Mencoba Destinasi Surfing Nan Elok di Pulau Merah Banyuwangi

Pulau merah Banyuwangi

Jika berbicara mengenai pantai yang indah di Indonesia biasanya identik dengan pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok.

Padahal masih ada banyak destinasi pantai lainnya di Indonesia yang memiliki panorama tidak kalah indah dengan pantai yang namanya sudah populer lebih dulu.

Pulau Merah Banyuwangi saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Objek wisata di Banyuwangi selama ini masih belum terlalu populer di Indonesia jika dibandingkan dengan Bali atau Yogyakarta.

Padahal kota wisata di Jawa Timur ini sebenarnya menyimpan banyak potensi wisata alam yang tidak kalah cantik dan mempesona.

Karena jumlah wisatawan yang belum banyak mengunjungi kota ini, keindahan objek wisata di sana pun masih terlihat begitu alami karena belum memiliki banyak campur tangan manusia.

Pulau Merah atau juga sering dijuluki dengan Red Island adalah sebuah pulau kecil yang terletak di kawasan pantai Desa Sumber Agung, Pesanggaran, Banyuwangi.

Walaupun merupakan sebuah pulau kecil, Red Island telah berhasil memikat banyak wisatawan dengan bentuknya yang unik seperti sebuah pegunungan yang timbul di tengah pantai.

Pantai ini menjadi populer karena kebersihannya dan menyuguhkan keindahan yang jarang dijumpai di tempat lain.

Selain di pantai Plengkung, ombak di pantai ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan surfing.

Kabupaten Banyuwangi memang memiliki banyak destinasi wisata pantai. Hal itulah yang belakangan ini menjadikan Banyuwangi mulai dikenal di kalangan turis mancanegara.

Setidaknya, hampir setengah wilayan di kabupaten ini dikelilingi oleh pantai dan Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan salah satu destinasi yang semakin banyak diminati oleh wisatawan.

Lokasi Pulau Merah

Pantai di pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Banyuwangi atau lebih tepatnya berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika dari pusat kota Banyuwangi, lokasi pantai ini tergolong cukup jauh yakni 80 km dan memerlukan perjalanan sekitar 2 jam berkendara dengan kendaraan pribadi.

Pantai ini juga dapat dijangkau dengan transportasi umum tetapi memerlukan waktu perjalanan yang lebih lama.

Kegiatan Favorit di Pulau Merah Banyuwangi

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan selama berkunjung di Pulau Merah sehingga pengalaman liburan di sana menjadi lebih berkesan.

Berikut ini adalah kegiatan yang populer dilakukan oleh wisatawan saat berada di Pulau Merah :

1. Surfing

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Pulau Merah adalah ombak yang dimilikinya.

Ombak bagus tersebut menjadi kesempatan bagi para mereka yang memiliki hobi surfing atau selancar. Setiap harinya, pantai ini selalu dipadati oleh surfer.

Bahkan tidak sedikit wisatawan yang memilih untuk tinggal di sana selama berhari – hari dan bahkan ada yang menginap selama berminggu – minggu demi menguji adrenalin mereka untuk surfing.

Sampai saat ini, pemerintah kabupaten setempat telah menyelenggarakan event surfing rutin tahunan yang melibatkan peserta dari puluhan negara di dunia.

Adanya event tersebut menjadikan Banyuwangi semakin dikenal di kancah internasional.

Kegiatan surfing di pulau Merah

Buat kamu yang ingin berselancar di sana dan tidak membawa perlengkapan surfing, di sana sudah terdapat banyak jasa persewaan perlengkapan surfing.

Jangan khawatir, harga sewa di sana sangat terjanglau yakni hanya Rp 50 ribuan.

2. Memancing

Bagi pengunjung yang hobi memancing, di sana terdapat jasa sewa perahu tradisional yang dapat membawa kamu ke tengah laut untuk memancing.

Memancing di atas kapal dan di lautan tentu menjadi pengalaman yang sangat seru karena selain dapat memperoleh ikan, para wisatawan juga bisa menikmati hembusan angin yang sejuk.

3. Snorkeling

Snorkeling juga termasuk salah satu kegiatan yang banyak diminati di Pulau Merah. Selain jasa sewa perlengkapan surfing, ada pula jasa sewa perlengkapan snorkeling.

Menariknya, harga sewa perlengkapan tersebut tidak semahal harga sewa di tempat wisata lainnya seperti di Bali atau Lombok sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati keindahan bawah air Pulau Merah.

4. Mendaki Bukit

Jika air laut sedang surut, para pengunjung dapat berjalan menuju tengah laut untuk mendaki bukit yang lokasinya tidak jauh dari tepi pantai.

Di atas bukit ini, kamu bisa melihat keindahan laur lepas dari atas ketinggian dan pemandangan eksotis di seputar Pulau Merah.

5. Mandi di Laut

Walaupun memiliki ombak yang cukup besar, mandi atau berenang di laut masih tergolong kegiatan yang aman dilakukan.

Kamu bisa bermain-main dengan ombak di sana selain dengan papan selancar.

Memang di waktu-waktu tertentu, mandi di pantai tidak diperkenankan yaitu saat cuaca buruk atau saat ombak sedang tinggi.

6. Bermain Pasir

Bermain pasir merupakan kegiatan yang sangat populer dilakukan saat berwisata ke pantai, termasuk saat berlibur ke Pulau Merah Banyuwangi. Pulau tersebut memiliki pasir yang lembut sehingga cocok untuk bermain bersama dengan keluarga.

7. Wisata Kuliner

Setelah puas berselancar atau bermain air, kamu pasti merasa lapar. Jangan khawatir, di sana sudah ada penjual makanan dan minuman yang siap memanjakan perut.

Di kawasan wisata ini terdapat banyak kios makanan mulai dari minuman, camilan, hingga masakan laut yang lezat

Mengapa Disebut Pulau Merah ?

Pantai Pulau Merah Banyuwangi dulunya dikenal dengan nama Pantai Ringin Pintu. Nama Pulau Merah merujuk pada bukit di tengah laut yang tanahnya berwarna merah.

Pulau ini tidak terlihat berwarna merah karena tertutup oleh pepohonan yang tumbuh di sana.

Sunset di pulau Merah Banyuwangi

Selain memiliki tanah berwarna merah, pulau tersebut memang berwarna merah saat sore hari. Warna merah tersebut karena sinar matahari terbenam yang berwarna kemerahan, khususnya saat musim kemarau.

Jadi kapan kamu akan berkunjung kesana ? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *