Keindahan Tersembunyi Dari 14 Tempat Liburan di Bandung

Tempat liburan di Bandung yang belum banyak diketahui wisatawan
14 Shares

Selain menjadi ibu kota Jawa Barat, Bandung juga terkenal sebagai kota wisata. Banyaknya tempat liburan di Bandung seperti wisata alam, sejarah, bahkan religi bisa Anda temukan.

Nah, kali ini kita akan bicara tentang tempat rekreasi di Bandung yang belum diketahui banyak orang. Karena belum terlalu terkenal, maka tempat liburan ini cenderung sepi, tidak banyak pengunjung.

Dengan begitu Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk berlibur di tempat tersebut dengan leluasa.

Untuk lebih jelasnya, ini dia 14 tempat wisata anti mainstream di Bandung yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca yang berada di Kecamatan Pengalengan, Bandung ini menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Jawa Barat.

Banyak wisatawan yang mengincar tempat ini untuk menghabiskan liburannya, pasalnya suasana di Situ Cileunca begitu asri, sejuk, dan memiliki kesan romantis.

Situ atau danau ini berada jauh dari pusat kota, karena alasan inilah mengapa Situ Cileunci tidak begitu banyak pengunjung.

Jarak tempuh dari pusat Kota Bandung sekitar 2 atau 3 jam menggunakan kendaran pribadi maupun angkutan umum.

Yang lebih menarik, tempat wisata di Bandung selatan ini jauh dari kata mahal, tiket masuknya hanya Rp 2.500 saja.

Dengan tarif semurah itu, Anda bisa menikmati suasana dan keindahan Situ Cileunca.

Air tenangnya membuat para pengunjung merasa tenang, damai, kepenatan yang ada pada diri Anda pun hilang.

Memang benar – benar tempat wisata yang recommended banget, apalagi jika Anda mengunjunginya bersama orang terkasih.

2. Memacu Adrenalin di Trek Palintang

Bagi Anda yang suka tantangan, harus banget datang ke tempat liburan di Bandung yang satu ini.

Liburan Anda akan semakin berkesan jika Anda mengisinya dengan kegiatan offroad atau bersepeda gunung di Trek Palintang.

Palintang merupakan kampung yang berada di Ds. Cipanjalu, Cilengkrang, dimana pada kampung tersebut terdapat sebuah trek atau arena offroad.

Trek tersebut memang cukup menantang, jalanan yang tidak rata, sempit, berkelok – kelok dan penuh bebatuan, cocok untuk memacu adrenalin Anda dengan sepeda gunung atau mobil offroad.

Trek ini makin menantang bila kegiatan offroad dilakukan pada musim penghujan.

Yang lebih menarik, jalur ini menyuguhkan pemandangan cantik nan asri karena dikelilingi daerah perbukitan.

Pemandangan cantik ini membuat penggemar offroad menjadikan Trek Palintang sebagai tempat liburan di Bandung paling favorit.

Tertarik mengisi liburan di Trek Palintang ? Yuk kunjungi segera.

3. Rafting di Sungai Citarum

Arung jeram sungai Citarum

Tempat liburan di Bandung yang berikutnya adalah di Sungai Citarum.

Sungai yang terletak di desa Cisameng ini menyuguhkan permainan seru yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Derasnya arus Citarum membuat aktivitas rafting atau arung jeram di sini cukup menantang.

Rafting membuat liburan Anda semakin berkesan tentunya. Dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam, liburan ini tidak mungkin terlupa di ingatan Anda.

Bebatuan yang ada di sungai tersebut menambah keseruan terutama saat perahu terhantam bebatuan dan diombang – ambing derasnya air.

Arus deras dan bebatuan tersebut tidak perlu Anda takuti karena di sana akan disediakan river guide serta alat safety yang lengkap.

Sebelum rafting dimulai, para pengunjung akan diberi pengarahan tentang cara dasar mendayung dan menyelamatkan diri, kemudian ada pemanasan bersama.

Jadi, tidak ada hal yang perlu Anda khawatirkan.

4. Hutan Pinus Batu Kuda

Hutan pinus Batu Kuda merupakan tempat liburan di Bandung yang tak kalah menarik.

