Tergila – Gila Dengan Keindahan Air Terjun Sendang Gile

Wisata air terjun Sendang Gile Lombok

Pulau Lombok menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menjadikan pulau kecil tersebut sebuah destinasi wisata menarik.

Tempat – tempat yang belum banyak terjamah membuat destinasi wisata terbaik di Lombok kian banyak memberikan pilihan kepada wisatawan, salah satunya adalah air terjun Sendang Gile yang berada di kaki Gunung Rinjani.

Keindahan Alam Air Terjun

Sendang Gile merupakan sebuah air terjun di kaki pegunungan dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Kamu akan menemukan sebuah air terjun yang mencurahkan air dari atas tebing di ketinggian kurang lebih 30 meter dari dasar sungai.

Terdapat dua tingkatan yang dapat kamu temukan di air terjun ini.

Tingkatan pertama berasal dari atas tebing dan langsung jatuh ke bagian bawah air terjun yang menyerupai kolam, sedangkan tingkatan kedua berasal dari kolam di bawah air terjun menuju ke aliran sungai yang ada di bawahnya.

Air terjun Sendang Gile

Air terjun tersebut juga memiliki mitos tersendiri di kalangan penduduk sekitar. Sendang Gile lebih dikenal sebagai air terjun Batu Ko’ atau Batu Kerbau oleh warga sekitarnya.

Cerita rakyat setempat menyebut kolam di bawah air terjun Sendang Gile merupakan tempat dimana para bidadari mandi saat turun mengunjungi bumi.

Selain kepercayaan bahwa Sendang Gile merupakan tempat para bidadari mandi, ada pula keyakinan tentang kemampuan air terjun tersebut membuat seseorang menjadi awet muda.

Kamu boleh percaya ataupun tidak, namun penduduk setempat percaya bahwa seseorang yang mandi atau hanya membasuh muka di air terjun tersebut akan menjadi lebih muda 1 tahun dari umur yang sebenarnya.

Perjalanan Menuju Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara.

Desa Senaru merupakan salah satu titik awal jalur pendakian Rinjani yang populer, sehingga untuk mendatangi lokasi tersebut kamu tidak akan mengalami banyak kesulitan.

Keindahan hutan hijau dan persawahan terasering menjadi pemandangan yang umum di sekitar desa tersebut.

Kamu dapat menuju Desa Senaru melalui beberapa rute perjalanan, salah satunya adalah melalui jalur pesisir Lombok sisi barat. Perjalanan dapat dimulai dari pantai Senggigi dengan melewati Bukit Malimbu selama kurang lebih 2 jam.

Jalur ini umumnya ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobil rental ataupun mengikuti paket tur Pulau Lombok. Kelebihan jalur ini ada pada pemandangan indah yang alami.

Kekurangannya, tidak ada kendaraan umum yang melewati jalur ini.

Jika kamu ingin ke Sendang Gile dengan menggunakan transportasi kendaraan umum, maka titik awal perjalanan yang harus kamu datangi adalah Pasar Lendang Bajur di Gunung Sari.

Berawal dari titik tersebut kamu dapat menggunakan kendaraan umum menuju Desa Senaru. Jalur ini akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 jam melalui hutan Baun Pusuk.

Fasilitas di Sekitar Sendang Gile

Gerbang pendakian gunung Rinjani

Sebagai sebuah titik awal pendakian, Desa Senaru telah memiliki cukup banyak fasilitas yang memudahkan wisatawan yang ingin menyaksikan air terjun serta pendaki yang ingin menuju puncak Rinjani.

Terdapat fasilitas umum seperti tempat ibadah dan kamar mandi umum serta beberapa penginapan dengan rentang harga yang beragam.

Warung makan dan toko kebutuhan sehari – hari juga dapat ditemui dengan cukup mudah, namun ada baiknya kamu mempersiapkan kebutuhan pribadi sebelum memutuskan berangkat menuju desa Senaru dan kemudian menuju Sendang Gile.

Aktivitas Menarik Di Kawasan Wisata Air Terjun

Selain air terjun Benang Kelambu yang juga cukup terkenal, liburan ke Sendang Gile juga bisa jadi alternatif terbaik lainnya.

Salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan sebelum sampai di air terjun Sendang Gile adalah trekking ringan.

Terdapat jalur berupa anak tangga berjumlah ratusan untuk melalui jalur dengan ketinggian 40 meter. Jalur ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki.

Selain trek berupa anak tangga, kamu juga akan berjalan melewati lembah di antara rimbunnya pepohonan liar.

Jalur ini juga cocok dijadikan tempat untuk mengamati dan mengambil gambar keanekaragaman hayati seperti burung, kupu – kupu maupun berbagai tumbuhan hutan.

Setelah sampai di area air terjun, kebanyakan wisatawan melakukan aktivitas seperti mengambil gambar dan juga bermain air.

Mencoba kepercayaan penduduk mengenai kemampuan air terjun ini membuat awet muda dapat menjadi pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan. Air yang dingin menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang mandi di tempat tersebut.

Selain dipercaya dapat membuat awet muda, banyak orang memanfaatkan air dingin di Sendang Gile untuk berendam sebagai pilihan terapi sakit pinggang.

Pastikan kamu telah menyiapkan alas kaki tahan air, handuk dan pakaian ganti jika berniat berbasah – basahan ketika berada di Sendang Gile.

Sebenarnya masih ada air terjun lain di dekat air terjun Sendang Gile yang juga dapat dikunjungi sebagai bagian dari kunjungan di Desa Senaru, yaitu air terjun Tiu Kelep yang tidak kalah indah dan memiliki jalur menuju lokasi yang tidak kalah menantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *