Pantai Menganti Kebumen, Pesona Dibalik Perbukitan Karst

Pantai Menganti Kebumen yang mempesona
1 Shares

Pantai Menganti Kebumen tampil sebagai salah satu pesona keindahan yang sayang dilewatkan begitu saja.

Pantai ini bisa dibilang pantai baru. Pantai yang sebelumnya menjadi tempat transit para nelayan ini dibuka pada tahun 2011 lalu.

Pemandangan di sekitar pantai terlihat elok dengan perbukitan karst yang mengelilinginya. Karena itu pula Pantai Menganti dikenal dengan sebutan Hawai ala Indonesia.

Cara Menuju Pantai

Pantai Menganti beralamat di desa Karangduwur, Ayah, Kebumen.

Lokasi pantai bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena belum ada kendaraan umum yang menuju Pantai Menganti.

Ada dua jalur yang bisa dipilih, diantaranya yaitu :

  • Pertama jalur dari Petanahan – Puring – Suwuk – Menganti. Jalur pertama ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Kondisi medan memang kurang bersahabat sesekali berkelok dan menanjak, tetapi pastikan kamu akan puas begitu sampai di pantai Menganti. Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan pemandangan eksotis memanjakan.
  • Jalur kedua memiliki medan yang relatif lebih nyaman. Hanya saja rute yang perlu kamu lalui lebih panjang yakni sekitar 45 km. Yakni mulai dari pusat Gombong – Pantai Logending – Pantai Menganti Kebumen. Meski harus melewati perjalanan panjang, kamu tidak akan bosan karena sepanjang jalan ada pemandangan perbukitan hijau dan lautan cantik.

Pesona Pantai Menganti Kebumen

Pesona di sekitar pantai Menganti

Pantai Menganti dikelilingi oleh tebing yang tinggi besar. Tebing-tebing tersebut terlihat seperti menjaga hamparan pasir pantai putih di pesisir Pantai.

Karena kondisi ini pula Pantai Menganti seperti kepingan surga yang tersembunyi di balik perbukitan karst yang juga dipenuhi semak-semak.

Sejauh mata memandang kamu akan dimanjakan dengan pesona Pantai Menganti Kebumen. Lautan disana biru bening dengan deburan ombak yang pas untuk aktivitas selancar.

Pada tahun 2011 lalu objek wisata pantai di Jawa Tengah ini pun sempat menjadi tempat ajang lomba selancar nasional. Pasir putih yang terhampar luas turut menyumbang pemandangan menyenangkan dan menyejukkan mata.

Di sekitar pantai dibangun gubuk-gubuk untuk pengunjung.

Daya tarik lain dari Pantai Menganti adalah air terjun dan goa. Letak air terjun yang dimaksud sedikit jauh dari pantai. Kamu perlu berjalan beberapa waktu menuju lokasi.

Sementara goa di sana kerap dikunjungi untuk tujuan ziarah. Hal ini karena cerita masyarakat yang meyakini dulu goa tersebut digunakan sebagai tempat petilasan Maulana Malik Ibrahim.

Mercusuar di pantai Menganti Kebumen

Kamu bisa naik ke mercusuar untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Adapun mercusuar dibangun di  atas bukit.

Mercusuar yang dibangun Belanda sekitar tahun 1912 -1915 ini memiliki tinggi 20 meter. Pemandangan sekitar pantai instagramable banget.

Ada banyak spot kece untuk berfoto, salah satunya di jembatan panjang yang dibuat dari kayu. Kamu bisa berfoto di jembatan dengan latar deburan ombak yang memikat hati.

Sebelum pulang pastikan kamu belanja ikan segar hasil tangkapan nelayan ya. Para nelayan biasanya pulang melaut dan transit di Pantai Menganti Kebumen.

Nikmati pula enaknya kuliner khas di Pantai Menganti.

Fasilitas di Pantai Menganti

Meski terletak di antara perbukitan karst, bukan berarti fasilitas di sekitar pantai minim. Malah kamu akan dimanjakan dengan fasilitas lengkap yang akan membuat liburan terasa makin mantap.

Beberapa fasilitas yang bisa ditemui diantaranya :

  • Penginapan dengan harga terjangkau. Tersedia beberapa jenis penginapan dengan variasi harga yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  • Area luas untuk menikmati pesona alam secara bebas. Kamu juga bisa berkemah dengan teman-teman di area tersebut.
  • Warung makan dengan menu nikmat harga ekonomis. Ada banyak menu yang bisa dipilih sesuai selera.

Untuk liburan ke Pantai Menganti tidak dibutuhkan biaya mahal, karena harga tiket masuk ke Pantai Menganti pun relatif terjangkau. Hanya butuh biaya kurang dari 10 ribu rupiah untuk parkir kendaraan.

Pemandangan dari atas pantai Menganti

Sudah tidak sabar liburan ke Pantai Menganti ? Keindahan dan lengkapnya fasilitas di Pantai ini tentu menjadi alasan kuat mengapa pantai ini layak kamu kunjungi.

Selain pantai Karang Pandan di Cilacap, obyek wisata pantai ini pun termasuk salah satu yang populer di Jawa Tengah khususnya Kebumen.

Wajar jika di musim liburan kini mulai banyak wisatawan datang berkunjung ke Pantai Menganti Kebumen.

1 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *