Pantai Senggigi Lombok : Pantai dan Bawah Lautnya Mempesona

Destinasi pantai Senggigi Lombok
1 Shares

Julukan negara kepulauan yang disandang oleh Indonesia menawarkan sejuta pesona. Mulai dari keragaman budaya hingga kekayaan alam yang melimpah. Tak ketinggalan, khasanah wisata alam yang tidak kalah dari negara – negara lain.

Beranjak dari satu pulau ke pulau lain di Indonesia, lautan membentang. Pantai dan pesisir menawarkan pemandangan luar biasa sekaligus kesempatan untuk menikmati keindahannya.

Salah satunya, pesona pantai Senggigi Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Keunikan Pantai Senggigi

Tepi pantai Senggigi di Lombok

Senggigi telah menjadi ikon yang tidak terpisahkan dari pulau yang bersebelahan dengan Bali ini. Hamparan pasir dua warna menghiasi bibir pantai yang landai sekaligus luas.

Airnya begitu jernih, sehingga tanpa perlu menyelam, kamu pun dapat dengan mudah mengintip keindahan biota laut di sepanjang garis pantai.

Untuk mencapai lokasi pantai Senggigi tidaklah sulit.

Apabila kamu menggunakan moda transportasi udara alias pesawat menuju Lombok, maka kamu dapat langsung menuju Senggigi dengan menggunakan taksi dari Bandara Internasional Lombok.

Harga rata – rata untuk moda ini di kisaran Rp. 150.000. Lama perjalanan dari Bandara Internasional Lombok menuju Senggigi adalah 90 menit.

Alternatifnya, kamu dapat naik bus Damri menuju kota Mataram dengan tarif sekitar Rp 35.000. Dari Kota Mataram, lanjutkan perjalananmu dengan menggunakan taksi. Biaya taksi Mataram – Senggigi sekitar Rp 65.000.

Jika kamu bisa mengendarai mobil, atau kamu berkunjung ke Lombok bersama sahabat dan keluarga, kamu dapat pula menyewa mobil di kota Mataram. Tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan, karena rute menuju Senggigi telah beraspal dan bebas becek.

Aktivitas di Pantai Senggigi Lombok

Sunset di pantai Senggigi

Bermain air tentu saja menjadi tujuan utama ketika berlibur di pantai. Tetapi di Senggigi, kamu bisa menemukan beragam aktivitas yang akan membuatmu segera melupakan kepenatan rutinitas.

Selain bermain pasir, berjemur, dan berjalan – jalan di sepanjang pantai, berikut beberapa aktivitas yang harus kamu coba ketika mengunjungi Senggigi :

1. Snorkeling

Selain pantai Kuta Lombok, pantai Senggigi pun memiliki keragaman hayati laut yang menakjubkan. Bahkan kamu bisa melihatnya langsung tanpa perlu menceburkan dirimu ke laut.

Tetapi, jika kamu ingin menikmati keindahan biota – biota di tengah laut, maka kamu harus mencoba untuk snorkeling. Kamu dapat menemukan tempat persewaan sekaligus instruktur snorkeling di sepanjang pantai.

Harganya pun tergolong murah dan terjangkau.

Selain beragam jenis ikan dengan warna – warni yang indah, terumbu karang yang subur menjadi kekayaan hayati yang tidak dapat dielakkan. Terumbu – terumbu karang ini pulalah yang menjadi pemecah ombak alami di Senggigi.

Sehingga, kamu tidak perlu kuatir dengan ombak besar yang datang menggulung. Tetapi ingat, jangan sampai kamu menginjak atau merusak terumbu karang tersebut ketika asyik ber-snorkeling ria ya.

2. Surfing

Selain Bali, Lombok juga menjadi destinasi bagi para pecinta surfing, terutama pemula. Bulan Juni – September merupakan bulan terbaik jika kamu ingin belajar surfing di Senggigi.

Ketinggian ombak di pantai ini berkisar antara ½ – 1 meter sehingga cukup aman dan ideal bagi peselancar pemula.

Untuk peralatannya, kamu dapat menyewa atau membeli di surf shop sekitar pantai. Kamu juga dapat menyewa jasa instruktur profesional untuk mengajarimu cara mendayung, lepas landas, hingga berdiri di atas papan selancar.

3. Jelajah Pantai

Garis pantai yang panjang menjadi satu daya tarik untuk dapat menjelajah Senggigi. Terlebih lagi, pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Jeeva dan Pantai Mangsit yang memiliki pemandangan tak kalah indahnya.

Cukup dengan berjalan di sepanjang pesisir garis pantai untuk dapat mencapai kedua pantai tetangga ini.

4. Berburu Sunset

Selat Bali, yang menjadi pembatas antara Pulau Bali dan Pulau Lombok, terhubung langsung dengan Pantai Senggigi Lombok. Di pantai ini, Gunung Agung dapat terlihat dengan jelas.

Di pantai ini pula, pemandangan paling indah untuk sunset di Lombok dapat terlihat. Apabila langit cerah, maka tidak akan ada yang dapat menghalangi pandanganmu dari kemegahan cahaya yang dipancarkan matahari ketika kembali ke peraduannya.

Kamu tidak perlu lekas beranjak dari Senggigi ketika malam menjelang. Bar – bar dan resort di sepanjang pantai bergiliran menampilkan pertunjukan dan pesta bagi setiap pengunjung. Kamu pun dapat bergabung dengan mereka.

Fasilitas di Pantai

Bersantai di tepi pantai Senggigi

Sebagai destinasi wisata pantai di pulau Lombok, maka fasilitas yang dapat kamu temukan di Senggigi tidak akan mengecewakan. Resort, hotel, dan villa berdiri di sepanjang pantai.

Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari tingkat backpacker, bisnis, hingga fasilitas bintang lima dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Lapar setelah seharian berelaksasi di pantai Senggigi Lombok ? Kedai dan restoran dengan aneka olahan seafood bercita rasa khas Lombok yang menggugah selera menanti di sepanjang jalur pantai.

Apabila kamu menyukai suasana meriah dan hiruk pikuk, maka kamu dapat mencoba memanjakan diri di salah satu bar yang sedang menggelar pesta di sana.

1 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *