Spot Terbaik Melihat Sunrise & Berburu Lumba-Lumba di Pantai Lovina Bali

Kawasan wisata pantai Lovina Bali cukup terkenal di Pulau Dewata dikarenakan memiliki ciri khas yang terbilang unik.

Jika pada umumnya pantai memiliki pasir berwarna cokelat terang, hal sebaliknya justru akan kamu temukan pada pantai Lovina di Bali yang memiliki pasir berwarna cenderung lebih gelap, bahkan hitam.

Itulah mengapa banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini sekedar untuk membuktikan kebenaran dari hal tersebut.

Keindahan pantai Lovina tidak hanya terletak pada warna pasirnya yang lebih pekat, namun juga riak laut yang tenang serta atraksi lumba–lumba yang mencuri perhatian banyak orang.

Tak heran jika banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Apakah kamu termasuk salah satunya ?

Apa Yang Bisa Dilakukan Disini ?

Bali memang surganya wisata laut. Ada banyak sekali lokasi yang terkenal menawarkan keindahannya seperti pantai Padang-Padang, Nusa Dua Bali, dan juga pantai Lovina salah satunya.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat sedang berplesir ke tempat yang dikenal dengan julukan pantai Lumba–Lumba ini. Berikut ini beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan di pantai Lovina.

1. Melihat Cantiknya Lumba–Lumba

Lumba-lumba di pantai Lovina Bali
Lumba-lumba Lovina by Ksmtour.com

Menyaksikan keindahan dan kelincahan lumba–lumba melompat kesana kemari adalah hal yang sangat menyenangkan.

Apalagi, kamu juga bisa menyaksikan kemolekan hewan tersebut dari jarak yang cukup dekat dengan berlayar menuju ke tengah perairan menggunakan perahu nelayan.

Perahu yang hanya mampu menampung maksimal 4–5 orang tersebut dapat di sewa dengan harga sekitar Rp. 50.000 – Rp. 200.000 per orang.

Nantinya kamu dan keluarga tercinta akan di bawa menuju ke area tengah laut untuk dapat menyaksikan secara langsung bagaimana hewan pintar tersebut saling berlomba melompat ke udara.

Waktu yang direkomendasikan untuk menyaksikan lumba–lumba adalah pada musim kemarau atau pada bulan April hingga Oktober. Lebih detil, hewan mamalia tersebut biasanya akan muncul pada pagi hari sekitar pukul 6 hingga pukul 9 setiap harinya.

2. Menikmati Panorama Sunrise dari Pesisir Pantai

Sunrise pantai Lovina Bali
Sunrise Lovina by IG @ekasadkar

Sebagai salah satu spot sunrise terbaik saat liburan di Bali, pantai Lovina akan menawarkan pemandangan sunrise cantik mempesona yang dapat membuat kamu terkesima.

Oleh karena itu, sebelum kamu pergi berlayar ke tengah laut sebaiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk bersantai di sekitar bibir pantai untuk menikmati indahnya sunrise.

Jika sedang beruntung, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk melihat lumba–lumba yang muncul ke permukaan air selagi matahari berjalan naik dari ufuk timur.

Selain merekamnya dalam ingatan, kamu juga bisa memotret keindahan alam tersebut menggunakan kamera ponsel untuk dibagikan melalui jejaring sosial.

3. Melihat Lebih Dekat Biota Laut

Tidak hanya menampilkan atraksi lumba–lumba yang atraktif, pantai Lovina juga akan menampilkan keindahan kehidupan bawah laut kepada kamu yang gemar melakukan diving dan snorkeling.

Terdapat banyak terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias di dasar laut yang bisa kamu jumpai ketika sedang melakukan diving atau snorkeling. Pemandangan juga akan tampak lebih jelas ketika kamu melakukan aktivitas tersebut di saat langit masih cerah.

4. Menikmati Kekayaan Laut Yang Bisa di Bawa Pulang

Selain melihat kehidupan bawah laut, kamu juga diperbolehkan untuk melakukan kegiatan menyenangkan lainnya, yakni memancing.

Objek wisata pantai Lovina Bali memiliki potensi ikan karang yang besar. Diantara ikan karang tersebut yang dapat dengan mudah kamu temukan di perairan pantai Lovina ialah ikan kerapu merah, kerapu mutiara, kakap merah atau snaper, badur, pogot dan lain sebagainya.

Hampir semua ikan yang hidup di perairan ini memiliki ukuran yang cukup besar, dimana beratnya bisa mencapai hingga 3 kilogram.

Tertarik mencobanya ? Jangan lupa siapkan alat–alat memancing yang kamu butuhkan agar kegiatan memancing menjadi lebih seru.

5. Refreshing Sambil Bersantai di Pinggir Pantai

Bersantai di tepi pantai Lovina
Santai di tepi pantai by Tripadvisor.com

Jika kamu tidak pandai berenang atau tidak suka berlayar, maka berjemur adalah pilihan tepat. Kamu bisa menggelar tikar di atas pasir hitam untuk sekedar berjemur atau berpiknik bersama keluarga.

Selain sightseeing, pesisir pantai juga biasanya digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat untuk menunggu momen matahari terbit.

Di sepanjang pesisir, kamu akan melihat banyak warung makan yang menyediakan berbagai macam masakan dan minuman khusus untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga.

Jika momennya tepat, kamu juga bisa melihat pertunjukkan musik yang biasanya digelar pada malam hari di berbagai tempat makan atau kedai yang berada tidak jauh dari pantai.

Selain dapat membuat kamu betah berlama–lama disana, pertunjukkan musik juga dapat membuat suasana di sekitar pantai menjadi lebih meriah.

Namun, kamu perlu memperhatikan hembusan angin di pinggir pantai yang cukup kuat saat malam hari. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengenakan pakaian yang hangat ya.

Akses Lokasi Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina berjarak sekitar 95 km dari bandara Ngurah Rai Bali dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama 3,5 hingga 4 jam lamanya.

Tidak ada biaya tiket masuk yang perlu kamu bayar ketika memasuki area pantai Lovina, namun bagi kamu pengguna kendaraan roda empat akan dikenai biaya parkir sebesar kurang lebih Rp. 5.000.

Sementara jika kamu ingin menyewa perahu untuk mengeskplore lebih jauh keindahan laut yang berada di sekitar objek pantai Lovina Bali, maka kamu perlu membayar biaya sewa.

Harga sewanya per 2 jam perjalanan sebesar Rp. 50.000 untuk anak–anak dan Rp. 200.000 untuk orang dewasa. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang lebih karena harga dapat berubah sewaktu–waktu.

Mau Berkomentar ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.