Cari Tempat Makan Enak Di Ibukota ? Coba 7 Kuliner Jakarta Ini

Wisata kuliner Jakarta

Jika membahas mengenai ibukota, rasanya memang tiada habisnya. Mulai dari keindahannya, fasilitasnya, masalah – masalah yang ada di dalamnya, hingga kuliner Jakarta yang memang memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri.

Bisa dikatakan bahwa nikmatnya kuliner Jakarta ini merupakan obat dan penetralisir atas masalah yang sering kali muncul di pemberitaan.

Kalaupun dibahas semuanya, tentu akan menjadi artikel yang sangat panjang.

Namun, bagi Anda yang suka berburu makanan enak, rasa – rasanya perlu mencatat daftar 7 tempat kuliner di Jakarta yang terkenal ini.

1. Gado – Gado Cemara

Jika Anda tinggal di sekitar Jakarta Pusat, tentu tidak akan merasa asing dengan kuliner Gado – gado Cemara.

Tempat makan yang sederhana ini memang menjadi salah satu tujuan untuk menyantap gado – gado yang paling enak.

Tidak main – main, kuliner Jakarta ini sudah ada sejak 1947 dan kini dikelola oleh generasi ke 3. Awal mulanya,  gado – gado ini terletak di Jl. Cemara.

Warung ini sempat pindah ke Pasar Boplo, kemudian pindah lagi di Jl. Wahid Hasyim, lalu akhirnya kini berada di Jl. Tanah Abang V No. 36 Jakarta Pusat.

Bumbu kacang yang memang bagian penting dari gado – gado di sini tidak terlalu pekat dan rasanya gurih.

Anda yang sudah pernah merasakan biasanya tidak menemukan rasa yang sebanding di tempat lain.

Salah satu alasan mengapa bumbu kacang di sini spesial ialah karena menggunakan kacang mete. Harganya ? Hanya berkisar 10.000 rupiah saja.

2. Bubur Kwang Tung

Kuliner Jakarta Bubur Kwang Tung

Bagi masyarakat Jakarta, daerah Pecenongan bisa dikatakan sebagai salah satu surga kuliner di Jakarta, dan salah satu menu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Bubur Kwang Tung.

Tidak seperti kuliner sebelumnya, tempat makan yang satu ini menyediakan makanan khas Hongkong.

Ada beberapa olahan bubur yang bisa Anda pilih ketika datang ke sini, seperti bubur ikan kerapu khas Hongkong dan bubur ayam biasa.

Selain bubur, masih ada juga menu makanan lain yang bisa Anda pesan, seperti steamed sea food.

Menu tersebut juga memiliki cita rasa yang benar – benar nikmat.

Tempat makan yang berada di Jl. Pecenongan No. 671, Kebon Kelapa, Gambir Jakarta Pusat ini buka selama 24 jam, sehingga Anda bisa mendatanginya kapan saja Anda mau.

Untuk menu – menu berat, harga di sini juga masih cukup terjangkau, yakni sekitar 25.000 an rupiah saja.

Sedangkan untuk menu buburnya dimulai dari 40.000 an rupiah.

3. Ketan Susu Kemayoran

Menyantap ketan dengan susu manis memang semakin enak.

Di Ketan Susu Kemayoran, terdapat juga menu makanan lain berupa berbagai macam gorengan sehingga Anda akan semakin betah ketika sudah sampai di warung ini.

Ketan Susu Kemayoran ini menjadi salah satu favorit kuliner Jakarta karena penyajiannya dengan menambahkan kelapa parut dan tentu saja susu kental manis.

Mungkin Anda bisa dengan mudah menemukan penjual ketan susu di tempat lain. Namun, jika sudah  mencicipi ketan susu di sini, akan sulit bagi Anda untuk berpaling.

Beralamat di Jl. Kemayoran Gempol No. 18, Kebon Kosong, Kemayoran Jakarta Pusat, tempat yang satu ini memang tidak pernah sepi pembeli.

Ditambah lagi dengan harganya yang murah, dimulai dari belasan ribu rupiah saja.

4. Kuliner Jakarta : Ragusa Es Italia

Kuliner Ragusa Es Italia di Jakarta

Bukan Jakarta namanya jika tidak memiliki berbagai macam jenis kuliner yang sudah melegenda, salah satunya adalah Ragusa Es Italia ini.