Nama tempat wisata ini berasal dari mitos yang berkembang dari masa ke masa, konon di tempat tersebut pernah ada kuda terbang bernama Kuda Sembrani.

Saat Kuda Sembrani terbang dari arah selatan ke Gunung Manglayang, tiba – tiba kuda tersebut jatuh dan terjebak.

Masyarakat sekitar pun mempercayai kuda tersebut terjebak dan berubah menjadi batu yang berbentuk mirip kuda.

Namanya saja mitos, Anda bisa percaya atau tidak.

Nah, tempat tersebut kemudian menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan. Di area tersebut Anda bisa trekking, bersepeda, maupun camping.

Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan alam Batu Kuda ini karena tarif masuknya hanya Rp 3.000 saja.

5. Tempat Liburan di Bandung : Goa Pawon

Wisata alam goa Pawon Padalarang Bandung barat

Dalam bahasa Jawa, pawon berarti dapur. Namun di kota Bandung ini ada tempat wisata dengan nama Goa Pawon.

Goa yang terletak di desa Masigit ini termasuk dalam tempat wisata di Jawa Barat yang belum dikenal banyak orang.

Lebih dari 20.000 tulang manusia purba ditemukan di gua ini.

Salah satu tempat liburan di Bandung ini harus Anda kunjungi karena selain memiliki keindahan batu stalaktit dan stalakmit, Goa Pawon juga memiliki sejarah yang bisa Anda pelajari.

Jadi, tempat ini cocok untuk pembelajaran buah hati Anda dalam hal ilmu pengetahuan, khususnya terkait manusia purba.

Tarif masuk ke Goa Pawon hanya Rp 5.500, dengan biaya semurah ini Anda bisa menikmati keindahan sekaligus belajar sejarah.

Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke tempat liburan di Bandung berupa goa bersejarah yang super keren ini ?

6. Tahura Ir. H. Juanda

Tahura, pernahkah mendengar kata ini ?

Tahura merupakan singkatan dari taman hutan raya. Di tempat wisata ini Anda bisa trekking untuk menyehatkan badan sekaligus refreshing.

Sebuah taman hutan raya yang memiliki luas 590 hektar ini ditumbuhi tanaman yang menyejukkan suasana tentunya.

Tanaman yang tertanam di sini ada 2.500 jenis, sangat banyak bukan ? Selain itu Anda akan menemukan Gua Jepang di area taman hutan.

Dimana Anda bisa menemukan tempat wisata Tahura Ir. H. Juanda ini ? Anda tinggal menuju ke daerah Dago, di daerah tersebut aka nada petunjuk menuju ke Tahura.

Yuk isi masa liburan di Bandung, khususnya di taman hutan raya Ir. H. Juanda.

Liburan dengan menikmati taman yang asri dengan cara berkeliling di taman ini akan sangat menyenangkan bila Anda lakukan bersama keluarga dan kerabat.

7. Gua Putri

Ada lagi nih tempat menarik di Bandung yang unik dan anti mainstream, yakni Gua Putri. Wisata yang satu ini berjarak 35 km dari pusat kota, lebih tepatnya di Cililin.

Mitos yang berkembang di tempat ini membuat para wisatawan dari luar Bandung rela jauh – jauh ke kota Bandung untuk berkunjung ke Gua Putri.

Konon, barangsiapa mencuci muka atau bagian tubuh lainnya, maupun meminum air sendang yang ada di Gua Putri, maka akan dientengkan jodohnya. Setelah menyentuh air tersebut, Anda akan cepat mendapat jodoh.

Mitos ini boleh dipercaya, boleh juga diabaikan. Namun bagi Anda yang penasaran, bisa langsung mengunjungi Gua Putri yang terletak di Cililin ini. Menarik bukan ?

Jadi, bagi Anda yang penasaran ataupun ingin membuktikan mitos tersebut, langsung saja isi waktu liburan di Gua Putri.

Selain itu, pemandangan di area gua sangat menakjubkan, pepohonan hijau dan pegunungan ikut menghiasi lokasi wisata yang masih jarang  terjamah ini.

8. Stone Garden

Wisata alam Stone Garden Padalarang Bandung barat

Setelah membahas wisata sejarah Goa Pawon dengan ribuan tulang manusia purbanya, selanjutnya ada Stone Garden atau batu purba.

Batuan yang berada di tempat ini sangat mirip dengan batu – batu karang yang ada di dasar laut.

Nah, Stone Garden ini menjadi salah satu tempat liburan murah di Bandung yang paling recommended. Suasana di sana bernuansa zaman purba di film – film namun tetap asri.

Selain menyuguhkan batu purba yang besar dan tinggi, tempat wisata ini juga memiliki fosil tumbuhan laut.

Konon, di tempat ini dulunya adalah sebuah lautan, namun seiring waktu berlalu lautan tersebut mengalami perubahan alam, terangkat menjadi pegunungan yang menyisakan beberapa fosil laut.

Untuk mengunjunginya, Anda tak perlu ragu, letak Stone Garden ini dekat dengan Gua Pawon, tepatnya di Kampung Girimulya, Masigit, Bandung.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Gua Pawon, jangan lupa kunjungi Stone Garden yang lokasinya tidak begitu jauh ini. Di tempat tersebut juga sangat cocok untuk berfoto – foto, bahkan untuk foto pre wedding.

9. Puncak Tebing Keraton

Objek wisata yang satu ini tak kalah ekstrim dari yang lain.

Jika biasanya tempat wisata hanya berupa bukit, objek wisata yang satu ini berupa puncak tebing. Puncak tebing yang terletak di daerah Dago Kota Bandung ini dikenal dengan nama Puncak Tebing Keraton.

Kemegahan alam Kota Bandung bisa Anda nikmati dari atas tebing.

Saat Anda berhasil menjejakkan kaki di atas Puncak Tebing Keraton, pasti Anda akan berdecak kagum melihat keindahan alam Kota Bandung.

Hamparan pepohonan hijau dengan background pegunungan nan indah.

Sebaiknya jika ingin berkunjung ke tempat ini, siapkan dulu jaket, sepatu, kaos tangan, dan sebagainya, karena udara di sini cukup dingin.

Untuk harga tiketnya sendiri sangatlah terjangkau, dengan tarif Rp 11.000 Anda bisa masuk dan mengikuti jalur trekking yang sudah tersedia.

Jangan khawatir, jalur pejalan kaki di sini sudah cukup luas dan tertata, hanya saja jika datang saat musim penghujan, jalannya agak licin.

Untuk itu, tentukan waktu terbaik untuk Anda berkunjung ke Puncak Tebing Keraton bersama sahabat.

10. Bukit Moko

Kawasan hutan pinus Bukit Moko Bandung

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati keindahan sunrise, Bukit Moko adalah tempat yang tepat.

Bukit dengan ketinggian 1.500 mdpl ini menyuguhkan panorama alam yang jarang ditemukan di objek wisata lainnya.

Seisi Kota Bandung yang indah bisa dilihat dari puncak Bukit Moko.

Menariknya, Anda bisa menikmati keindahan sunrise jika datang sejak dini hari.

Selain itu, ada pula area khusus camping, jadi jangan khawatir akan tertinggal pemandangan sunrise kalau Anda sudah menginap di Puncak Moko ini.

Jangan lupa siapkan jaket dan alat penghangat lainnya ya.

Untuk menuju ke tempat ini, membutuhkan sedikit perjuangan, pasalnya kontur jalannya belum begitu halus, masih berbentuk bebatuan dan tanah biasa.

Jadi, pakailah kendaraan yang benar – benar fit untuk menuju kesana.

Selanjutnya Anda perlu berjalan kaki untuk sampai ke puncaknya. Jalur trekking sudah tersedia dan ada beberapa penunjuk arahnya, jadi tidak perlu khawatir nyasar.

11. Kebun Teh Ngabengkok

Mungkin Anda berpikir kebun teh adalah spot wisata alam yang umum dan ada dimana – mana, namun berbeda dengan kebun teh Ngabengkok di Bandung ini.

Hamparan pohon teh yang hijau membuat suasana di sana begitu sejuk, segar, dan asri. Namun di Ngabengkok ini, tak hanya pemandangannya yang bisa dinikmati, namun Anda juga bisa mempelajari proses pengolahan teh.

Ya, proses pengolahan mulai dari penanaman benihnya, pemanenan, pengolahan hingga menjadi teh siap minum bisa Anda ketahui di Kebun Teh Ngabengkok.

Jadi, tempat liburan di Bandung yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada aglikultur.

Proses – proses di atas bisa Anda praktikkan sendiri di tempat tersebut, dengan begitu sebagai pengunjung bisa benar – benar paham mengenai proses pengolahan teh.

So, jangan lupa ajak buah hati Anda ke Kebun Teh Ngabengkok di kota Bandung ya.

Selain berlibur, buah hati Anda akan mendapat pelajaran mengenai penanaman teh. Jangan sampai tempat wisata ini terlewatkan.

12. Rumah Kentang

Sekali – kali ubah suasana liburan Anda, tak hanya nikmati pemandangan indah saja.

Rumah Kentang yang berada di Jl. Soekarno Hatta Kota Bandung ini merupakan tempat wisata yang menawarkan suasana angker atau menyeramkan.

Rumah angker ini dulunya sebuah rumah biasa namun pemilik rumahnya meninggal di kuali berisi kentang.

Dari sejarah tersebut, rumah tadi diberi nama Rumah Kentang yang angker.

Namun keangkerannya justru membuat para wisatawan penasaran dan menjadikannya sebagai objek wisata unik.

Anda bisa berjalan keliling Rumah Kentang untuk mendapat suasana angker. Di tengah perjalanan, akan tercium bau kentang rebus serta suara bayi menangis.

Arsitektur di rumah ini juga model kuno, jadi, bisa dijadikan referensi untuk Anda yang menyukai arsitektur kuno.

So, kapan Anda akan berlibur dengan suasana liburan yang berbeda di rumah angker terkenal di Bandung ini ?

13. Pemancingan Bonita Lembang

Siapa yang tak kenal dengan Lembang, daerah berudara sejuk yang menyuguhkan panorama menarik ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bandung.

Di Jl. Kolonel Masturi akan Anda temukan arena pemancingan Bonita Saung Wangi.

Mengapa diberi nama Bonita Saung Wangi ? Ya, karena selain memancing, Anda juga bisa menikmati kuliner berupa aneka menu ikan di tempat ini.

Bagi Anda yang hobi memancing sekaligus hobi makan, objek wisata Lembang ini menjadi salah satu tempat paling recommended.

Udara segar Lembang membuat Anda semakin betah berlama – lama mengisi waktu liburan di tempat wisata ini.

Gazebo atau saung yang disediakan juga membuat pengunjung merasa nyaman tanpa takut kepanasan atau kehujanan saat memancing.

Jadi, kapan Anda berlibur ke arena pemancingan Bonita Saung Wangi di Lembang, Bandung ini ? Jangan lupa ajak keluarga atau teman untuk menikmati bersama liburan panjang Anda ya.

14. Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Nah, yang satu ini merupakan tempat liburan di Bandung paling menarik.

Saung Mang Udjo merupakan galeri seni musik tradisional yang terbuat dari kayu, apalagi kalau bukan angklung.

Alat musik angklung memang berasal dari suku Sunda. Jadi tak heran bila Saung Angklung dijadikan tempat wisata favorit Kota Bandung.

Saung tersebut memiliki luas 1,2 hektar, jadi pengunjung bisa leluasa menikmati galeri ini. Anda tak hanya bisa menikmati angklung yang dipajang saja, tapi bisa juga berfoto dan memainkan alat musik tradisional tersebut.

Karena termasuk objek wisata unik, menarik dan berisi barang – barang antik penuh makna, maka tarif masuknya pun cukup mahal.

Tarif masuk untuk wisatawan mancanegara mencapai Rp 100.000, sedangkan untuk wisatawan lokal hanya Rp 60.000 saja.

Penutup

Itu dia 14 tempat wisata yang menarik di Bandung yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota kembang Jawa Barat. Wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata yang sangat unik bisa Anda temukan di Bandung.

Semua harga tiket masuk yang tercantum di atas hanya sebagai acuan, dan bisa berubah sewaktu – waktu tergantung kebijakan tempat wisata.

Daftar wisata di atas juga sangat recommended bagi Anda penyuka tempat liburan di Bandung yang anti mainstream.

Anda sudah pernah berkunjung ke mana saja saat jalan jalan di Bandung ? Yuk tuliskan di kolom komentar.

14 Shares

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *