Menyingkap Selimut Kabut Pagi Eksotis Dari Atas Tebing Keraton Lembang

Apa yang ada dalam bayangan kamu ketika mendengar nama Tebing Keraton ? Pasti banyak yang berpikiran mengenai sebuah tebing yang berada di kawasan sekitar keraton bukan ?

Begitu pula dengan saya saat pertama kali mendengar nama Tebing Keraton Lembang, hal pertama yang ada dalam pikiran memang seperti itu.

Tapi asal kamu tahu saja, ternyata Tebing Keraton adalah salah satu wisata favorit di Bandung loh. Bahkan termasuk jenis tebing yang cukup populer di kalangan kawula muda.

Nama sebenarnya adalah Tebing Karaton, namun sekarang banyak yang mengenalnya sebagai Tebing Keraton. Mungkin yang mudah terucap kali ya.

Jangan heran apabila kota Bandung memang memiliki banyak sekali objek wisata, dan salah satunya ya ini Tebing Keraton.

Hal ini disebabkan karena Bandung adalah daerah yang didominasi oleh banyak pegunungan panjang dan juga luas.

Kembali lagi ke Tebing Keraton, kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam tentang wisata Tebing Keraton.

Sejarah Singkat Tebing Keraton Lembang

Tebing Keraton
View Tebing Keraton

Sangat tidak heran lagi apabila objek wisata ini sangat booming dan juga populer dimana-mana.

Ya bagaimana tidak, hal ini tentunya tidak terlepas akan peran media sosial dalam mengekspos keindahan serta panorama alam yang ada pada tebing ini. Banyak sekali orang yang datang ke sini hanya agar bisa mendapatkan spot foto yang epik.

Makin penasaran dengan sejarah dan latar belakang munculnya wisata Tebing Keraton bukan ? Pasti bertanya-tanya kok baru saat ini jadi populer ?

Ya hampir sama dengan wisata Tangkuban Perahu dan juga Curug Bidadari. Tebing Keraton juga punya ceritanya sendiri.

Dulu nama tebing ini adalah Tebing Jontor sebab memiliki bentuk tebing yang lumayan maju ke depan. Lalu di tahun 2014 orang yang menemukannya pertama kali yaitu Pak Ase. Kemudian ia memberi nama tebing yang ditemukannya sebagai Tebing Karaton.

Asumsi saya sih mungkin karena Pak Ase kagum dengan kemegahan yang mirip dengan Keraton kali ya.

Baca : Berkemah di Ranca Upas.

Keunikan dan Daya Tarik

Pemandangan di tebing Keraton Lembang
Tebing Keraton dikelilingi hutan

Meskipun baru saja terdengar Tebing Keraton kini sudah familiar di kalangan traveler dan hal yang membuatnya populer adalah media sosial.

Saat ini memang banyak sekali foto yang menyajikan background dengan pemadangan dari Tebing Keraton.

Dari hal tersebut tentunya mengundang banyak orang untuk membuktikan keindahannya secara langsung, dan bukan hanya dari keindahan yang ada di foto saja. Kawasan yang berada di ketinggian 1200 Mdpl ini memiliki view terbaik terutama dari atas tebing.

Di sana kamu seperti berada di hamparan karpet yang hijau lengkap dengan pepohonan dan juga lembah sebagai corak utama dari tebing ini.

Tidak hanya itu saja, banyak juga pelancong yang sengaja datang ke sini hanya untuk melihat matahari terbit. Ya ini adalah salah satu momen fenomenal dari wisata Tebing Keraton.

Ketika di sana saja saya merasa bahwa matahari yang terbit seakan-akan membuat seluruh tirai dari kabut yang lebat dan juga menutupi hamparan hijaunya pepohonan dari tebing ini.

Baca : Menelusuri Kedalaman Goa Pawon.

Lokasi dan Harga Tiket

Lokasi dari Tebing Keraton sendiri berada di sekitar kawasan Dago, jadi ketika kamu sedang di Bandung arahkan kendaraan untuk menuju daerah Dago.

Di sana nantinya juga akan ada banyak petunjuk jalan kok.

Harga tiket masuknya juga sangat murah meriah, dengan fasilitas berupa pemandangan yang epik dan bentuk tempat yang kini di sulap bak taman hanya dibanderol dengan harga Rp. 11.000 untuk wisatawan domestik.

Murah sekali bukan ?

Fasilitas Tebing Keraton Lembang

Ketika datang ke Tebing Keraton saat ini maka jangan kaget, karena sekarang tempatnya memiliki tampilan baru yang berbeda dengan tampilan lama.

Pihak pengelola juga telah memberikan berbagai macam fasilitas yang nantinya bisa menunjang kenyamanan kamu saat berada di sini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Camping Ground
  • Mushola
  • Toilet
  • Saung
  • Menara 2 lantai yang digunakan untuk memantau burung
  • Tebing Keraton

Di atas adalah beberapa gambaran singkat dari wisata Tebing Keraton.

Tunggu apalagi ? Dari pada semakin penasaran, langsung saja datang ke sini dan dapatkan spot foto terbaik untuk mengisi album Instagram-mu.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.