Bukan baru sepuluh atau dua puluh tahun, kuliner Jakarta yang satu ini sudah ada sejak tahun 1932. Bisa Anda hitung sendiri sudah berapa puluh tahun tempat ini berdiri.

Ada beberapa varian es krim yang bisa Anda temukan di sini, beberapa yang paling terkenal adalah es krim vanila dan es krim spaghetti.

Es krim spaghetti benar – benar disajikan seperti layaknya spaghetti dan ditaburi dengan kacang dan coklat. Rasa segar dan manisnya sangat cocok dengan cuaca Jakarta yang panas dan menyengat.

Selain es krim, di sini juga ada makanan lain seperti bahan split, tutti frutti dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang penasaran, wisata kuliner di Jakarta ini terletak di Jl. Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta Pusat. Harga es krim di sini juga masih cukup murah, karena dimulai dari 15.000 an rupiah saja.

5. Soto Betawi Haji Amir 21

Liburan ke Jakarta namun tidak mencicipi Soto Betawi tentu tidak akan terasa lengkap. Salah satu kuliner Jakarta yang paling khas ini tentu bisa dengan mudah Anda temukan dimana saja.

Namun jika mencari yang spesial, maka datanglah ke Soto Betawi Haji Amir 21.

Tempat makan enak ini berada di Jl. Danau Sunter Utara, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Isiannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto betawi lainnya, seperti jeroan dan potongan daging.

Namun, rasa kuah dan mienya akan benar – benar sukses menggoncang lidah Anda ketika sedang menyantapnya.

Jika biasanya soto dengan santan terasa berat di lidah dan membuat Anda cepat merasa kenyang, maka akan berbeda dengan kuliner Jakarta yang satu ini.

Kabar baiknya, harga semangkok soto ini masih sangat murah, yakni hanya 19.000 rupiah saja.

6. Kopi Es Tak Kie

Kedai Kopi Es Tak Kie Jakarta

Anda yang masih penasaran dengan kuliner murah di Jakarta yang melegenda lainnya, sebaiknya mengunjungi Kopi Es Tak Kie. Seperti namanya, kedai yang satu ini memang lebih fokus menghidangkan minuman.

Dari bangunannya saja, Anda sudah bisa langsung menebak bahwa umurnya sudah puluhan tahun.

Jika Anda langsung berpikir bahwa orang – orang yang datang ke sini adalah orang tua saja, maka Anda keliru. Karena anak muda pun sering datang kesini demi segelas kopi es atau kopi susu.

Racikan minuman di sini juga bisa dikatakan cukup sederhana, namun rasanya memang sangat luar biasa.

Tempat kuliner Jakarta yang satu ini berada di Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No. 4 – 6 Glodok, Jakarta Pusat.

Harga minumannya cukup murah, karena masih ada yang dibawah 10.000 rupiah.

7. Tuku Toko Kopi

Selain tempat kuliner Jakarta Kopi es Tak Kie yang memang lebih terkenal dengan minumannya, masih ada kedai kopi lain yang juga tidak kalah terkenalnya yakni Tuku Toko Kopi.

Menu kopi yang ada disini sebenarnya tidak terlalu banyak, namun memang rasanya benar – benar nikmat ketika diminum.

Biasanya, ada banyak sekali ojek online yang mengantri di tempat kuliner Jakarta ini membelikan pesanan pelanggan mereka, apalagi ketika jam makan siang sudah tiba.

Kedai kopi ini berada di Jl. Cipete Raya No. 7 Cipete, Jakarta Selatan.

Harga setiap gelas kopi disini cukup murah, hanya sekitar 20.000 rupiah saja. Sedangkan untuk Peppermint Mocha dan caramel Macchiato seharga 30.000 rupiah.

Penutup

Berbicara mengenai ibukota memang tak ada habisnya, terlebih ketika membicarakan kuliner Jakarta yang sangat banyak macamnya.

Untuk Anda yang tinggal dan beraktivitas di kepadatan Jakarta, tak ada salahnya sesekali mencoba kegiatan baru di akhir pekan, seperti ke tempat wisata dan berwisata kuliner misalnya.

Banyaknya pilihan tempat makan dan minum di Jakarta akan memberikan Anda kesan berbeda saat mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *