Menembus Hutan Demi Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Air terjun Benang Kelambu Lombok

Lombok memang dikenal sebagai salah satu surga dunia di negeri ini. tak hanya memamerkan keindahan pantainya, pulau ini juga memiliki air terjun yang tak kalah indah, salah satunya adalah air terjun Benang Kelambu Lombok.

Air terjun ini berlokasi di dusun Pemotoh, kecamatan Batukliang utara, Lombok tengah. Letaknya juga tidak terlalu di pelosok daerah karena masih dapat dijangkau dan ditempuh oleh wisatawan dengan jarak 30 Km dari pusat kota Mataram.

Keunikan Air Terjun Benang Kelambu

Dibalik keindahan tempat favorit di Lombok ini terdapat banyak keunikan tersendiri, salah satunya berasal dari nama air terjun ini.

Air terjun ini dinamakan air terjun Benang Kelambu dikarenakan air yang berjatuhan menyerupai bentuk kelambu tipis dan lembut sampai – sampai suara air yang terjatuh tersebut tidak berisik.

Menurut sumber lain, nama Benang Kelambu sendiri berarti segumpal benang. Diceritakan bahwa dulunya air terjun ini merupakan tempat Dewi Anjani mandi.

Pada waktu – waktu tertentu, sang Dewi turun dari gunung Rinjani dan selanjutnya mandi serta membersihkan setiap rambutnya.

Nah, peristiwa ini menjadi sebuah kepercayaan masyarakat sekitar bahwa dengan mandi di air terjun ini, setiap orang yang memiliki masalah akan menemukan solusi dan jalan keluarnya.

Selain itu, dipercaya pula segala macam penyakit dapat sembuh jika kamu mandi di air tejrun ini. Tak hanya itu, kawasan ini dan juga gunung rinjani disebut – sebut sebagai pembawa keberkahan bagi setiap pengunjungnya.

Terlepas dari segala legendanya, air terjun ini ternyata memiliki 2 lapisan yang berbeda. Untuk lapisan air tejun pertama, teletak paling atas dan kerap kali disebut sebagai “Kelambu“.

Sedangkan untuk lapisan tingkatan kedua terletak di bawahnya dan terdiri dari 3 air tejun yang letaknya sejajar. Air terjun ini terdapat di ketinggian 552 Mdpl dan termasuk di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Rute Menuju Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Keindahan air terjun Benang Kelambu

Akses menuju air terjun ini biasanya dilakukan dari arah kota Mataram. Biasanya, diperlukan waktu sekitar 1 – 1,5 jam untuk dapat mencampai air terjun ini.

Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melewati rute menuju air terjun ini. Rute yang dilalui untuk dapat datang kesini yaitu Mataram – Narmada – Sedau – Pacur Dau – Teratak – desa Air Berik.

Setelah melewati rute tersebut, nantinya kamu akan sampai di pintu masuk. Setelah masuk dan membeli tiket, kamu diharuskan untuk kembali berjalan dan menembus hutan dengan jarak kira – kira 1 Km.

Kamu tidak perlu khawatir lelah, karena di sepanjang jalan tersebut kamu akan tersihir oleh keindahan alam sekitar ditambah dengan nuansa hutan dan hawa yang sangat sejuk.

Kemudian, kamu akan sampai pada air terjung Benang Stokel terlebih dahulu. Di sana, kamu bisa beristirahat sejenak karena banyak warung – warung kecil menjual teh dan kopi yang tersedia di sana.

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan sejauh 1 Km lagi untuk tiba di tujuan utama, air terjung Benang Kelambu.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang disediakan oleh kawasan wisata ini memang belum banyak. Namun, untuk toilet beserta kamar ganti pakaian sudah tersedia dengan baik.

Selain itu, karena letaknya yang berada di dalam Taman Nasional, membuat kawasan air terjun ini tidak terdapat fasilitas penginapan atau hotel.

Namun, jika kamu berkenan untuk menggunakan penginapan di luar kawasan wisata, berikut adalah nama – nama penginapan terdekat yang tersedia :

  1. Verve Villas Resort & Spa
  2. Medana Resort
  3. Exqisit Luxury Villa

Aktivitas Wisatawan di Kawasan Air Terjun

Berfoto di air terjun Benang Kelambu

Untuk aktivitas yang dapat kamu lakukan juga bermacam  – macam.

Umumnya, para wisatawan yang datang akan menceburkan diri dan berdiri di bawah air terjun, atau hanya sekedar bermain air saja. Namun, ada pula beberapa wisatawan yang mengambil beberapa foto dengan latar belakang air terjun.

Ada juga yang hanya duduk dan bersantai untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun Benang Kelambu Lombok.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai air terjung Benang Kelambu. Untuk liburan yang lebih aman, kamu dapat melakukan beberapa tips, seperti :

  • Membawa handuk serta pakaian ganti
  • Menggunakan alas kaki yang nyaman
  • Membawa payung pada musim hujan
  • Membawa kamera & baterai cadangan
  • Pulang dari lokasi sebelum jam 5 sore
  • Tidak memegang tas jinjing di kawasanini, mengingat akan banyak kera yang berkeliaran dan dikhawatirkan merebut paksa tas jinjing kamu.

Itu dia beberapa informasi yang mungkin kamu butuhkan jika akan berwisata ke air terjun Benang Kelambu Lombok. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan ketenangan di sekitar lokasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *