Sudah Pernah Merasakan Sensasi Lembutnya Pasir Pantai Pink Lombok Timur ?

Lombok semakin terkenal dengan tempat wisata yang dimilikinya, sehingga membuat pulau cantik ini mendapat tempat di hati para pelancong. Salah satu tempat favorit wisatawan adalah Pantai Pink Lombok timur.

Wisata pantai Pink mempunyai karakteristik luar biasa, seperti air lautnya yang jernih serta warna pasir yang unik. Pantai ini mempunyai pasir berwarna pink, tidak heran jika banyak turis mancanegara yang berkunjung.

Pantai Pink Lombok pada dasarnya adalah sebuah julukan atau sebutan lain dari Pantai Tangsi. Namun karena pasirnya mempunyai warna pink, jadilah pantai ini sering disebut sebut sebagai Pantai Pink.

Sungguh sebuah penamaan yang wajar dan sesuai dengan karakter pasirnya.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya pasir pantai cantik di Lombok ini sama dengan pasir pantai lain di Indonesia, yaitu berwarna putih. Sedangkan warna pink muncul akibat percampuran pasir dengan butiran terumbu karang yang teksturnya halus serta lembut.

Butiran terumbu karang tersebut memiliki warna merah, sehingga membuat pasir berubah menjadi warna pink. Warna pink akan sangat terlihat jelas ketika pasir terkena oleh ombak laut, terutama ketika cuaca sedang cerah.

Jadi kamu akan menyaksikan pasir pink yang berkilau.

Keunikan Pantai Pink Lombok Timur

Pemandangan pantai Pink dari atas bukit
Pemandangan dari atas bukit

Jika dilihat secara geografis, lokasi destinasi pantai Pink terletak di bagian timur pulau Lombok yakni di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pantai ini terlihat begitu tenang dan damai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar serta angin yang sejuk. Sehingga dapat membuat kamu aman dari kebisingan kota dan menjernihkan pikiran.

Pantai ini terkenal karena kealamiannya yang masih sangat terjaga. Sehingga memiliki nilai tambah di mata para turis. Jadi kamu bisa menjadikan Pantai Pink sebagai salah satu tempat yang wajib kamu jaga kelestariannya.

Hamparan bukit yang berada di sekeliling Pantai Pink Lombok timur juga akan membuat kecantikan pantai ini semakin bertambah sempurna.

Pada bagian kiri kamu akan mendapati bukit dengan padang rumput hijau yang luas terhampar. Nah, di atas bukit inilah pemandangan Pantai Pink akan tampak lebih menawan dan menakjubkan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga akan melihat tanjung di sebelah kanan dengan disertai gazebo yang telah tersedia di bagian atasnya.

Tidak seberapa jauh dari Pantai Pink, kamu juga bisa melihat sebuah goa peninggalan pada zaman Jepang dengan panjang mencapai sekitar 50 meter dan ketinggian hampir 1,4 meter. Goa ini diyakini sebagai tempat bersembunyinya para tentara Jepang pada masa dulu.

Baca : Pantai Tanjung Bloam, surga kecil di balik hutan.

Rute Untuk Mencapai Pantai Pink

Perahu yang bersandar di pantai Pink
Warna pink merona

Untuk menuju Pantai Pink Lombok, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Mataram. Rute ini sama dengan untuk mencapai Tanjung Ringgit, karena memang keduanya memiliki lokasi yang berdekatan.

Namun gerbang untuk masuk ke Pantai Pink terletak sekitar 1 km sebelum sampai ke Tanjung Ringgit.

Nah, jika kamu bingung dan takut tersesat kamu dapat melihat tulisan Pantai Pink 50 meter di sebuah rambu jalan sebelum sampai Tanjung Ringgit. Dari sana kamu hanya tinggal berjalan kaki untuk menuju tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pink

Semakin terkenal Pantai Pink di Pulau Lombok, ternyata membuat biaya masuk semakin mahal. Hal ini disebabkan karena semakin ramainya wisatawan yang berminat untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Harga tiket masuk Pantai Pink bisa mencapai Rp. 50.000 per orang, ini berlaku khusus untuk turis dari negara asing. Sedangkan untuk pelancong pribumi akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

Hal ini tentu saja telah mengecewakan para wisatawan asing yang ingin menikmati keindahan pasir Pantai Pink Lombok.

Baca juga : Mengintip potensi wisata pantai Sekotong.

Fasilitas Yang Tersedia

Untuk saat ini fasilitas yang tersedia di Pantai Pink memang masih terbilang cukup minim atau terbatas. Hal ini diakibatkan karena masih kurangnya perhatian dari pemerintah setempat dalam mengelola tempat wisata ini.

Tentunya keadaan ini menjadi hal yang sangat disayangkan.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Pantai Pink adalah adanya toilet atau kamar mandi. Meski masih minim, namun kamu tetap dapat menggunakan toilet yang cukup sederhana.

Selain itu, di pantai ini juga tersedia tempat ibadah seperti mushola untuk mendukung tempat wisata halal.

Selanjutnya, pemerintah setempat juga sudah menyediakan tempat sampah serta mengajak para warga setempat agar selalu menjaga lingkungan guna menjaga kelestarian pantai.

Kamu juga dapat mencicipi berbagai masakan serta makanan ringan sambil melihat ombak laut pantai nan cantik ini.

Setelah mengetahui informasi mengenai Pantai Pink Lombok timur, tentu saja membuat kamu tidak sabar ingin segera berwisata ke sana. Saya anjurkan kamu tetap mengutamakan keselamatan, agar liburan lebih seru dan mengasyikkan.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.