8 Wisata Kuliner Solo Ini Mampu Menggoyang Lidah Anda

Wisata Kuliner Solo terbaik
10 Shares

Solo merupakan kota kecil di Jawa Tengah yang menjadi destinasi wisata favorit pelancong dari mana saja. Solo terkenal dengan wisata budaya dan wisata alam yang mempesona. Selain itu, berwisata ke Solo tidak akan komplit tanpa menjelajahi aneka wisata kuliner Solo.

Wisata kuliner di Solo tidak pernah ada matinya.

Wisatawan bisa menemukan berbagai macam jenis makanan yang tersebar di seluruh penjuru kota selama 24 jam dengan mudah.

Selain harganya terjangkau, kuliner khas Solo juga memiliki cita rasa yang mampu menggoyang lidah Anda.

Mau tahu kuliner Solo yang paling di rekomendasikan ? Simak ulasan berikut ini.

1. Serabi Notosuman

Kuliner serabi Notosuman Solo

Tak cuma kuliner Semarang yang memiliki aneka makanan khas, Serabi Notosuman merupakan jajanan khas Solo yang paling di rekomendasikan.

Ketika Anda sedang liburan ke Jawa Tengah khususnya Solo, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner enak yang satu ini.

Serabi Notosuman yang sudah berdiri sejak tahun 1923 berlokasi di Jalan Mohammad Yamin nomor 28. Menu utamanya adalah serabi, yang merupakan makanan dari tepung beras dan santan yang dimasak di atas wajan kecil dan tungku kecil.

Ada dua varian rasa Serabi Notosuman, yaitu serabi polos dan serabi cokelat.

Harga satu porsi serabi polos adalah Rp 20.000,- dengan isi 10 buah serabi. Sedangkan, harga satu porsi serabi cokelat dengan isi 10 buah adalah Rp 25.000,-.

2. Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Pecel merupakan salah satu makanan yang menjadi ikon wisata kuliner Solo.

Ada banyak warung penjual pecel yang tersebar di Solo, tetapi warung pecel dengan rasa yang paling nikmat adalah Warung Sambal Tumpang Pecel Bu Kis.

Warung pecel enak ini berlokasi di belakang Pengadilan Negeri Solo dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Warung yang beroperasi sejak jam 7 pagi sampai dengan jam 2 siang ini memiliki satu menu andalan, yaitu sambal tumpang.

Sambal tumpang memiliki cita rasa yang memadukan pedas, manis, dan gurih.

Sambal tumpang paling cocok untuk disantap bersama nasi hangat dan diberi lauk pendamping seperti kecambah, bayam, tahu goreng, tempe goreng, dan krecek.

3. Wisata Kuliner Solo : Soto Gading

Soto merupakan makanan yang bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Namun, setiap daerah memiliki cita rasa dan tampilan soto yang berbeda – beda, salah satunya Solo.

Di Solo ada soto yang paling terkenal yaitu Soto Gading.

Soto Gading menjadi tempat wisata kuliner Solo yang selalu ramai dikunjungi. Bahkan, tempat ini sering dikunjungi oleh pejabat.

Soto Gading khas Solo

Menu yang disajikan di Soto Gading adalah soto khas Solo yang terdiri dari nasi putih, ayam suwir, mi soun, dan kuah bening yang kaya bumbu rempah – rempah.

Soto Gading khas Solo semakin nikmat dengan perasan jeruk nipis dan lauk pendamping seperti sosis, jeroan sapi, sate telur puyuh, perkedel kentang, dan gorengan.

Jika ingin merasakan kenikmatan soto khas Solo, datang saja ke Soto Gading yang berada di Jalan Brigadir Sudiarto nomor 75, yang masih berada di kompleks Pasar Kliwon.

4. Warung Tengkleng Bu Edi

Tengkleng merupakan masakan khas Solo yang unik. Makanan yang satu ini terbuat dari tulang belulang dan jeroan kambing yang dimasak dengan bumbu pedas.

Namun, makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan segar.

Tengkleng yang paling direkomendasikan di Solo adalah Warung Tengkleng Bu Edi yang berada di Pasar Klewer, tepatnya di sebelah utara gapura pasar tersebut.

Selain menyediakan tengkleng, tempat wisata kuliner Solo yang satu ini menyediakan lauk pendamping seperti sate usus, sate krecek, dan sate telur puyuh.

Warung Tengkleng Bu Edi selalu diserbu oleh pembeli, tidak heran jika jam 2 siang warung ini sudah tutup.

5. Tahok Pak Citro

Tahok merupakan jajanan khas Solo yang memadukan cita rasa makanan khas China dengan makanan lokal.

Tahok memiliki tampilan yang tidak berbeda jauh dengan tahu, yaitu bertekstur lembut dan berwarna putih.

Tahok Pak Citro yang ada di Pasar Gede menyajikan menu utama yaitu tahok yang dipadu dengan kuah gula aren dan rempah – rempah. Tidak heran jika Tahok merupakan makanan yang paling cocok disantap saat cuaca dingin.

Selain menghangatkan tubuh, wisata kuliner Solo yang satu ini memiliki harga yang murah, yaitu Rp 4.000,- untuk setiap porsi.

Tahok Pak Citro beroperasi dari jam 6 pagi sampai dengan jam 4 sore dan setiap harinya hanya menyediakan 100 porsi tahok.

6. Sate Kere Yu Rebi

Warung sate kere Yu Rebi menawarkan menu andalan yaitu sate kere.

Dalam bahasa Indonesia, kere diartikan sebagai miskin. Sehingga, sate ini tidak terbuat dari daging, melainkan bahan – bahan lain yang harganya lebih murah.

Sate kere yang dijual di warung Yu Rebi terbuat dari jeroan sapi dan tempe gembus.

Sate tersebut dibakar di atas arang sampai matang. Kemudian, sate kere disantap dengan lontong dan sambal kacang.

Satu porsi sate kere buatan Yu Rebi dihargai Rp 10.000,-.

Tempat wisata kuliner Solo yang satu ini berlokasi di Galabo, tepatnya di belakang Stadion Sriwedari Solo dan beroperasi sejak jam 10 pagi sampai dengan jam 9 malam.

7. Pecel Ndeso Solo

Pecel Ndeso Solo merupakan tempat wisata kuliner Solo yang unik. Pecel yang disajikan di tempat ini tidak terbuat dari nasi putih, melainkan nasi dari beras merah.

Nasi merah tersebut dicampur dengan berbagai macam sayur, seperti kacang panjang, jantung pisang, kenikir, daun Lamtoro, dan bunga Turi.

Pecel Ndeso Solo

Keunikan dari Pecel Ndeso Solo adalah sambal yang digunakan bukanlah sambal kacang, melainkan sambal wijen berwarna hitam dan putih.

Nasi pecel ini disantap dengan lauk pendamping seperti sosis Solo, telur dadar, belut goreng, dan bongkol.

Lokasi dari warung Pecel Ndeso Solo berada di Jalan Dr. Supomo nomor 55 atau di kompleks Pasar Mbeling.

8. Harjo Bestik

Harjo Bestik merupakan kuliner enak di Solo yang juga sering di rekomendasikan.

Harjo Bestik menyajikan aneka olahan bistik dengan cita rasa yang lezat, seperti bistik lidah sapi, bistik telur, bistik campur, dan masih banyak lagi.

Menu andalan dari Harjo Bestik adalah bistik lidah.

Bistik yang satu ini terbuat dari potongan lidah sapi yang dicampur dengan acar mentimun, selada, kendang, tomat, wortel, dan saus mayonaise.

Menu lain yang menjadi favorit pengunjung adalah elek – elekan.

Makanan yang satu ini terbuat dari pangkal lidah sapi yang digoreng sampai kering. Kemudian, elek – elekan disantap bersama nasi hangat dan sambal kecap.

Jika tertarik mencoba aneka bistik enak, datang saja ke Harjo Bestik di Jalan Veteran Nomor 140, Gemblengan.

Penutup

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak tempat wisata kuliner Solo yang siap menggoyang lidah, terutama di kawasan Galabo yang menjadi pusat berbagai macam makanan khas kota Solo.

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa Solo adalah salah satu tujuan favorit selain Bandung jika ingin berwisata kuliner.

Keragaman menu makanan yang tersedia, berpadu dengan suasana kota Solo yang tenang menyenangkan siapapun yang datang berkunjung.

Jadi tunggu apa lagi, segera persiapkan rencana liburan Anda bersama keluarga untuk menjelajahi banyak tempat makan enak di Solo.

10 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *