Menikmati Panorama Ciamik Dari Atas Bukit Pergasingan Lombok

Menikmati Rinjani dari bukit Pergasingan Lombok

Kamu bosan dengan liburan yang gitu gitu aja ? Pengen yang lebih menarik dan lebih menantang ? Mungkin bukit Pergasingan Lombok bisa mewujudkannya.

Meski terbilang baru, namun keindahan alam yang ditawarkan telah membuat bukit ini memiliki posisi yang spesial di hati para wisatawan. Terutama bagi kamu yang suka melakukan aksi penuh tantangan dan anti mainstream.

Spot wisata favorit di Lombok yang satu ini merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur. Bukit ini benar benar sangat menawan, sehingga kamu dapat menjadikannya sebagai ajang pemanasan sebelum mencapai Gunung Rinjani.

Nah, jika jalur pendakian menuju Gunung Rinjani sedang ditutup atau dalam proses pemulihan ekosistem, kamu bisa mendatangi bukit ini untuk melepas rindu dengan keindahan alam di ketinggian.

Keunikan Bukit Ini

Berkemah di Bukit Pergasingan

Bukit yang mampu membuat kamu berdecak kagum ini memiliki banyak sekali keunikan yang tentunya tak sanggup disebutkan satu per satu.

Salah satunya, bukit yang berada di Lombok ini mempunyai ketinggian mencapai hingga 1670 Mdpl dan menjulang tinggi di sebelah Gunung Rinjani.

Keunikan lainnya, bukit ini mampu menawarkan pemandangan persawahan desa Sembalun yang asri serta hijau, hal ini tentu saja tidak bisa kamu temukan di sembarang tempat.

Tidak hanya sampai di situ saja, bukit Pergasingan juga mampu membuat kamu betah berlama lama untuk menunggu keluarnya matahari terbit di atas puncaknya.

Ada juga padang sabana yang luas terhampar, sehingga kamu pasti langsung mengeluarkan kamera dan mengabadikannya. Selanjutnya, di salah satu puncak bukit ini kamu akan menjumpai kolam yang berukuran besar dengan kebun sayur di sampingnya.

Tentu saja semua keunikan ini akan membuat liburan kamu terasa lebih bermakna dan lebih dekat dengan alam.

Rute Menuju Bukit Pergasingan Lombok

Kearifan lokal di Bukit Pergasingan

Untuk mencapai puncak Bukit Pergasingan kamu tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu antara 1 hingga 2 jam, maka kamu akan tiba di atas puncak dan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Sungguh waktu yang sangat efisien, sehingga kamu pun tidak akan merasakan lelah yang berlebihan. Jadi kamu tidak perlu heran jika bukit ini menjadi primadona kaum remaja dan khalayak muda.

Untuk mencapai Bukit Pergasingan Lombok kamu dapat menempuh perjalanan mulai dari Desa Sembalun Lawang, selanjutnya kamu akan menuju ke pintu rimba.

Untuk mencapai pintu rimba, kamu dapat berjalan kaki atau menyewa motor serta mobil layanan dari daerah setempat. Kemudian kamu akan berjumpa dengan jurang yang terjal di bagian kiri dan kanan.

Untuk itu disarankan kamu agar lebih hati-hati dan waspada, karena akan sangat berbahaya jika kondisi cuaca tidak mendukung.

Setelah tiba di atas puncak bukit, kamu bebas melemparkan pandangan untuk menyaksikan kemegahan alam yang sungguh cantik. Sehingga rasa lelah setelah mendaki sekian akan terbayar.

Biasanya sih kamu akan betah berlama-lama diatas.

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan

Sunrise di Bukit Pergasingan

Menaiki salah satu bukit terkenal di Lombok kurang lengkap rasanya jika kamu hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.

Nah, di Bukit Pergasingan kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru dan menyenangkan, sehingga pendakian kamu tidak akan terasa hambar dan sia sia.

Lalu apa sajakah yang bisa kamu lakukan di bukit ini ? Salah satu hal seru yang bisa kamu lakukan adalah menikmati momentum sunrise.

Agar kamu bisa melihat sunrise kamu harus mendaki pagi pagi sekali ke atas bukit. Kamu bisa menginap di penginapan Desa Sembalun yang telah banyak tersedia.

Hal lain yang tak kalah seru selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu kamu dapat mengambil gambar serta video untuk mengenang pemandangan indah di atas bukit.

Jika kamu merasa malas untuk mengambil gambar atau lupa membawa peralatan foto, saran saya yang bisa kamu lakukan adalah bersantai enak sambil menghirup udara segar khas perbukitan serta memanjakan mata untuk menikmati kemewahan alam sekitar.

Tips Mendaki Bukit Pergasingan

Melakukan perjalanan yang sedikit berbahaya dan menantang tentu membuat kamu harus mengetahui beberapa tips ini agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan.

Berikut tips sederhana saat mendaki Bukit Pergasingan Lombok :

  1. Bawalah perlengkapan dan peralatan seperlunya saja. Jangan sampai membuat perjalanan terhambat akibat bawaan berat yang tidak terlalu penting.
  2. Hindari mendaki pada musim hujan. Ketika musim penghujan tiba, jalanan akan lebih berbahaya karena licin. Untuk itu cobalah untuk melakukan pendakian pada musim kemarau.
  3. Bekali diri dengan obat-obatan. Jika memang kamu memiliki penyakit namun tetap ingin mendaki, usahakan untuk membawa perlengkapan obat-obatan untuk antisipasi.

Terlepas dari beberapa poin diatas, perjalananmu ke Lombok akan jadi salah satu momen liburan terbaikmu. Banyak tempat indah seperti di Gili Trawangan, gunung Rinjani dan juga Bukit Pergasingan yang menunggu kamu singgahi.

Perpaduan alam yang cantik, udara yang sejuk dan segar, semua itu akan memanjakanmu hingga tak lagi merasakan lelah selama pendakian berlangsung.

Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke sana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *