Ngga Cuma Lembah Harau Aja, Ternyata 10 Pantai di Padang Ini Juga Mempesona

Selama ini, Padang dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik buat mencicipi kuliner. Padahal, wisata pantai di Padang Sumatera Barat juga menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Keelokannya memiliki daya pikat yang sulit ditolak, tak kalah bila dibandingkan dengan pantai–pantai di kawasan Indonesia lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Wisata Pantai di Padang

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis dan legenda Malin Kundang
By Thetravelous.weebly.com

Lokasi pantai Air Manis : Klik disini.

Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang, yakni karakter dalam sebuah cerita yang berubah menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Bila berkunjung ke sini, Anda bisa melihat batu “Malin Kundang” lengkap dengan kapalnya yang juga berubah menjadi batu.

Namun selain sarat akan balutan cerita rakyat, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah. Pasirnya terhampar luas dan berpadu dengan laut yang membentang bersama gunung Padang di ujung pemandangan.

Di sudut lain, ada pulau kecil yang wilayahnya tak begitu luas, mungkin sekitar 1 hektar saja. Dijuluki pulau Pisang Kecil, pulau tersebut bisa Anda capai dengan cara berjalan kaki lewat perairan dangkal. Tetapi bila air sedang pasang, maka Anda harus mencapainya dengan menggunakan perahu.

Tak jauh dari pulau Pisang Kecil, ada pulau Pisang Besar yang di huni oleh sekelompok orang. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, namun ada pula yang bekerja sebagai nelayan. Bila ke sini, Anda bisa bercengkerama dengan penduduk lokal dan merintang mata dengan pemandangan pulau yang masih alami.

2. Pantai Padang

Pantai yang satu ini digadang–gadang sebagai salah satu spot terbaik buat bersantai dan refreshing. Alunan debur ombak dan kawasan pesisir yang cukup luas menjadi kombinasi pemandangan yang indah sebelum sunset.

Waktu terbaik untuk menyambangi pantai ini ialah sore hari, tepatnya sebelum matahari tenggelam. Kala itu, Anda bisa menyaksikan momen sunset yang indah bersama keluarga sambil menyesap secangkir kopi.

Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati kemewahan tersebut. Pasalnya, pantai ini masih belum menerapkan biaya masuk. Sehingga, Anda bisa datang kapan saja, termasuk saat tanggal tua. Hanya saja, Anda tetap perlu menyiapkan uang untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor atau Rp. 3.000 untuk mobil. Sementara bila datang bersama rombongan menggunakan bus, maka Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar kurang lebih Rp. 5.000.

3. Pantai Bungus

Destinasi wisata pantai Bungus Padang
By Ksmtour.com

Lokasi panti Bungus : Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat 25226 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Bungus dipenuhi oleh berbagai jenis tanaman. Tetapi di antara sela–sela pepohonan tersebut berdiri saung sederhana yang menghadap ke lautan. Anda yang datang ke sini bisa merintang mata dengan keindahan pantai yang dihiasi oleh perahu–perahu milik nelayan sekitar. Hamparan pasirnya pun berbutir lembut sehingga nyaman dipijak.

Kawasannya dikelilingi oleh bukit hijau yang membuat penjelajahan terasa semakin menyenangkan. Uniknya, bila dilihat dari atas garis pantai ini bakal terlihat seperti bulan sabit lho. Anda bisa menyaksikannya dengan jelas saat mencoba aktivitas paralayang. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya ?

4. Pantai Nirwana

Kesunyian pantai Nirwana
By Flickr.com

Lokasi pantai Nirwana : Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat 25227 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai primadona di kota Padang. Garis pantainya memang tak semampai, namun pemandangan yang tersaji di dalamnya tak bisa dianggap remeh. Ada bukit karang yang membatasi sisi kanan pantai ini dan memperindah lanskap laut yang sudah ada.

Memandang ke arah laut lepas, Anda bakal bertemu banyak perahu nelayan yang bertebaran di sekitar perairan. Warna dan ukurannya bervariasi. Terkadang, kapal–kapal tersebut membawa hasil tangkapan laut yang masih segar. Tetapi tak jarang pula para turis menyewanya untuk sekedar berkeliling pantai Nirwana. Bila tertarik, Anda juga bisa mencobanya.

5. Pantai Pasumpahan

Keindahan pantai di pulau Pasumpahan
By Instanbooking.id

Lokasi pulau Pasumpahan : Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat 25237 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini berada di sebuah pulau yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari pusat kota Padang. Namun, Anda harus mencapainya dengan cara menumpang speed boat dari Teluk Bungus. Sepanjang perjalanan, Anda akan ditemani oleh lautan biru yang berpadu dengan langit cerah.

Klaim akan keindahan pantai ini memang sudah mahsyur di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran, Anda akan berjumpa dengan banyak turis yang sibuk dengan perlengkapan divingnya. Sebagian wisatawan memang datang untuk melihat kecantikan terumbu karang dan hewan–hewan laut yang hidup di dasar air.

