Kamu Suka Liburan ke Alam ? Yuk Main ke Kawasan Wisata Ranca Upas Ciwidey

Bandung memang tidak pernah bisa dipisahkan dengan kata menarik.

Kota ini memberikan sajian yang menarik perhatian banyak orang, salah satunya dengan berbagai destinasi wisata yang cukup lengkap baik dari wisata alam, wisata religi dan wisata sejarahnya.

Bandung saat ini memiliki sekitar 36 destinasi wisata dan salah satunya yaitu wisata Ranca Upas Ciwidey. Ranca Upas adalah objek wisata dengan konsep yang masih sangat alami.

Wisata Bandung satu ini kerap dikenal dengan sebutan Kampung Cai Ranca Upas, sebagai daerah alam terbuka yang juga digunakan untuk aktivitas perkemahan dan beberapa aktivitas lainnya.

Kamu pasti merasa penasaran dengan destinasi wisata Ranca Upas Ciwidey bukan ? Kali ini saya akan berikan review singkatnya, sehingga ada sedikit gambaran untuk kamu nantinya sebelum datang ke sini.

Berikut beberapa ulasan yang bisa kamu catat.

Awal Mula Wisata Ranca Upas

Nama Ranca Upas sendiri diambil berdasarkan dua kata dari bahasa Sunda yaitu Ranca dan Upas.

Ranca sendiri bisa diartikan sebagai sebuah Rawa dan Upas adalah nama dari salah seorang petugas di Perhutani yang kala itu sangat legend di area Gunung Patuha.

Upas merupakan seorang dengan kebangsaan Belanda yang mempunyai tubuh tinggi sekitar 198 cm dan badannya sangat kekar.

Dia meninggal ketika melaksanakan tugasnya di lapangan sebagai bentuk eksploitasi atau menjelajahi di kawasan rawa, yang mana saat ini sudah dinamai Ranca Upas.

Tahukah kamu, jasadnya sampai sekarang belum ditemukan lho. Ada banyak versi menceritakan bahwasanya arwah Upas masih gentayangan di sekitar rawa Upas.

Bahkan banyak orang sekita yang berjumpa dengannya di tahun 1960 – 1980. Sebagian besar masyarakat bertemu dengan Upas kala mencari kayu bakar.

Dari cerita yang ada, Upas memunculkan dirinya dengan topi koboi yang lebar lengkap dengan seragam dan perlengkapan petugas perhutani. Hanya saja dirinya selalu tunduk dan menutupi wajah dengan topi itu.

Baca : Liburan kekinian ke Upside Down World.

Lokasi Wisata Ranca Upas Ciwidey

Berkemah di Rancaupas
Berkemah

Bumi perkemahan yang memiliki luas sekitar 251 hektar berada di Jalan Ciwidey Patengan Km ke 11, Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya berada di kawasan hutan lindung sekaligus tempat konservasi.

Hal tersebut tentunya menjadikan objek wisata satu ini mempunyai berbagai macam jenis flora serta fauna cukup langka bahkan jarang kamu dijumpai.

Ranca Upas ada di pegunungan sehingga memiliki suhu udara yang segar dan begitu menyejukkan bahkan tergolong lebih dingin.

Letaknya berada di ketinggian lebih dari 1700 Mdpl, berdekatan dengan wisata Kawah Putih dan juga Glamping Lakeside.

Fasilitas di Lokasi

Selain wisata berkemah, Ranca Upas juga memberikan berbagai macam fasilitas yang bisa mendukung semua aktivitas kamu ketika berada disana.

Beberapa fasilitas pendukungan diantaranya adalah :

  • Kolam renang dengan air yang hangat
  • Area bermain atau fun game
  • Tempat penangkaran hewan rusa
  • Adventure ATV
  • Waterboom
  • Tempat pertemuan di alam

Harga Tiket Masuk dan Jam Kerja

Untuk bisa menikmati wisata Ranca Upas Ciwidey, Anda hanya dikenakan tiket sebesar Rp. 10.000 saja per orang.

Datanglah kapan saja sebab tempat ini dibuka selama 24 jam nonstop. Sedangkan untuk lahan parkir dikenakan tarif sebagai berikut :

  • Kendaraan Roda empat atau mobil pribadi 5.000
  • Kendaraan Roda dua atau motor 2.000
  • Kendaraan Umum Transportasi Bus 20.000

Daya Tarik Wisata

Kolam air hangat di Rancaupas
Kolam air hangat

Beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Ranca Upas adalah menawarkan suguhan wisata 24 jam nonstop dimana para pengunjung bisa menikmati wisata kapan pun.

Bagi kamu yang ingin menginap juga boleh loh, bahkan kamu juga akan bercengkrama langsung dengan alam dengan cara camping.

Hal yang menarik bukan hanya dengan bermodalkan 10.000 saja kamu bisa berwisata dari pagi hingga pagi lagi. Jarang ditemukan tempat wisata yang buka hingga 24 jam.

Banyak orang yang tertarik liburan di Ranca Upas, karena selain murah mereka juga bisa menikmati wahana lainnya ketika bosan camping.

Demikian beberapa ulasan mengenai wisata Ranca Upas Ciwidey. Selain itu, masih banyak lagi tempat wisata menarik di daerah Bandung selatan, seperti Taman Kelinci contohnya.

Saat liburan tiba nanti kamu bisa mengajak orang terdekat dan kerabat untuk berwisata di sini dari pagi hingga pagi lagi. Siapkan semua alat camping dengan benar dan pastikan tidak ada yang tertinggal ya.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.