Pantai Kuta Lombok, Mandalika, dan Budaya Suku Sasak

Destinasi wisata pantai Kuta Lombok

Siapa yang tidak mengenal Kuta ? Sebuah pantai yang begitu ikonik di Pulau Dewata. Tetapi, adakah yang tahu bahwa ada satu pantai lagi yang bernama sama di Nusa Tenggara Barat ? Ya, tepatnya di bagian selatan, pantai Kuta Lombok terhampar indah dan tenang.

Ketika berkunjung ke pulau Lombok, hampir semua wisatawan pasti akan mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Selain terkenal akan keelokannya, juga suasananya yang nyaman untuk berlama-lama.

Ingin mengenal lebih jauh karakter tempat liburan di Lombok satu ini ? Simak ulasan lengkapnya dalam tulisan di bawah ini.

Rute Menuju Pantai

Pemandangan di pantai Kuta Lombok

Jarak pantai ini dari pusat kota sekitar 72 Km, sehingga dari Kota Mataram lama perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai Pantai Kuta adalah 1,5 jam.

Apabila kamu ingin menggunakan angkutan umum untuk menuju pantai, kamu harus memperhitungkan lama waktu yang ingin kamu habiskan di sana. Terutama karena angkutan umum masih jarang dan hanya beroperasi hingga pukul 15.00 WITA.

Apabila kamu ingin menunggu hingga matahari terbenam sebelum meninggalkan pantai dan kembali ke Mataram, akan lebih baik jika kamu menyewa kendaraan.

Untuk lebih amannya, sebaiknya sewa kendaraan sekaligus sopirnya yang lebih paham dengan medan dan rute menuju lokasi. Alternatif lain, kamu dapat bergabung dengan rombongan tur yang menuju Pantai Kuta Lombok.

Bukit Mandalika

Bukit Mandalika di Lombok

Berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Kuta membentang sepanjang 7,2 Km. Tidak hanya berhiaskan pasir putih dan birunya laut, pantai ini juga dihiasi oleh sebuah bukit di bagian baratnya.

Bukit ini dinamakan Bukit Mandalika.

Nama ini sejatinya merupakan nama seorang putri. Dikisahkan bahwa sang putri melarikan diri  ke bukit dan melompat ke laut untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin meminangnya.

Kisah ini pun kemudian menjadi cerita rakyat setempat.

Dari Bukit Mandalika, bentang Pantai Kuta dapat terlihat dengan jelas dan indah. Dengan airnya yang begitu jernih, terumbu karang pun tampak jelas, meski dari ketinggian Mandalika.

Budaya Sasak dan Pantai Kuta Lombok

Dalam perjalanan menuju Desa Kuta, kamu akan melewati sebuah desa yang terkenal dengan budayanya. Desa ini adalah Desa Sade yang merupakan tempat tinggal bagi Suku Sasak di Lombok.

Di sini, kamu dapat merasakan suasana tradisional sekaligus mengikuti proses menenun kain tradisional suku Sasak.

Jika kamu berminat, kamu pun boleh membeli salah satu hasil tenunan tersebut sebagai buah tangan dari penjelajahanmu di Lombok.

Wisata di Sekitar Pantai

Sunset di pantai Kuta Lombok

Begitu mencapai Pantai Kuta, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Mendaki Bukit Mandalika dan mengabadikan kecantikan Kuta dari ketinggian, berjemur dan bermain pasir, hingga berenang dan snorkeling di pinggir pantai.

Apabila kamu ingin berselancar, selain Pantai Kuta, ada satu pantai lagi yang dapat kunjungi. Pantai ini dinamakan Pantai Seger. Kamu dapat mencapai pantai ini dengan berjalan kaki karena letaknya satu garis pantai dengan Kuta.

Ombak di pantai ini akan memanjakan kamu yang memilik hobi berselancar, terutama di bulan Juli – Agustus.

Apabila tidak membawa peralatan selancar, kamu dapat menyewa di sekitar pantai. Tetapi usahakan untuk menawar harga yang diberikan. Jika kamu lihai, kamu bisa memperoleh diskon harga hingga 30%.

Selain Pantai Seger, beberapa pantai juga berjajar di sepanjang garis Pantai Kuta. Pantai – pantai ini antara lain Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, dan Gua Aan.

Jika kamu berniat untuk menghabiskan satu hari di Pantai Kuta, sangat sayang jika kamu melewatkan keindahan pantai – pantai lain yang berada satu jalur garis pantai dengannya.

Akomodasi di Kuta

Meski destinasi ini belum se-terkenal Pantai Senggigi maupun air terjun Sendang Gile, Pantai Kuta saat ini mulai berbenah. Beberapa penginapan dan hotel telah beroperasi dan sebagian sedang dibangun untuk menggalakkan pariwisata di daerah ini.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kemalaman. Kamu dapat menghabiskan malam di salah satu penginapan yang tersedia sembari menikmati masakan khas Pulau Lombok di sepanjang Pantai Kuta.

Tips Menjelajahi Pantai Kuta

Demi keamanan dan kenyamanan dalam penjelajahan sekaligus rekreasimu di Pantai Kuta, berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan :

Pertama, Siapkan tabir surya, kaca mata hitam, dan pelindung kepala. Bagaimanapun bermain di pantai akan membuatmu terekspos secara langsung ke matahari. Ada baiknya kamu mempersiapkan diri sehingga kulitmu tidak terbakar panasnya Pulau Lombok.

Kedua, apabila kamu mengandalkan angkutan umum dalam penjelajahanmu, maka waktu yang tepat untukmu menghabiskan waktu di Pantai Kuta adalah antara pukul 09.00 – 15.00 WITA. Lepas dari pukul 15.00 WITA, akan sulit untukmu menemukan angkutan umum, kecuali taksi.

Ketiga, jika kamu bermaksud menikmati matahari terbenam di pantai ini, maka datanglah menjelang matahari terbenam, selepas pukul 15.00 WITA. Tapi dengan catatan bahwa kamu membawa kendaraan pribadi atau memang berniat untuk menyewa penginapan di sekitar Pantai Kuta.

Pantai Kuta Lombok memiliki keindahan alami yang masih belum tersentuh oleh modernisasi. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kelestariannya. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan merusak terumbu karang yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *