Deretan 8 Pantai Sawarna Ini Menyimpan Pesona Tersembunyi

Pesona pantai Sawarna di Banten
8 Shares

Dari sekian banyak pantai di daerah Banten, pantai Sawarna adalah salah satu yang terbaik untuk Anda kunjungi.

Menjadi salah satu provinsi baru di Indonesia, Banten memiliki daya tarik tersendiri khususnya dalam hal tempat wisata.

Ya, di daerah dengan luas wilayah 9.163 kilometer persegi ini Anda bisa menjumpai berbagai jenis tempat wisata, baik buatan maupun alami.

Keindahan alamnya yang masih begitu terjaga dan lembutnya pantai pasir putih Sawarna membuat wisatawan yang datang ingin selalu kembali dan menghabiskan waktu di tempat indah ini.

Meskipun belum setenar pantai Anyer dan Carita, namun keindahan alam dan pesona pantai Sawarna tak perlu diragukan.

Justru karena belum terjamah oleh banyak orang, sehingga pantai ini menawarkan keindahan alaminya yang begitu eksotis.

Wisata Pantai Sawarna

Mulanya, nama Sawarna sendiri merupakan nama sebuah desa yang berada di pesisir lebak atau berada di kawasan pantai Selatan pulau Jawa.

Karena lokasinya yang berada di desa Sawarna inilah kawasan pantai yang terbentang dari pantai Pulo Manuk hingga pantai Karang Taraje ini disebut dengan pantai Sawarna.

Dengan kata lain, pantai Sawarna merupakan pantai gabungan atau kumpulan dari beberapa pantai yang lokasinya berada di desa Sawarna.

Dengan luas keseluruhan pantai Sawarna mencapai 2.500 hektar, hamparan pantai dengan panjang 65 Km dan berada di ketinggian 10 Mdpl ini memiliki 8 pantai wisata.

Pantai apa saja kah yang ada di sana ?

1. Pantai Ciantir

Wisata pantai Ciantir Banten

Pantai Ciantir by Youtube

Pantai perawan pertama yang sering kali menjadi tujuan utama para wisatawan ketika memasuki wilayah pantai Sawarna adalah pantai Ciantir.

Dari pantai ini Anda bisa langsung menyaksikan betapa luasnya hamparan pasir putih yang lembut.

Karena begitu luas dan pasirnya yang bersih, pantai Ciantir sering dijadikan sebagai tempat bersantai dan melakukan olahraga pantai seperti volly pantai, bola takraw, bola kaki, maupun bermain istana pasir.

Selain itu pantai Ciantir juga memiliki ombak yang besar sehingga tidak diperuntukkan untuk Anda yang ingin berenang di pantai.

2. Pantai Tanjung Layar

Jika pantai Ciantir memiliki keindahan hamparan pasir putihnya yang begitu luas, beda halnya dengan pantai Tanjung Layar. Dimana salah satu bagian dari pantai Sawarna ini memiliki panorama alam berupa karang besar.

Menariknya, di pantai ini Anda bisa melihat 2 gugusan karang yang menjulang tinggi dan kokoh layaknya sebuah kapal.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat, gugusan karang besar tersebut merupakan gunungan emas yang dijaga oleh naga.

Di pantai Tanjung Layar Anda juga bisa menjumpai satu tradisi unik, yaitu adanya ritual setiap malam jumat kliwon di bulan Maulud dengan tujuan memanggil penjaga pantai Tajung Layar dan penjaga pantai Selatan.

3. Pantai Karang Taraje

Dari namanya, Pantai Karang Taraje memiliki arti “Karang Tangga”.

Nama tersebut menggambarkan bagaimana kondisi pantai yang sebagian besar merupakan batuan karang.

Di bagian kiri pantai, bahkan terdapat karang besar yang menyerupai teras dan berundak – undak membentuk sebuah tangga.

Dengan keindahan alamnya yang begitu unik, kawasan pantai Karang Taraje bisa menjadi satu spot yang apik untuk melakukan sesi pemotretan.

Terlebih lagi dengan deburan ombak yang besar menghantam karang pasti akan menjadikan hasil foto Anda lebih dramatis.

4. Pantai Karang Bereum

Hampir sama dengan bagian Pantai Sawarna sebelumnya, pantai Karang Taraje. Pantai Karang Bereum juga merupakan pantai yang sebagian besar kawasannya dipenuhi batuan besar.

Hanya saja, pada pantai Karang Bereum Anda masih bisa berenang di sela – sela batu karang yang membentang luas.

Tentu saja Anda harus ekstra hati – hati karena licinnya batu karang di area pantai ini. Dan uniknya, pantai Karang Bereum sendiri memiliki warna batuan karang yang kemerahan.

Oleh sebab itulah, nama pantai ini disebut dengan pantai Karang Bereum yang dalam bahasa sunda Bereum artinya adalah “merah”.

5. Pantai Teluk Lagon Pari

Pesona wisata alam pantai Legon Pari Banten

Pantai Lagon Pari by info-wisata-pantai.blogspot.co.id

Rasa lelah dan penat setelah melakukan perjalanan jauh menuju pantai Teluk Lagon Pari nampaknya langsung terbayar dengan indahnya panorama alam yang masih alami.

Lokasi pantai Sawarna yang satu ini memang cukup sulit untuk dijangkau, sehingga tak heran jika masih sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini.

Namun karena masih belum banyak terjamah, menjadikan pantai Teluk Lagon Pari masih bersih dan terjaga.

Hamparan pasir kecoklatan dan pepohonan yang tumbuh hijau di sisi samping menjadi satu kesatuan yang sempurna dengan birunya air laut.

6. Pantai Pulo Manuk

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak jika pantai ini merupakan sebuah pulau burung. Sebenarnya nama ini diambil karena bentuk pulau yang menyerupai paruh burung.

Terlebih lagi pada sore hari, pantai Pulo Manuk banyak dikunjungi oleh burung – burung untuk mencari makan dan sebagai tempat transit burung ketika melakukan migrasi.

Bukan hanya burung saja, di bagian pantai Sawarna dengan pasir coklat ini Anda juga bisa menjumpai berbagai satwa liar seperti monyet.

7. Pantai Bukit Cariang

Bosan bermain pasir dan berenang di pantai namun masih ingin menikmati indahnya pantai ? Pantai Bukit Cariang bisa menjadi destinasi yang tepat.

Dari pantai ini Anda bisa pergi ke bukit yang berada di sisi pantai dengan terlebih dulu menaiki 200 anak tangga.

Dari ketinggian, panorama alam yang begitu indah dan sejuknya semilir angin siap menyambut kedatangan Anda.

Hamparan samudera yang begitu luas dan rindangnya pepohonan yang tumbuh di tepian pantai pun siap memanjakan mata Anda.

8. Pantai Goa Langir

Pantai Goa Langir Sawarna Banten

Pantai Goa Langir by dinifitriyani.wordpress.com

Satu lagi pantai yang merupakan bagian dari pantai Sawarna, yaitu pantai Goa Langir.

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak apa yang menjadi ciri khas serta daya tarik pantai Goa Langir ini.

Sebuah goa dengan ketinggian 10 meter dan lebar 3 meter siap menyambut Anda. Stalagmit dan stalagtit yang begitu indah dan unik juga bisa menjadi background foto yang sempurna.

Sayangnya, wisatawan tak bisa masuk ke dalam goa terlalu jauh karena resiko longsor yang cukup besar.

Tak jauh dari goa Langir, Anda juga bisa menjumpai goa – goa lain yang tak kalah indahnya seperti goa Kanekes, goa Harta Karun dan goa Seribu Candi.

Dimana masing – masing goa tersebut  memiliki keindahan dan keunikannya sendiri.

Nah . . .

Ternyata Banten menyimpan potensi wisata pantai yang besar dan masih sangat alami. Hal ini terbukti dari deretan pantai selatan yang menjadi salah satu tujuan wisatawan berlibur.

Tunggu apa lagi, ajak keluarga dan orang terdekat Anda untuk datang dan nikmati keindahan serta kesunyian kawasan pantai Sawarna, pantai terindah di Banten.

8 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *