Pantai Karang Pandan Cilacap dan Keangkeran Nusakambangan

Wisata pantai Karang Pandan Cilacap

Pantai Karang Pandan Cilacap atau yang juga dikenal sebagai Pantai Karang Bolong adalah destinasi wisata favorit di Cilacap.

Pantai ini memiliki pasir putih cantik dengan lautan hijau kebiruan. Pantai ini sendiri berada di kawasan Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Akses Menuju Pantai

Mengingat lokasinya di kepulauan, maka untuk sampai ke pantai kamu harus melakukan penyeberangan. Pertama-tama kamu bisa menyeberang naik perahu dari Teluk Penyu ke Nusakambangan.

Penyeberangan tidak memakan banyak waktu, hanya sekitar 5 sampai 10 menit saja. Akan tetapi, itu tergantung dengan kondisi ombak dan kecepatan perahu yang kamu naiki.

Adapun untuk biaya penyeberangan menggunakan perahu relatif terjangkau.

Rerimbunan di tepi pantai Karang Pandan

Setibanya di Nusakambangan kamu bisa memilih 2 cara menuju pantai. Yakni berjalan kaki kurang lebih 30 menit atau naik odong-odong.

Odong-odong yang dimaksud bukanlah wahana permainan anak, melainkan kendaraan tradisional yang dikelola oleh warga setempat.

Untuk berjalan kaki menuju Pantai Karang Pandan sekiranya bukan pilihan buruk.

Meski terlihat jauh tetapi kamu akan mendapat suguhan pemandangan yang tidak biasa. Hal ini karena kamu akan melalui hutan yang masih asri, dimana banyak fauna dan flora di hutan tersebut.

Bila kamu beruntung, maka kamu bisa melihat burung, babi, kera, ular, macan kumbang, dan harimau. Ada juga tumbuhan anggrek hutan ukuran besar yang tumbuh di sepanjang jalur.

Setiap pengunjung yang datang dan ingin memasuki hutan diharapkan melapor ke pos penjaga.

Pemandangan Menggoda Pantai Karang Pandan Cilacap

Benteng Karang Bolong Cilacap

Di dalam perjalanan menuju Pantai Karang Pandan kamu akan disuguhi pemandangan menarik. Salah satunya Benteng karang Bolong yang berjarak 1 km dari tempat berlabuh perahu.

Saat melihat benteng ini mungkin kamu akan merasakan sensasi merinding. Benteng tersebut memang benteng tua yang sudah berumur ratusan tahun.

Wajar jika benteng itu memiliki kesan mistis dan angker.

Benteng di sana merupakan peninggalan sejarah. Di lorong benteng pertama kamu akan mendapati jalur yang bercabang. Jalur ke kiri akan membawamu ke benteng-benteng bersejarah.

Sedangkan jalur ke kanan langsung menuju ke pantai.

Kamu bisa memilih berkunjung ke pantai dulu atau ke benteng lebih dulu. Tentu sayang jika tidak sekalian mampir ke benteng, dimana kamu bisa melihat barak pasukan, gudang senjata, ruang apel, ruang rapat, dan lainnya.

Setibanya di lokasi pantai, apa yang kamu rasakan akan berbeda 180 derajat dari kesan angker tadi.

Pantai berpasir putih Karang Pandan Cilacap termasuk pantai perawan.

Hal ini karena belum banyak wisatawan datang ke pantai. Daya tarik pemandangan di sana sudah tidak diragukan lagi.

Pastinya kamu akan langsung tersihir di pandangan pertama. Pantai membentang sepanjang 150 meter yang tampil dengan perpaduan hutan, pasir putih, dan pecahan terumbu karang.

Pasir pantai putih membentang luas, membangun kesan hangat, nyaman, asri dan sekaligus sejuk. Hal ini dikarenakan pantai dikelilingi tumbuhan hijau yang tumbuh subur.

Ada pula pepohonan yang tumbuh tinggi menambah kesan alami di sekitar pantai.

Salah satu daya tarik lain pantai perawan di Jawa Tengah ini adalah aliran air tawar jernih yang turun dari atas bukit menuju pantai. Aliran tersebut bisa kamu temui di tebing sebelah selatan.

Fasilitas di Pantai Karang Pandan

Sunset di pantai Karang Pandan Cilacap

Sejumlah fasilitas disediakan agar setiap pengunjung merasa betah, demikian juga kamu. Meski demikian, pembangunan fasilitas tidak lantas merusak keasrian pantai.

Kamu tetap bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dengan nyaman dengan tersedianya fasilitas-fasilitas berikut ini :

  • Area parkir luas
  • Mushola bersih
  • Kamar mandi dan toilet
  • Penginapan dengan fasilitas memadai

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan di pantai. Mulai dari bermain air laut, bermain pasir pantai, hingga membakar ikan.

Menikmati ikan bakar dengan pemandangan laut tentu menjadi pengalaman baru bukan ? Pengalaman tersebut akan lebih berkesan jika dilewati bersama orang-orang tersayang.

Baca juga : Pesona Pantai Widarapayung di Jawa Tengah

Meski letaknya berada di kepulauan, kamu tetap mendapat akses mudah jaringan telepon. Malah kamu bisa mendapat sinyal 4G di sekitar pantai, sehingga bisa langsung mengunggah foto yang diambil di pantai.

Agar keindahan pantai Karang Pandan Cilacap tetap terjaga, pastikan untuk membawa pulang sampah yang kamu bawa. Dengan demikian pengunjung yang lain juga dapat menikmati indahnya pesona alam pantai perawan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *