Pantai Widarapayung Cilacap Wajib Masuk Daftar Kunjunganmu

Wisata pantai Widarapayung Cilacap

Bagi kamu yang belum pernah berlibur ke sini atau belum pernah mendengar nama pantai Widarapayung Cilacap, lokasinya berada di Desa Widarapayung, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai ini menawarkan pesona keindahan, cocok bagi kamu yang ingin berselancar di sini. Ombak pantainya terbilang layak untuk berselancar dan memiliki standart internasional.

Jika masih bingung letak pantai ini sebaiknya search di google saja.

Keunikan Pantai Widarapayung Cilacap

Apabila kamu lagi jalan-jalan ke Binangun Cilacap wajib mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai ini terkenal dengan kebersihannya dan panorama pantai yang cukup indah dipandangan mata.

Selain itu penduduk lokal juga terbilang ramah kepada para wisatawan.

Terdapat jajaran pepohonan kelapa dan tanaman hijau di pantai ini yang membuat pantai menjadi lebih sejuk dan indah.

Setiap bulan Sura, para penduduk lokal mengadakan ritual upacara adat tradisional atau dikenal dengan upacara adat sedekah bumi.

Bulan Suro merupakan sebutan nama bulan bagi kalangan orang Jawa, namun dalam kalender Islam dikenal dengan bulan Muharram. Bulan ini dianggap sakral atau keramat makanya sering diadakan upacara adat.

Upacara ini diadakan sebagai rasa ucapan terima kasih terhadap Tuhan dan meminta doa agar diberikan keberkahan atas limpahan rezeki yang berupa ikan-ikan yang di dapat dari laut.

Apabila kamu mengunjungi pantai ini pada bulan Suro, maka kamu akan melihat ritual adat tersebut.

Setelah tsunami pada Juli 2006 lalu, pantai ini menjadi sangat fenomenal sampai banyak yang mengabadikannya dalam sebuah video maupun film, dan juga masuk berita.

Asal usul yang masih misteri dan terkenal dengan sejarah mitosnya membuat para wisatawan ramai mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Pantai Widarapayung

Para pengunjung yang masuk ke Pantai Widarapayung Cilacap akan dikenai biaya Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per orang. Terdapat 3 pintu masuk untuk menuju ke tempat ini, maka harga yang diterapkan menjadi berbeda-beda.

Wisatawan yang membawa motor ataupun mobil dapat memarkirkan kendaraannya ke dalam tanpa dipungut biaya.

Fasilitas dan Akomodasi

Arus air laut di pantai ini sangat kuat dan juga memiliki ombak besar sehingga di tempat ini tidak terlalu banyak fasilitas yang disediakan. Untuk tour di pantai ini tersedia perahu, dan dikenai biaya sekitar Rp. 10.000 per orang.

Kamu juga bisa ikut menyaksikan pertandingan voli pantai, atau mengajak anak-anak berkeliling dengan kuda, atau pun menyaksikan riuhnya anak muda yang bermain motocross.

Selain itu, terdapat juga tempat-tempat duduk untuk bersantai dengan beberapa tugu berbentuk payung yang terletak dekat dengan pintu masuk utama Widarapayung.

Adapun fasilitas dan pelayanannya berupa :

  • Area Parkir Kendaraan
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Restoran
  • Kolam renang
  • Penginapan

Makanan Khas dan Oleh-oleh

Ada beberapa makanan khas yang tidak ditemukan di daerah lain, bisa kamu temukan di tempat wisata pantai Jawa tengah ini, antara lain :

  • Pempek Yutuk, yutuk merupakan nama binatang yang hanya ditemukan di pantai selatan saja, dan dibuat menjadi rempeyek yutuk. Rasanya juga nikmat dan gurih tentu saja akan membuat kamu teringat-ingat ingin mencobanya lagi.
  • Oleh-oleh berikutnya yang khas adalah kluban. Walaupun bentuknya menyerupai pecel atau urap, yang menjadikannya berbeda yaitu terletak pada bumbunya yang nikmat, gurih, dan pedas.
  • Gembus, banyak ditemukan jenis makanan ini di sepanjang pantai.

Transportasi

Senja di pantai Widarapayung

Untuk wisatawan asal kota Cilacap yang ingin berkunjung ke sini tentu saja sudah tidak bingung lagi. Namun, bagaimana untuk para wisatawan diluar kota Cilacap, pasti mereka akan merasa kebingungan dan takut salah jalan.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi lebih baik search di google maps mengenai panduan arah di handphone kamu.

Jika kamu berkunjung dengan menggunakan kendaraan umum tentunya tidak akan menjadi masalah besar, karena kamu bisa berhenti di terminal Desa Widarapayung.

Baca juga : Pantai di Pulau Panjang

Saran dan Tips

Perlu persiapan sebelum berkunjung ke pantai ini, persiapkanlah beberapa kebutuhan yang kamu perlukan. Bawalah beberapa barang tambahan berupa kamera bagi yang ingin berfoto-foto dengan teman dan keluarga.

Perlengkapan kesehatan juga perlu dibawa untuk jaga-jaga seperti antiseptik, tisu basah, sabun dan sebagainya.

Supaya liburanmu di pantai Widarapayung Cilacap menyenangkan, pastikan kondisi fisik sehat supaya liburan kamu berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *