Deretan 8 Pantai di Blitar Ini Dijamin Membuat Anda Ingin Segera Berkunjung

Tidak hanya dikenal akan ragam kulinernya yang bercita rasa otentik, melainkan juga deretan pantai di Blitar yang unik dan menarik. Tak heran, bila datang ke sini Anda akan disambut dengan wisata laut yang menyuguhkan pemandangan memukau.

Berikut akan di ulas 8 rekomendasi destinasi wisata pantai terbaik di Blitar yang bisa membuat Anda terkesima dan jatuh cinta.

Wisata Pantai di Blitar

1. Pantai Jolosutro

Wisata pantai Jlosutro Blitar
By Rypp08.blogspot.com

Alamat pantai Jolosutro : Ringinsari, Ringenrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur 66194 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Jolosutro adalah pantai pertama yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Blitar. Pantai ini berada di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates.

Menawarkan bentang alam yang eksotis, pantai ini akan membuat Anda terkagum–kagum sejak pertama kali memandangnya. Pasalnya, pantai ini memadukan warna pasir yang pekat dengan warna biru laut yang cerah.

Tak salah bila masyarakat mendapuk pantai ini sebagai salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Blitar. Sebab, keindahannya mampu membius banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Meski sering dikunjungi, Anda tak perlu cemas soal kebersihan pantai ini, sebab keasrian pantai Jolosutro masih terjaga dengan baik. Bahkan, Anda bisa menjelajah pesisirnya dengan nyaman meski dengan kaki telanjang.

Tertarik mengunjunginya ? Cukup siapkan uang sebesar Rp. 7.000, Anda sudah bisa mengeskplore kawasan ini sepuasnya. Yuk tunggu apalagi ?

2. Pantai Serang

Destinasi alam pantai Serang
By Jejakpiknik.com

Pantai Serang bagi sebagian orang adalah obyek wisata yang cukup populer. Pantai yang berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo ini sering kali dijadikan tujuan rekreasi anak–anak di masa libur sekolah.

Ciri khas pantai ini terletak pada hamparan pasir yang berwarna putih cerah dan ombak laut yang tidak begitu besar sehingga sangat cocok bila digunakan untuk berenang dan bermain istana pasir.

Saat berkunjung ke pantai ini Anda juga bisa menikmati panorama alam yang menyejukkan. Sebab, pantai ini dikelilingi banyak pepohonan rindang.

Sementara, bagian sisi lainnya dipenuhi dengan para pedagang yang siap menyajikan masakan khas Blitar lengkap dengan minuman pelepas dahaga yang menyegarkan. Wah, menyenangkan deh pokoknya !

3. Pantai Peh Pulo

Wisata alam pantai Peh Pulo Blitar
By Petatempatwisata.com

Alamat pantai Peh Pulo Blitar : Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, East Java 66174 ( klik untuk lihat peta ).

Bergeser ke arah selatan, Anda akan menemukan sebuah pantai tersembunyi lainnya yang tak kalah menarik. Ialah pantai Peh Pulo yang berlokasi di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo.

Wisata pantai ini memiliki kawasan pesisir yang penampakannya sangat mirip dengan pantai di Bali dan Lombok, dimana airnya berwarna hijau tosca dan pasirnya sangat lembut bagaikan kain sutra.

Anda bisa menikmati deburan ombak yang bergerak cepat ke tepi pantai sambil memandangi bentang perbukitan yang nampak seperti Raja Ampat.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan tersebut dari sudut pandang yang berbeda, karena pantai ini memiliki gardu pandang alami berupa tebing yang menjulang tinggi di bagian sisi kanan dan kirinya. Namun, untuk mencapainya Anda perlu menyusuri lintasan tangga yang cukup panjang terlebih dahulu.

4. Pantai Umbul Waru

Destinasi pantai Umbul Waru
By Blitar-raya.com

Alamat pantai Umbul Waru : Jatim, Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur 66163 ( klik untuk lihat peta ).

Siapa bilang wisata ke pantai hanya bisa menonton riak ombak saja ? Pantai di Blitar yang satu ini misalnya. Dikenal dengan nama Umbul Waru, pantai ini menawarkan pemandangan yang unik, dimana Anda bisa menyaksikan dua obyek alam sekaligus. Ada air terjun dan pantai yang letaknya cukup berdekatan sehingga bisa disaksikan secara bersamaan.

Letaknya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung. Areanya terbilang cukup sempit jika dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya karena berada di antara himpitan batu karang yang besar.

Namun, keindahannya tak akan mengecewakan Anda. Pasalnya ketika air laut sedang pasang, air terjun akan terlihat menyatu dengan pantai.

Hal yang demikian dikarenakan aliran air terjun yang bermuara langsung ke perairan pantai sehingga keduanya membentuk pemandangan yang unik namun juga elusif sehingga sukar dikenali.

5. Pantai Gayasan

Destinasi liburan pantai Gayasan
By Kentongandotnet.blogspot.com

Alamat pantai Gayasan Blitar : Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, East Java 66163 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Gayasan letaknya berada di daerah Krajan, Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Meski tidak sepopuler kawan–kawannya yang lain, pantai ini menawarkan panorama alam yang menggoda dan bikin siapapun betah berlama–lama memandanginya.

Garis pantainya cukup panjang dengan dominasi latar belakang berwarna putih, yang berasal dari permukaan pasirnya yang lembut dan halus, mirip karakternya dengan beberapa pantai di Jember.

Menengok ke sisi kanan dan kiri, Anda mungkin tidak akan menemukan apa–apa selain bukit karang yang tinggi dan ombak laut yang berlipat–lipat.

Namun, jika Anda menjelajah hingga ke bagian timur, maka Anda akan menemukan sebuah pemandangan lain dari pantai penyendiri ini. Ada sebuah sungai yang alirannya mengikis pesisir pantai Gayasan hingga membelahnya menjadi dua bagian.

Sungai tersebut tidak begitu dalam, cenderung dangkal. Namun alirannya membentuk lekukan yang elok jika dilihat dari kejauhan.

6. Pantai Tambakrejo

Wisata pantai Tambakrejo Blitar
By Ulinulin.com

Kawasan wisata pantai Tambakrejo berada di Kecamatan Wonotirto atau sekitar 6,8 km dari Pantai Gayasan. Penamaan pantai ini disesuaikan dengan nama desa tempat pantai ini berada, yakni Tambakrejo.

Memiliki hamparan pasir putih yang bertekstur halus, pantai Tambakrejo menawarkan deburan ombak yang lebih bersahabat dibandingkan kawan–kawannya yang lain sehingga anak–anak bisa bermain air dengan aman.

Sudut pantai ini dipenuhi dengan pemukiman para nelayan yang cukup padat. Sementara, tak jauh dari pemukiman tersebut ada barisan perahu kayu nelayan yang terparkir rapi di tepi garis laut.

Anda bisa melihat keindahan pantai berikut kesibukannya sambil mencicipi aneka olahan seafood yang lezat dan mengenyangkan. Ada ikan bakar, cumi–cumi asam manis, tumis kerang, hingga kepiting saus balado. Tertarik ?

7. Pantai Keben

Pantai Keben di Blitar Jawa Timur
By Ranselrani.blogspot.com

Alamat pantai Keben Blitar : Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, East Java 66173 ( klik untuk lihat peta ).

Berada di Dusun Banyuurip, Kecamatan Wonotirto, pantai Keben bisa Anda tempuh dengan jarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Blitar. Dengan rute terbilang menantang, pantai ini mengajak Anda melewati lintasan terjal dan tanjakan curam yang mendebarkan.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Angin yang sepoi–sepoi, debur ombak yang riuh serta areal pesisir yang lengang akan menyapu seluruh rasa letih Anda.

Pesisirnya jarang dipadati wisatawan, sehingga suasananya nyaman dan mendukung untuk berbagai kegiatan, mulai dari piknik hingga berkemah. Anda pun bisa melihat bentukan pantai terindah di Blitar ini dari ketinggian.

Dari sudut yang tepat, view yang diperoleh akan sangat menawan berupa bentang pantai yang membentuk cincin dimana kedua sisinya disekat oleh dua tebing karang yang besar. Penasaran ?

8. Pantai Pudak

Wisata pantai Pudak berpasir putih
By Picgra.com

Alamat pantai Pudak : Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, East Java ( klik untuk lihat peta ).

Berada satu wilayah dengan pantai Keben, pantai Pudak menawarkan keindahan yang tak jauh berbeda. Hanya saja pantai ini memiliki warna laut yang lebih jernih dan warna pasir cenderung lebih gelap.

Mendampingi area pesisir yang indah, terdapat beberapa pulau karang yang menyebar di tengah perairan. Pulau–pulau tersebut diselimuti dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh dengan lebat sehingga menampilkan pemandangan yang indah bak pulau tersembunyi.

Lanskap semakin menawan kala bentang alam tersebut berpadu dengan barisan tebing karang yang menjulang tinggi di sekelilingnya.

Bagaikan mutiara yang terkungkung rapat di dalam cangkang, pantai ini nyaris saja terlewatkan oleh Anda akibat tertutupi oleh punggung tebing yang bidang. Sayang sekali bukan kalau sampai terlewatkan ?

Penutup

Nah, itulah beberapa informasi singkat tentang destinasi wisata pantai di Blitar yang cukup sering dikunjungi wisatawan saat berkunjung. Gimana, kapan Anda punya rencana berlibur ke sini ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.