Fenomena Air Terjun Laut di Pantai Karang Taraje Sawarna Yang Terkenal

Daerah Sawarna merupakan daerah yang berbatasan dengan laut. Tidak asing jika ada banyak pantai yang bisa ditemukan disana. Salah satu pantainya adalah Pantai Karang Taraje.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang masih alami yang berlokasi di daerah Sawarna, kabupaten Lebak.

Pantai ini juga merupakan salah satu pantai karang dengan batu-batuan karang yang besar. Karang-karang besar yang dimiliki oleh pantai merupakan pembatas antara perairan dan juga daratan.

Bukan hanya itu, karang-karang besar yang dimiliki oleh pantai ini beberapa diantaranya memiliki bentuk yang berundak.

Kondisi karang yang seperti inilah yang membuat pantai ini kemudian disebut dengan Pantai Karang Taraje yang diambil dari Bahasa Sunda dengan arti pantai karang tangga.

Daya Tarik Pantai Karang Taraje

Untuk kamu yang ingin mencari suasana baru yang santai dan nyaman, pantai ini merupakan salah satu pilihan yang tepat sebagai tempat wisata.

Hal ini disebabkan karena pantai ini memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kah ? Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini.

1. Karang-Karang Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki banyak karang khas pantai yang ada di daerah Sawarna.

Seperti beberapa pantai yang lainnya yaitu pantai Goa Langir dan pantai Tanjung Layar Sawarna, pantai ini merupakan pantai yang memiliki banyak batuan yang tinggi dan besar.

Hal ini membuat pemandangan sekitar pantai menjadi sangat indah.

2. Air Terjun Laut

Hempasan ombak di pantai Karang Taraje
Hempasan ombak

Selain Pantai Karang Bereum, pantai ini juga memiliki daya tarik berupa air terjun laut. Apa maksud dari air terjun laut ini ? Air terjun laut ini maksudnya adalah air terjun yang terbentuk karena deburan laut yang menghantam karang pembatas.

Karena besarnya ombak yang datang dari lautan, air sering kali melewati karang setelah menghantam karang tersebut.

Efeknya cukup banyak air yang mengalir sehingga menyerupai air terjun. Hal ini merupakan salah satu hal yang membuat pantai ini kian menarik.

3. Masih Sangat Alami

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daerah Sawarna merupakan daerah yang masih sangat sedikit dikenal dengan wisatanya.

Hal ini membuat banyak wisata pantai Sawarna belum begitu banyak dikunjungi atau bahkan di kelola oleh pemerintah. Begitu pun dengan pantai Karang Taraje masih menjadi pantai yang alami karena belum banyak sampah dan juga sentuhan wisata.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Ketika berada di pantai, tentunya hal yang biasa dilakukan adalah melihat pemandangan alam, bermain air dan juga berfoto untuk mengabadikan momen liburan.

Di pantai ini pun kamu bisa melakukan kegiatan wisata tersebut untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sunset di tepi pantai
Sunset di tepi pantai

Selain melakukan aktivitas pada umumnya, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain di pantai ini, seperti melihat sunset dan juga sunrise.

Momentum saat melihat sunrise akan terasa lebih menarik karena matahari terbit dari arah lautan sehingga membuat pemandangan menjadi lebih indah.

Baca : Menyusuri tepian pantai Legon Pari.

Tips Wisata di Pantai Karang Taraje

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai ini merupakan pantai yang memiliki banyak karang dan memiliki ombak yang sangat besar. Hal ini membuat kamu harus cukup waspada ketika berwisata di tempat ini.

Ketika kamu datang untuk berkunjung di pantai ini pastikan menggunakan alas kaki yang kuat. Pasalnya pantai ini terdiri dari karang yang mungkin bisa menyakiti kaki.

Selain itu, ketika melakukan kegiatan-kegiatan di pantai ini pastikan kamu tetap waspada. Ingat bahwa pantai ini memiliki ombak yang besar.

Ombak juga dapat datang secara tiba-tiba dan jika tidak waspada bisa terseret. Terlebih ketika kamu sedang mengambil foto. Pastikan tetap waspada sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat di hindari.

Selain 2 tips yang disebutkan diatas, satu lagi tips yang sangat penting untuk kamu lakukan yaitu membawa kantong plastik.

Kantong ini digunakan untuk membungkus sampah kamu agar kebersihan di sekitar pantai Karang Taraje tetap terjaga.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.