Inilah 7 Kuliner Malam Jogja Yang Paling Diburu Wisatawan

Wisata kuliner malam Jogja yang legendaris
25 Shares

Pesona kuliner malam Jogja memang tiada habisnya untuk dibahas.

Bukan hanya masyarakat setempat yang menggemarinya, namun juga orang – orang dari luar kota hingga luar negeri yang sengaja meluangkan waktu demi bisa menikmati aneka menu makanan legendaris.

Tidak hanya satu jenis saja, kuliner malam Jogja sangat beragam sehingga tidak akan mungkin untuk Anda cicipi semuanya dalam satu malam saja.

Itu artinya, Anda harus menyediakan waktu yang cukup jika memang ingin menikmati semua atau setidaknya sebagian besar dari jajanan malam khas Jogja ini.

Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner malam yang harus Anda cicipi saat menginap di destinasi wisata Yogyakarta.

Kuliner Malam Jogja Paling Dicari

1. House of Raminten

Ketika membahas kuliner malam Jogja, mungkin yang akan Anda pikirkan pertama kali adalah makanan yang ada di sepanjang pinggir jalan.

Tidak salah memang. Namun di Jogja juga terdapat tempat lain yang sangat cocok untuk menikmati kuliner khas Jogja, salah satunya House of Raminten.

Bukan sekedar tempat makan biasa, House of Raminten bisa dikatakan mirip dengan galeri yang memiliki cukup banyak pernak – pernik antik khas Jawa.

Makanan di tempat ini juga tentu saja memiliki cita rasa yang tinggi.

Jika ingin ke tempat ini tanpa batasan waktu, datanglah ke cabang utama di Jl. FM Noto No. 7 Kotabaru karena buka selama 24 jam.

Beberapa menu utama House of Raminten antara lain nasi liwet, nasi kucing, es dawet, ayam koteka, wedang dan jejamuan, serta masih banyak yang lainnya.

Meskipun tempatnya terlihat megah dan berbeda, harga makanan yang disajikan di sini masih terjangkau, yakni dimulai dari 5.000 rupiah saja.

2. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man Jogja

Jika tempat kuliner malam di Jogja yang pertama tadi tampak seperti versi “elit” untuk menu angkringan dan makanan khas Jawa lainnya, kali ini Anda akan diajak ke angkringan dengan suasana yang sesungguhnya.

Mengapa angkringan Lik Man ini sangat istimewa ? Karena memang angkringan inilah yang pertama kali ada di Jogja yang didirikan oleh Mbah Pairo.

Salah satu menu paling istimewa yang ada di angkringan ini adalah kopi joss, kopi yang dihidangkan panas dengan arang yang masih menyala.

Mengerikan ? Tunggu dulu sampai Anda mencicipinya sendiri. Selain kopi joss tadi tentu Anda bisa memakan sego kucing dengan berbagai macam lauknya.

Dimana Anda bisa menemukan wisata kuliner Jogja ini ?

Tidak akan sulit, karena berada di Jl. Wongsodirjan dan hampir seluruh masyarakat Jogja mengetahuinya.

Untuk sego kucing, harganya dimulai dari 1.000 rupiah saja, sedangkan untuk harga segelas kopi mulai dari 5.000 rupiah.

3. Soto Sampah

Nama dari soto ini memang terkesan jorok atau bahkan menjijikkan, namun tidak lagi jika Anda sudah datang, duduk, pesan dan mencicipinya.

Kuliner malam dan enak di Jogja yang satu ini sudah menjadi salah satu makanan yang paling terkenal, sehingga Anda yang baru pertama kali akan datang ke Jogja wajib mencobanya.

Nama sampah yang diberikan juga bukanlah nama serius.

Hanya sebuah kata kiasan yang dipilih karena ketika Anda memesan, Anda bisa memilih apa saja yang akan dimasukkan dalam soto.

Asyiknya lagi, di tempat kuliner malam Jogja ini Anda bisa mengambil remahan gorengan sesuka Anda dan tentunya gratis.

Bagi Anda yang bertanya – tanya dimana bisa menemukan lokasi Soto Sampah, langsung saja datang ke Jl. Kranggan No. 2 Cokrodiningratan, atau untuk lebih mudahnya adalah di sekitar depan SPBU Kranggan.

Harga soto dimulai dari 5.000 rupiah tergantung dengan isi soto yang Anda pilih.

4. Warung Sate Samirono

Kuliner malam Sate Samirono Jogja

Anda yang menggemari panganan sate memang tidak boleh melewatkan wisata kuliner di Jogja yang satu ini.

Ada cukup banyak varian sate yang bisa Anda pilih di sini, namun andalannya adalah sate kambing.

Jangan langsung berpikir negatif bahwa sate kambing ini akan terasa alot dan amis, karena kenyataannya daging sate kambing di sini terasa sangat empuk dan tidak amis sama sekali.

Tempat kuliner yang satu ini juga bisa dikatakan sangat melegenda, karena sudah ada sejak tahun 1977 lalu.

Kabar baik lainnya, Warung Sate Samirono ini buka selama 24 jam. Kapanpun Anda menginginkannya maka Anda bisa langsung mendapatkannya.

Beberapa jenis sate lain yang tersedia di sini ialah sate bebek, sate ayam, gulai, sate buntel, hingga tongseng, nasi goreng dan tengkleng.

Harganya pun sangat murah, mulai dari 8.000 hingga 23.000 rupiah saja. Tempat kuliner malam Jogja ini berada di Jl. Colombo 105 / 38 Jogja.

5. Nasi Rames Demangan

Perut tiba – tiba keroncongan dan ingin makan nasi dengan pilihan lauk super lengkap di malam hari ?

Anda yang sedang berada di Jogja perlu bersyukur karena ada Nasi Rames Demangan. Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah rasa pedasnya.

Bukan pedas yang menyiksa, namun pedas yang membuat Anda seakan tidak ingin berhenti makan.

Seperti namanya, wisata kuliner Yogyakarta ini terletak di trotoar daerah Demangan, atau agar lebih mudah langsung saja menuju Toko Tekstil Prima karena letaknya tepat di depan toko tersebut.

Beberapa menu andalan yang ada di sini adalah nasi rames yang pilihan sayurnya berupa teri pedas, sayur labu oseng kacang, kering tempe, sayur lodeh dan lainnya.

Harganya ? Anda bisa makan apapun sampai puas dan untuk satu porsinya hanya sekitar 8.000 an rupiah saja.

6. Bakmi Jawa Shibitsu

Kuliner malam bakmi jawa Shibitsu Jogja

Nama kuliner malam Jogja yang satu ini memang cukup unik, karena ada kesan Jepang pada namanya.

Namun, menu yang disediakan di sini merupakan menu asli dan khas Jogja.

Sudah ada sejak tahun 1989, cita rasa makanan di sini masih saja terjaga sehingga sangat melegenda.

Rasa gurih dari bumbunya yang kental dipadukan dengan kecap ketika memasak bakmi akan membuat rasanya benar – benar nikmat di mulut Anda.

Karena dikenal sebagai kuliner malam khas Jogja, warung yang satu ini baru mulai buka dari jam 8 malam.

Tempat kuliner satu ini juga tidak akan sulit untuk Anda temukan, karena berada di Jl. Bantul No 106, atau untuk lebih mudahnya berada sekitar 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.

Untuk satu porsi bakminya, Anda hanya perlu membayar 16.000 rupiah saja.

7. Oseng Mercon Bu Narti

Menikmati kuliner malam Jogja terasa kurang lengkap sebelum Anda mencicipi Oseng Mercon Bu Narti.

Berada dekat dengan PKU Muhammadiyah Jogja atau di Jl. KH Ahmad Dahlan, kuliner Jogja yang satu ini memang tidak pernah sepi pembeli, bahkan Anda seringkali harus antri.

Isian dari oseng mercon di sini berupa gajih, kikil dan tulang muda.

Kuah khasnya yang ditambahkan cabe rawit siap meledakkan mulut Anda, bukan menyiksa namun memberikan rasa nikmat yang tiada tara.

Harga satu porsinya hanya 10.000 rupiah saja, namun kepuasan Anda setelah merasakannya akan benar – benar tak terlupakan.

Selain oseng mercon, ada juga menu lain seperti bebek, ayam, lele, burung puyuh, burung dara dan jeroan.

Penutup

Bagaimana ? Mulai tergoda untuk segera mencicipinya ?

Banyaknya pilihan kuliner Jogja dengan aneka rasa dan keunggulannya masing – masing, dijamin sanggup memuaskan dahaga Anda saat berwisata kuliner.

Ada baiknya Anda membawa kendaraan pribadi, atau menyewa motor / mobil jika ingin mencicipi aneka kuliner malam Jogja, agar lebih mudah dan leluasa.

Yuk, berburu kuliner di kota Jogja.

25 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *