Menyambangi Singgasana Dewi Anjani di Gunung Rinjani

Wisata gunung Rinjani Lombok

Jika selama ini kamu mengira bahwa wisata gunung yang bagus dan keren hanya ada di Jawa saja, dugaan kamu itu salah. Karena gunung Rinjani di daerah Lombok yang sangat indah dan bagus pastinya akan membuat liburan kamu semakin seru.

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang berdampingan dengan Bukit Pergasingan ini. Untuk berwisata ke tempat ini ada baiknya kamu pergi dengan rekan atau anggota komunitas.

Karena ini pasti akan membuat proses pendakian menjadi semakin seru. Karena semakin ramai para anggota yang akan mendaki maka akan memudahkan kita, dapat saling membantu jika ada salah satu anggota yang membutuhkan bantuan.

Sejarah Gunung Rinjani

Padang savana di jalur pendakian Rinjani

Karena ada beberapa kejadian aneh sebelumnya, membuat masyarakat di sekitar mempercayai bahwa ada kekuatan mistis terjadi di Rinjani. Konon katanya, di gunung ini terdapat komunitas gaib dan Dewi Anjani juga bersemayam di sini.

Jika kamu melihat arah puncak ke arah tenggara akan tampak sebuah kaldera lautan debu yang dikenal juga dengan nama Segara Muncara. Tempat ini juga dipercaya oleh mereka, pada saat-saat tertentu istana ratu jin akan tampak oleh mata.

Bahkan ada juga beberapa orang yang melakukan perjalanan menuju air terjun kokok putih sekali dalam setahun dengan tujuan untuk melakukan pengobatan. Hal lain yang dipercaya yaitu dengan adanya :

  • Kerajaan Tuan dan Raja Bijaksana
  • Kisah permaisuri dan kerajaannya
  • Nasib Tragis Permaisuri
  • Kelahiran sepasang bayi kembar
  • Dewi Anjani menjadi ratu jin

Dari setiap hal gaib yang terjadi ini, ada banyak cerita lain yang tersimpan di dalamnya. kamu bisa mencari tahu informasinya dengan membaca pada beberapa artikel yang ada. Karena cerita legenda ini sangatlah terkenal.

Keunikan Rinjani Dibanding Gunung Lainnya

1. Puncak Kaldera

Kaldera gunung Rinjani

Salah satu keajaiban yang terdapat pada gunung ini ialah puncak Kaldera yang ketinggiannya mencapai 3 ribu meter di atas permukaan laut. Puncak ini tepatnya berada di atas sisi-sisi puncak yang sering kali menjadi pembatas yang tinggi.

Puncak ini membentuk pahatan yang melengkung dan menjadi pemandangan fenomenal di kalangan para pendaki. Gunung Rinjani sendiri menjadi salah satu gunung yang masuk ke dalam daftar gunung tercantik di Indonesia.

2. Danau Segara Anak

Segara anak gunung Rinjani

Lokasi danau ini berada di tengah puncak gunung yang memberikan keajaiban tersendiri bagi para wisatawan yang ada. Danau ini diketahui memiliki nilai spiritual yang tinggi, dibuktikan dengan banyaknya pandai besi yang menguji kemampuan keris mereka disini.

3. Terdapat Berbagai Flora dan Fauna

Ada banyak sekali tanaman dan hewan unik dan langka yang mungkin belum pernah kamu lihat secara langsung di tempat lain selain di gunung Rinjani, seperti bunga abadi yang terbukti sangat dilarang bagi para pendaki untuk memetiknya, dengan alasan nilai spiritual dari tanaman itu sendiri.

4. Memiliki Dua Pintu Masuk

Tempat wisata gunung yang pernah kamu kunjungi biasanya memiliki satu pintu masuk yang dijaga ketat oleh badan konversi alam.

Namun di gunung ini terdapat dua pintu masuk yang dapat membantu para pendaki dalam menempuh perjalanan wisatanya.

Tidak hanya sekedar rencana, namun hal ini memang sudah terbukti memberikan kemudahan dengan adanya para tamu yang berada di wilayah bagian selatan terutama Kuta Lombok.

5. Menikmati Sunrise Terbaik

Menikmati sunrise di gunung Rinjani

Siapa sih yang tidak suka momentum matahari terbit yang sangat cantik ? Pasti semua orang menyukainya. Apalagi jika spot untuk melihatnya juga sangat mendukung, maka sunrise akan terlihat semakin indah.

Kamu bisa melihat keindahan ini di gunung Rinjani, yang dinobatkan ke dalam salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise dari puncak tertinggi.

Rute Menuju Basecamp Rinjani

Untuk memudahkan perjalanan kamu ke destinasi wisata Lombok ini, pasti akan sangat membantu jika kamu mengetahui rute mana saja yang harus ditempuh.

Jika hendak melakukan perjalanan jalur darat, kamu bisa naik bus atau angkutan dengan tujuan akhirnya Terminal Mandalika Mataram.

Jika sudah sampai di terminal ini, kamu bisa naik mobil engkel yang sejenis dengan elf untuk menuju pasar Aikmel dengan waktu perjalanan selama 1 jam. Untuk perjalanan menuju basecamp gunung Rinjani di Sembalun kamu harus naik mobil pick up selama 2 jam.

Untuk perjalanan jalur udara, tujuan akhir dari penerbangan kamu adalah Bandara Udara Internasional Lombok. Dari bandara, kamu harus menggunakan bus Damri ke terminal Damri Mataram dengan waktu perjalanan selama 1 jam atau lebih.

Jika sudah di terminal Damri Mataram, kamu akan berangkat lagi ke terminal Mandalika Mataram dengan berjalan kaki atau menggunakan taxi yang menghabiskan waktu selama 15 menit.

Belum selesai sampai di situ, dari terminal sebelumnya kamu harus naik mobil engkel dengan tujuan pasar Aikmel selama 1 jam, dilanjutkan ke Sembalun dengan menggunakan mobil pick up selama kurang lebih waktu perjalanan 2 jam.

Sesaat ketika kamu sudah sampai di basecamp Gunung Rinjani, mereka akan menawarkan berbagai fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pendakian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *