Selain Taman Laut Bunaken, Ternyata 5 Pantai di Manado Ini Juga Mempesona

Bila Anda berencana berlibur ke Sulawesi, jangan lupa untuk berwisata ke kawasan pantai di Manado. Kota yang dijuluki Maladewa versi Indonesia ini punya banyak sekali destinasi pantai yang cocok buat disambangi ketika liburan. Berikut adalah daftar pantai indah di Manado yang tak boleh Anda lewatkan dan mesti dikunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Wisata Pantai di Manado

1. Pantai Malalayang

Menikmati sunset di pantai Malalayang
By Manadonyaman.wodpress.com

Lokasi pantai Malalayang Manado : Jalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Malalayang menawarkan hamparan pasir berwarna hitam eksotis dengan lanskap bebatuan yang sejak dulu menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai. Pesisirnya diramaikan oleh orang-orang yang sibuk memainkan kamera saku untuk berswafoto dengan keluarga tersayang.

Menariknya, pantai ini juga memiliki taman laut yang masih alami. Di dalamnya terdapat berbagai jenis koral yang warnanya bervariasi. Jika menyelam, Anda bisa melihat keindahan “kota Atlantis” lengkap dengan aneka hewan laut yang menghuninya.

Seiring berkembangnya jaman, pantai ini semakin pandai berbenah lho. Hal itu dibuktikan lewat kehadiran spot instagramable yang mulai ramai diperbincangkan di media sosial. Tak hanya di atas, tetapi juga di dasar laut.

Ada beberapa kendaraan roda dua dan roda empat yang diturunkan ke bawah untuk memaksimalkan pengalaman foto underwater. Anda bisa berfoto menggunakan kamera sendiri atau menyewa jasa foto.

Bila lapar, Anda bisa mengisi perut dengan sajian kuliner yang lezat dan mengenyangkan. Tetapi untuk menikmatinya, Anda mesti beranjak dulu dari pantai. Sebab, pesisir pantai Malalayang sudah tidak lagi dipenuhi oleh pedagang yang menjajakan makanan. Semuanya sudah dipindahkan ke seberang jalan. Tenang, jaraknya tidak jauh kok.

2. Pantai Siladen

Wisata pantai di pulau Siladen
By Ardiyanta.com

Lokasi pulau Siladen : Klik disini.

Pantai di pulau Siladen jaraknya sekitar 8 mil dari pusat kota Manado dan hanya bisa ditempuh lewat perjalanan laut. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Pesisirnya di dominasi oleh hamparan pasir yang berwarna putih cerah dengan berbagai jenis pepohonan tumbuh di bagian atasnya.

Bagi Anda yang suka menyelam, perairan pantai ini bisa dijadikan spot diving alternatif selain Bunaken. Sekurangnya, ada dua spot diving yang cukup terkenal di sini, yakni Siladen 1 dan Siladen 2.

Sebagai obyek wisata, ekosistem diving di pantai Siladen juga terbilang mapan karena sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas, termasuk amenitas. Ada beberapa resort yang bisa dipilih sebagai tempat menginap atau sekedar beristirahat sejenak. Hanya saja, harga sewanya akan sedikit lebih mahal ketimbang harga sewa di penginapan lainnya.

Datang ke sini, Anda tak perlu bingung harus melakukan apa. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengusir penat, misalnya seperti berkeliling menggunakan perahu kaca ( Katamaran ), menyelam, snorkeling, atau bahkan hingga sunbathing.

Meski hanya bisa ditempuh via jalur laut, tetapi pantai Siladen menyediakan dua opsi transportasi yang bisa Anda pilih sesuai budget Anda, yakni menggunakan perahu umum atau menyewa speed boat pribadi. Cara pertama tentu lebih murah dan cocok buat Anda yang ingin berhemat. Jadi, Anda berencana memilih yang mana nih ?

3. Pantai Serena

Wisata alam pantai Serena
By Ceritaeka.com

Lokasi pantai Serena : Klik disini.

Pantai Serena menawarkan lanskap yang cukup berbeda, dimana pesisirnya bukan hanya terdiri atas hamparan pasir saja, melainkan juga tebing yang tinggi dan besar. Uniknya, tebing tersebut memiliki lubang di bagian dinding yang membuatnya nampak seperti sebuah terowongan.

Tebing yang memanjang dari bibir pantai hingga ke perairan dangkal tersebut nampak gagah dengan “mahkota” hijau yang menghiasi kepalanya. Mahkota tersebut tak lain merupakan hutan mini yang tumbuh secara alami. Terdiri atas beragam jenis vegetasi, hutan tersebut menampilkan perpaduan warna yang elok, yakni hijau dedaunan dan cokelat dinding tebing.

Saking indahnya, destinasi pantai ini sampai disandingkan dengan keindahan Maui di Hawaii lho. Terlebih, pantai ini juga tak menerapkan harga tiket, sehingga semakin menggoda buat dijelajahi. Jadi, nggak perlu ragu deh buat memasukkannya ke dalam itinerary perjalanan.

4. Pantai Pangalingan Manado Tua

Lokasi pantai Pangalingan Manado Tua : Klik disini.

Sedikit sekali ulasan mengenai pantai ini di dunia maya, tetapi bila ditilik lebih jauh, keindahannya tak kalah bila disandingkan dengan pantai-pantai lain yang lebih dulu populer. Pantai ini memang cukup tersembunyi karena untuk menemukannya Anda perlu berperahu terlebih dahulu selama 1 jam dari Kampung Bahowo menuju pulau Manado Tua.

Sampai di pesisir pantai, Anda bakal dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri nan indah. Menariknya, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan tersebut dengan cara biasa lho, Anda bisa menikmatinya dengan cara bersepeda. Ada jalur lingkar sepanjang 12 km yang bisa Anda susuri.

Nanti, ketika perut mulai lapar, Anda bisa mampir ke warung makan terdekat. Disana, Anda bakal disodori banyak pilihan menu buat di santap, diantaranya adalah menu ikan goropa woku blanga yang merupakan gulai ikan andalan di daerah tersebut. Bagaimana, tertarik mencobanya ?

5. Pantai Tatiala

Lokasi pantai Tatiala : Klik disini.

Nama pantai Tatiala memang belum begitu populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Sebab, letaknya berada nun jauh di pulau seberang. Tetapi, bila dibandingkan dengan pantai lain di kawasan sebelah, pantai ini tak kalah mempesona lho.

Datang ke sini, Anda bisa menikmati momen liburan yang tenang. Pesisirnya masih sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Bentangnya masih alami dengan hamparan pasir yang masih berhiaskan tanaman liar. Namun, hal tersebut justru jadi nilai lebih buat Anda yang suka mengeskplore alam. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari menjelajah, camping, atau hunting foto.

Pantai ini juga cocok dipilih sebagai tempat melepas penat atau sekedar mencari penyegaran. Ditemani suara debur ombak yang riuh dan hembusan angin sepoi-sepoi, momen liburan pun bakal terasa lebih damai, sekaligus menyenangkan. Cocok banget deh buat Anda yang hobi menyendiri.

Baca : Pantai di Lampung incaran turis asing.

6. Pantai Boulevard Manado

Kawasan pantai Boulevard Manado
By Pinterest

Lokasi pantai Boulevard Manado : Jl. Piere Tendean, Sario Tumpaan, Kec. Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara ( klik untuk lihat peta ).

Suasana healing juga ditawarkan oleh pantai Boulevard. Pantai yang letaknya tak seberapa jauh dari pusat kota ini bisa Anda tempuh dalam waktu beberapa menit saja, kecuali saat lalu lintas sedang padat. Disini, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah bersama dengan para turis lainnya.

Ya, pantai ini memang tidak seperti pantai Tatiala yang masih sepi pengunjung. Maklum saja, lokasinya memang strategis dan dekat jantung kota sehingga sering dijadikan incaran kawula muda dan turis asing yang sekedar ingin menyegarkan mata.

Tetapi, pantai ini tidak menyuguhkan hamparan pasir yang luas. Arealnya sudah terbagi dengan jalan raya. Garis tepinya juga sudah tidak alami. Ada sabuk pengaman dari bongkahan batu yang dipasang memanjang dari satu ujung ke ujung lainnya. Setidaknya, hal tersebut tidak mengurangi kecantikan pantai di Manado ini. Sebab, ada kapal-kapal nelayan yang menghiasi pemandangan sekitar pantai.

Dari jalan khusus pedestrian, Anda bisa menikmati keindahan panorama senja yang berpadu dengan teduhnya lautan. Ada pula pepohonan hijau yang menambah kenyamanan wisatawan. Kalau begini, acara nongkrong bareng keluarga bakal terasa menyenangkan, deh.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.