Bermain Air Juga Sekaligus Berburu Kuliner Lobster di Pantai Depok Jogja

Lagi, Jogja menawarkan Anda keindahan pantai yang sayang untuk dilewatkan. Ialah pantai Depok. Pantai yang bersebelahan dengan Parangtritis ini tak cuma memiliki sunset yang indah, namun juga kuliner seafood yang menggoyang lidah.

Bagi Anda yang suka menyantap hidangan laut, pantai ini bisa menjadi destinasi yang pas untuk dikunjungi pada akhir pekan ini.

Selain ada pasar kuliner, ada pula Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) yang menjajakan beraneka jenis ikan laut, mulai dari ikan bawal, tongkol, kakap, pari dan lain sebagainya.

Pantai Depok dan Ciri Khasnya

Setiap pantai memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Ada yang dikenal karena keindahan biota laut, ombak yang besar, dan warna pasir yang tak biasa. Termasuk pantai ini yang juga dikenal karena pesonanya yang unik. Keunikan tersebut meliputi bentang alamnya yang khas dan kearifan lokal yang terus terjaga.

Karena searah dengan Parangtritis, pantai ini punya akses masuk yang terbilang mudah. Sepanjang perjalanan pun akan diwarnai dengan suasana pedesaan yang tenteram dan hamparan kebun bawang merah yang subur.

Sesampainya di area sekitar pantai, Anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir hitam yang bersih, sehingga nampak eksotis.

Butirannya begitu halus, bahkan menapakkan kaki Anda di atasnya akan terasa begitu nyaman meski tanpa menggunakan alas kaki sekalipun. Didepannya ada bentangan samudera biru nan luas yang ombaknya menari-nari mengikuti irama air.

Selain panorama yang indah, wisata pantai Depok Jogja juga memiliki sebuah tempat yang dinamakan dengan Landasan Pacu.

Kawasan ini berupa jalan raya yang sepi, dimana Anda tidak akan menemukan kendaraan berlalu lalang. Tetapi, Anda akan mendapati banyak orang sibuk beraktivitas, mulai dari sekedar berkeliling hingga berolahraga.

Pasar Pagi di Pantai

Pasar pagi di pantai Depok Bantul
Pasar pagi by Travelingyuk.com

Setiap pagi, pantai Jogja yang satu ini akan berubah menjadi pasar yang sibuk. Para pedagang akan menggelar lapaknya dan mulai menjajakan aneka barang, mulai dari souvenir, lauk pauk, hingga bumbu masak. Selain itu, Anda juga bisa menawar harganya agar lebih pas di kantong.

Jika lapar, Anda bisa sekaligus sarapan. Pasalnya, Anda bisa menemukan aneka jajanan tradisional seperti capcay, bubur hingga gorengan yang dijual dengan harga terjangkau. Rasanya pun tak kalah lezat dengan kudapan yang dijual di warung lesehan dan angkringan di luar pantai.

Di tempat pelelangan ikan, Anda tak cuma disuguhi aneka jenis ikan segar dengan berbagai ukuran. Lebih dari itu, Anda juga bisa langsung makan di tempat atau membawanya pulang untuk dimasak sendiri.

Di hotel kan tidak ada dapur ? Tenang, Anda bisa menyewa juru masak untuk mengolah bahan mentah tersebut menjadi makanan siap saji.

Nantinya, bahan tersebut akan diolah oleh juru masak di rumah makan pilihan Anda. Jadi, Anda hanya perlu menunggu hingga proses masaknya selesai dan makanan siap dihidangkan.

Ada banyak menu yang bisa dipilih sesuai dengan bahan mentah yang Anda miliki, misalnya jika bahan mentahnya berupa cumi-cumi maka ada dua pilihan menu yang bisa Anda pilih, yakni cumi asam pedas atau cumi balado. Sementara, jika bahan mentahnya berupa udang, maka hasil olahannya bisa berupa udang goreng atau udang asam manis.

Menariknya, bukan cuma menu makanan saja yang bisa disesuaikan, porsi nasi, sambal dan jenis lalapan juga bisa diatur sesuai permintaan Anda.

Usai mengisi perut dengan hidangan laut yang lezat, Anda bisa melanjutkan keseruan bermain ATV. Mobil mini ini diparkir di sepanjang pesisir untuk disewakan kepada pengunjung yang ingin berkeliling.

Tak jauh berbeda dengan harga sewa ATV di pantai lain, harga sewa ATV di pantai Depok juga berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 80.000 per 30 menit.

Baca : Pantai Baron dan Mercusuar bersejarah.

Rekomendasi Hotel Dekat Pantai

1. Queen Of The South Beach Resort

Penginapan Queen of South Resort
Queen of South Resort by Hargatiket.net

Setelah melepas penat di pantai, kini saatnya Anda melepas lelah di hotel Queen Of The South Beach Resort. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Fasilitas tersebut termasuk kamar yang bersih dan restaurant outdoor yang unik.

Sebenarnya, Anda bisa memilih untuk makan di dalam ruangan. Namun, pemandangan yang indah membuat orang-orang lebih suka untuk menghabiskan makan malamnya di luar ruangan. Area ini memang menyajikan view super cantik Samudera Hindia dari kejauhan.

Biasanya, area tersebut digunakan untuk mengadakan acara resepsi pernikahan atau yang lainnya. Namun, saat sedang tidak dipakai, venue tersebut akan dipenuhi dengan set meja makan yang disediakan khusus bagi tamu hotel yang menginap.

Menu makanan yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari nasi goreng, kwetiaw, cumi asam pedas dan sebagainya. Biasanya, makanan akan disajikan lengkap dengan appetizer dan juga dessert, seperti puding buah, sup, dan potongan buah segar.

Selain memiliki venue outdoor, hotel ini juga memiliki kolam renang yang cukup luas. Berenang di kolam tersebut, Anda akan dimanjakan dengan semilir angin dan panorama laut lepas yang begitu elok.

Tidak hanya tamu hotel, pengunjung umum yang tidak menginap pun boleh juga menggunakan kolam renang tersebut asal mau membayar biaya sebesar kurang lebih Rp. 75.000 per orang.

Secara keseluruhan, hotel ini mengusung konsep etnik Jawa yang memberikan kesan nyaman dan rapi. Bangunannya pun di dominasi dengan unsur kayu yang didesain mirip rumah adat.

Harga sewa kamarnya dimulai dari kurang lebih harga Rp. 850.000 per malamnya. Ada 2 tipe kamar single maupun double bed yang bisa Anda sewa, yakni kamar superior dan kamar suite.

Baik kamar superior maupun kamar suite, semuanya sama-sama mendapat akses WiFi gratis, AC, kolam renang, bathub, handuk dan fasilitas lainnya.

Penginapan Queen Of The South Beach Resort berlokasi di Jalan Palangrejo, Girijati, Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca : Panjat tebing internasional di pantai Siung.

Rumah Makan Dekat Pantai

1. RM Palm Beach Pantai Depok

Menu kuliner lobster di pantai Depok
Lobster by Pergikuliner.com

Dikenal sebagai pusat kuliner, pantai ini tak pernah kehabisan menu untuk ditawarkan kepada pengunjungnya. Seperti tempat makan satu ini yang selalu sibuk melayani pembeli. Namanya RM Palm Beach.

Berada di pesisir pantai, RM Palm Beach punya menu andalan yang wajib Anda cicipi. Menu andalan tersebut ialah berupa lobster segar yang diolah menggunakan bumbu rahasia andalan mereka.

Ketika dihidangkan, sajian lobster tersebut ditemani dengan seporsi nasi puih hangat dan sambal merah yang menggoda. Meski harganya cukup mahal, tapi rasanya tak mengecewakan.

Selain itu, ada pula menu lainnya yang tak kalah lezat, seperti udang crispy, tumis cumi, ikan bakar, dan lain sebagainya. Kata orang-orang sih, cita rasa makanan disini yang paling enak lho.

Lokasi Pantai Depok

Alamat pantai Depok berada di satu kawasan yang sama dengan Pantai Parangtritis, yakni di Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Ingin berlibur ke pantai ini ? Ikuti saja rute menuju pantai Parangtritis. Nanti, sebelum melewati gapura Parangtritis, Anda hanya perlu berbelok ke arah kanan untuk melanjutkan perjalanan ke arah pantai Depok. Jangan lupa siapkan uang parkir, ya !

Vote Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel ini :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan vote rendah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.