dilalui dengan nyaman, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk dan biaya parkir. Tiket masuk pantai ini biasanya dibanderol dengan harga Rp. 5.000 per orang.

Anda bisa membelinya di Tempat Pembayaran Retribusi ( TPR ). Sementara biaya parkir yang ditetapkan ialah sekitar Rp. 2.000 untuk pengguna motor dan Rp. 5.000 untuk pengguna mobil.

Ayo Berikan Ulasan Anda

Berikan penilaian Anda untuk membantu wisatawan lain yang berkunjung.