Sensasi Berkemah dan Menyatu Dengan Kesunyian di Pantai Watu Kodok Jogja

Berlibur ke kota Gudeg rasanya tak lengkap apabila belum sempat menjelajahi kawasan pantainya. Sudah sedari dulu Jogja menyimpan pesona pantai-pantai yang berada di daerah Kabupaten Gunungkidul, termasuk pantai Watu Kodok.

Pantai ini berjarak sekitar 1,6 km dari pantai Sepanjang. Meski garis pantainya tak semampai seperti pantai Sepanjang, namun pantai ini memiliki sesuatu yang membuatnya layak dijadikan tujuan pelesir Anda pekan ini.

Pantai Watu Kodok Jogja

Gunungkidul yang dahulu dikenal kering dan kekurangan air perlahan-lahan mulai berdandan dan mengubah image menjadi kawasan wisata bahari yang menampilkan panorama segar pantai yang ada di sana.

Pantai menawan ini hanya satu dari sekian pantai Gunungkidul yang punya daya tarik luar biasa. Meski garis pantainya tak terlalu panjang, yakni sekitar 600 meter saja, namun pantai ini mengemas panorama yang menawan dengan arus ombak sedang, tidak terlalu besar dan tidak pula kecil.

Karena ombaknya terbilang kecil, maka aktivitas berenang akan terasa cukup menyenangkan disini. Namun, jangan sampai terlampau jauh ke tengah ya. Bagaimanapun, ombak yang besar bisa datang secara tiba-tiba dan menghempas tubuh Anda dari arah yang tidak di duga.

Jauh Dari Keramaian

Matahari terbenam di pantai
Sunset by Lensaasrul.com

Meski pantai ini memiliki pesona alam yang menakjubkan, tetapi pesisirnya sepi dari kunjungan orang-orang. Padahal, destinasi wisata pantai di Jogja ini memiliki tampilan yang cukup mencolok dengan hamparan pasir berwarna kuning keemasan yang amat cerah.

Di waktu pagi atau siang hari, hamparan pasir tersebut akan nampak cantik berpadu dengan langit biru yang cerah. Sementara di sore hari, pemandangan tak kalah eksotis karena ada panorama sunset yang siap membius pandangan Anda.

Momen sunset biasanya berlangsung selama satu jam sejak pukul 5 hingga pukul 6 sore. Namun, fenomena yang akrab dikenal dengan golden sunrise biasanya hanya berlangsung selama beberapa menit.

Oleh sebab itu, rencanakan jadwal keberangkatan Anda agar bisa datang tepat waktu di lokasi. Sayang kan kalau Anda sampai melewatkan keelokan yang tercipta manakala matahari kembali ke peraduannya ?

Selain itu, pantai yang memiliki kontur landai ini juga di hiasi dengan pohon Cemara Udang dan Pandan Laut di sekitar area pesisirnya. Jadi, selagi menikmati suasana pantai yang tenang Anda bisa berteduh di bawah bayang-bayang dedaunan yang rimbun.

Bahkan, Anda juga bisa menemukan bangunan gazebo yang berdiri di sekitar sela-sela pepohonan. Biasanya para wisatawan memanfaatkannya sebagai tempat beristirahat, atau spot berfoto.

Baca : Berburu lobster di pantai Depok Jogja.

Cantiknya Pemandangan dari Ketinggian

Suasana di pantai Watu Kodok
Suasana pantai by Ksmtour.com

Mirip seperti pantai Suluban Uluwatu di Bali, pantai Watu Kodok juga dikelilingi dengan tebing curam yang menjulang tinggi. Menariknya, tebing tersebut bisa Anda jelajahi sewaktu-waktu.

Bila sudah di atas, Anda bisa melihat indahnya laut dari ujung tebing yang terjal. Tak hanya bisa menikmati indahnya laut dari ketinggian, Anda juga bisa menyaksikan keunikan replika kapal yang berdiri tegak di atas tebing.

Karena kapal tiruan tersebut menghadap ke arah lautan biru di depannya, maka naik ke atasnya akan membuat Anda seolah berada di kapal yang berlayar di atas awan. Menarik bukan ?

Karang Mirip Batu Kodok

Seperti namanya, pantai Watu Kodok benar-benar mempunyai batu karang yang bentuknya mirip seperti kodok. Ada dua batu karang yang menjadi ikon ini, dimana salah satunya berada di bagian timur dan yang lainnya berada di bagian barat pantai.

Keunikan bentuk pulau karang tersebut memang kerap jadi perbincangan. Saking terkenalnya, hal tersebut bahkan sampai mengundang rasa ingin tahu orang-orang. Bahkan, kunjungan para wisatawan asing juga tak lepas dari desas-desus keunikan tersebut.

Selain memiliki bentuk yang unik, pulau karang tersebut juga dipenuhi dengan pepohonan hijau yang membuatnya nampak menggoda untuk dijelajahi. Anda mungkin tertarik untuk menyusurinya ?

Baca : Keunikan tetrapod di pantai Glagah.

Camping Ditemani Riuh Ombak

Karena kontur pantai yang landai, maka sangat mungkin bagi Anda untuk mendirikan tenda di atas pasirnya. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan keindahan langit bertabur cahaya gemintang di malam hari.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kemah yang lengkap, makanan praktis dan air minum secukupnya untuk mencukupi kebutuhan Anda selama bermalam di tepian pantai nan cantik ini.

Fasilitas Yang Tersedia

Pantai Watu Kodok mungkin belum banyak menyedot kunjungan, namun di sekitarnya sudah tersedia beragam fasilitas yang bisa menunjang kegiatan Anda, mulai dari musholla, toilet, hingga area parkir yang cukup luas.

Beberapa kursi dan tikar juga dapat di sewa dengan tarif tertentu. Jangan khawatir, apabila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, Anda bisa melakukan nego untuk menurunkan harganya.

Berwisata ke sini, Anda tidak perlu takut kelaparan. Ada banyak kios jajan yang bisa dihampiri untuk mengisi perut kosong dengan menyantap aneka hidangan seafood yang lezat. Beberapa warung makan juga menyediakan menu makanan khas Jogja dengan harga terjangkau. Tertarik ?

Lokasi pantai Watu Kodok berada di daerah Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Jogjakarta. Akses menuju pantai terbilang jelas walaupun papan petunjuknya memiliki ukuran yang tak terlalu besar.

Apalagi, jalan masuk pantai ini juga menyatu dengan Jalan Raya yang membentang panjang dari pantai Baron hingga pantai Indrayanti.

Meskipun begitu, jalan masuk menuju pantai ini bukan berupa jalan aspal yang halus, melainkan lebih kepada jalan tanah berbukit yang telah dikeraskan dengan batuan. Tenang saja, Anda masih bisa melintasinya dengan aman kok, asal tetap berhati-hati selama di perjalanan.

Ayo Berikan Ulasan Anda

Berikan penilaian Anda untuk membantu wisatawan lain yang berkunjung.