Namun, bagi Anda yang kurang tertarik mencoba diving bisa menghabiskan waktu dengan mengitari kawasan pesisir atau duduk–duduk santai di atas perahu. Nah, Anda mau pilih yang mana ?

6. Pantai Pasir Jambak

Destinasi wisata pantai Pasir Jambak
By Yocelipirates.blogspot.com

Lokasi pantai Pasir Jambak : Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586 ( klik untuk lihat peta ).

Datang ke sini, Anda bakal disambut oleh bentang alam yang masih alami. Pemandangannya di dominasi oleh pepohonan rindang yang berjejer rapi di sekitar tepian. Suasananya sejuk dan asri, sangat cocok buat mengisi waktu luang bersama keluarga tercinta. Anda pun tak perlu ragu untuk memboyong si kecil, sebab pesisirnya cukup aman buat dijelajahi. Perairannya relatif tenang sehingga cocok buat berenang.

Bila datang ke sini, janganlah terburu-buru beranjak pulang. Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang menakjubkan. Momen ketika sang rawi bergerak turun menuju garis laut akan nampak begitu jelas. Apalagi perairan pantai ini juga bersih dari bukit karang yang “menghalangi” pandangan. Jadi, Anda bisa menyaksikannya sampai puas deh.

7. Pantai Sako

Keindahan alam pantai Sako
By Minangkanindonesia.blogspot.com

Lokasi pantai Sako : West Bungus, Bungus Teluk Kabung, Padang City, West Sumatra 25237 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Sako cocok buat dijadikan destinasi piknik atau hunting foto. Pantai yang berjarak sekitar 17 km dari kota Padang ini bisa Anda capai lewat jalan lintas Padang – Painan yang sepanjang sisinya dipenuhi perbukitan.

Selama perjalanan, Anda mungkin akan dirayu oleh beberapa obyek wisata yang tak kalah menarik, seperti pelabuhan Teluk Bayur, gunung Meru, pantai Nirwana, Mercusuar Sei Bermans, hingga pelabuhan Bungus. Bila tekad Anda goyah, Anda mungkin bakal tertarik untuk singgah di beberapa tempat tersebut. Tetapi jangan lupa melanjutkan perjalanan ke pantai Sako ya.

Dari jalan raya, pantai Sako masih harus ditempuh lagi dengan cara berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter. Perjalanan cukup melelahkan tersebut bakal terbayar oleh keindahan alam yang menanti di hadapan. Selama di sini, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan lho, mulai dari jalan–jalan, mencicipi makanan hingga hunting foto. Seru kan ?

8. Pantai Gajah Padang

Destinasi pantai Gajah Padang
By YouTube

Lokasi pantai Gajah Padang : Jl. Gajah III No.14, Air Tawar Barat, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai ini memiliki nama yang cukup unik. Tak heran, banyak orang tergoda untuk menengok keindahannya. Namun, daya tarik pantai ini bukan terletak pada namanya saja, melainkan juga gelombang laut yang ganas. Itulah sebabnya Anda mesti berhati–hati saat bermain di tepian, sebab buih ombaknya bisa masuk dan memakan hingga setengah badan pantai !

9. Pantai Cinta

Riuh wisatawan di pantai Cinta Padang
By Sengpaku.blogspot.com

Lokasi panti Cinta Padang : Pasie Nan Tigo, Koto Tangah, Padang City, West Sumatra 25586 ( klik untuk lihat peta ).

Seperti namanya, pantai ini bisa membuat Anda jatuh cinta dengan pesonanya. Pesisirnya dipenuhi oleh pepohonan Cemara Laut yang menjulang tinggi. Di sekitarnya, ada ornamen–ornamen pendukung selfie yang berwarna–warni. Anda yang gemar berfoto mesti bakal dimanjakan oleh fasilitas yang ada. Jadi, nggak perlu ragu untuk datang ke sini, ya.

Baca : Surganya wisata pantai di Aceh.

10. Pantai Tabing

Lokasi pantai Tabing Padang : Bungo Pasang, Padang, Padang City, West Sumatra 25586 ( klik untuk lihat peta ).

Satu lagi pantai di Padang yang tak boleh Anda lewatkan ialah pantai Tabing. Pantai ini menyediakan hamparan pasir berwarna cokelat cerah cenderung putih dengan butiran yang sangat halus. Kelembutannya sampai–sampai mengalahkan kelembutan kain sutera, lho.

Biasanya, selain bermain pasir wisatawan juga datang untuk berselancar. Ombaknya cukup besar sehingga kurang cocok bagi anak-anak. Tetapi, saat datang ke sini Anda nggak bakal kelaparan, sebab ada banyak kuliner yang bisa disantap buat mengobati perut yang keroncongan. Tertarik ?

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.