Sebelum Menyeberang ke Sempu, Yuk Nikmati Dulu Pantai Sendang Biru Malang

Menjelajah Malang Selatan maka kamu akan banyak mendapatkan informasi mengenai pantai-pantai yang indah, instagrammable, pasir putih air bening, dan segala pujian yang biasanya ditujukan pada pantai hits di Indonesia.

Salah satu pantai yang wajib kamu tengok kalau main ke Malang Selatang adalah Pantai Sendang Biru Malang yang sesuai dengan namanya memiliki air laut yang biru.

Pantai Sendang Biru letaknya ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Lokasi ini tidak jauh dari objek wisata hits di Malang Selatan yaitu Pulau Sempu yang merupakan area cagar alam terkenal dengan laguna super indahnya.

Kalau kamu belum kesampaian untuk main ke Pulau Sempu bisa mengobatinya dengan main ke Sendang Biru dulu.

Cara Menuju Pantai Sendang Biru Malang

Suasana di pantai Sendang Biru Malang
Suasana di pantai

Saat sedang menjelajahi wisata Jawa Timur, kamu harus sempatkan mampir ke pantai nan cantik di Malang selatan ini.

Untuk mencapai ke pantai ini dari Kota Malang kamu bisa berangkat dengan menggunakan bus kecil dengan jurusan Turen.

Jarak dari Kota Malang ke Sendang Biru sekitar 65 km (2-3 jam perjalanan). Dari Turen kamu bisa mencari ojek motor untuk membawamu ke pantai.

Sedangkan kalau menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa berangkat dari Malang menuju ke Gadang – Turen – Sitiarjo – Sumbermanjing Wetan – Sendang Biru.

Jalan untuk menuju ke sana sudah cukup bagus karena Pantai Sendang Biru juga ramai dengan aktivitas masyarakat lokal sehingga fasilitas infrastrukturnya juga sudah cukup berkembang.

Hanya jalannya memang banyak tikungan dan kadang akan menyempit karena merupakan jalan pedesaan.

Tiket masuk untuk ke pantai dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 per orang dan pantai dibuka selama 24 jam.

Kalau kamu menginap di kawasan pantai, di malam hari kamu bisa menikmati suasana pantai yang memberikan kesan berbeda tentunya dibandingkan ketika di siang hari.

Akomodasi dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Pantai Sendang Biru menyediakan beberapa penginapan model homestay yang harganya cukup murah dan juga fasilitas yang terbilang sederhana.

Meski sederhana namun sudah cukup nyaman jika digunakan untuk istirahat, makan, dan juga bersih-bersih.

Beberapa homestay juga memiliki jasa penyewaan perlengkapan snorkeling atau diving bagi kamu yang ingin masuk ke dalam air laut.

Jadi jangan ragu untuk menghabiskan waktu bermalam di kawasan Pantai Sendang Biru karena penginapannya mudah dicari baik secara online maupun offline.

Apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pantai Sendang Biru ?

1. Menikmati Indahnya Pemandangan

Ketika main ke pantai tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dari aktivitas yang kamu lakukan.

Pantai Sendang Biru punya air laut yang bening, pasir pantai yang putih serta dikelilingi oleh bukit hijau dan juga karang-karang pemecah ombak sehingga di bagian bibir pantainya tidak memiliki ombak yang kencang.

Ketika masa liburan banyak anak-anak yang menceburkan dirinya ke bibir pantai yang dangkal dan tenang.

Baca juga : Pantai Papuma Jember.

2. Menyewa Perahu Nelayan

Perahu nelayan di pantai Sendang Biru
Perahu nelayan

Masyarakat lokal di sekitar Pantai Sendang Biru adalah masyarakat nelayan yang menggunakan perahu tradisional untuk menangkap ikan.

Perahu-perahu kayu dengan warna-warni yang bervariasi ini banyak diparkir di pinggir pantai yang bisa jadi spot foto menarik untuk kenanganmu di sini.

Selain digunakan untuk menangkap ikan, perahu ini juga disewakan kepada wisatawan yang ingin berkeliling pantai bahkan bisa sampai keliling Pulau Sempu ( masuk ke Sempu membutuhkan ijin khusus dari petugas ).

Perahu dayung bisa disewa dengan harga Rp. 50.000-75.000 sedangkan untuk perahu motor harganya Rp. 100.000 – 150.000.

3. Belanja Ikan di TPI

Tempat pelelangan ikan di pantai Sendang biru
Tempat pelelangan ikan

Ikan-ikan yang didapatkan oleh nelayan akan langsung dijual di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di mana kamu bisa melihat hiruk pikuk kegiatan nelayan, penjual ikan, dan juga pembeli dengan berbagai macam ikan laut yang berhasil ditangkap.

Membeli ikan langsung di TPI bisa jauh lebih murah ketimbang kamu beli di pasar kota atau supermarket. Jadi bagi kamu yang suka dengan makanan laut bisa berburu ikan segar di tempat ini.

4. Meramaikan Pesta Adat Petik Laut

Masyarakat lokal Pantai Sendang Biru punya cara yang unik untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan YME, yakni dengan mengadakan pesta adat Petik Laut.

Pada bulan Syawal, selama satu minggu akan ada pesta rakyat yang diwarnai dengan pesta adat dan juga pertunjukan musik lokal dan juga pentas wayang yang membuat suasana pantai jadi lebih meriah.

Warga setempat juga akan membuat tumpeng besar dengan makanan laut yang kemudian akan dilayarkan dengan menggunakan perahu sebagai bentuk persembahan dan rasa syukur kepada Tuhan.

5. Sebagai Pintu Masuk ke Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru adalah satu-satunya akses jalan masuk bagi kamu yang ingin masuk ke Pulau Sempu.

Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah sehingga tidak boleh dimasuki secara sembarangan.

Kalau kamu ingin menyeberang ke Pulau Sempu, urus dulu izinnya di Kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang letaknya tidak jauh dari taman parkir kendaraan Pantai Sendang Biru.

Camping di pulau Sempu
Berkemah di Sempu

Kalau sudah dapat ijin, kamu bisa menyeberang dengan menyewa perahu yang harga sewanya biasanya Rp. 100.000. Satu perahu bisa dinaiki hingga 12 orang dan harga sewanya sudah termasuk layanan antar jemput.

Sampai di Pulau Sempu, Kamu bisa langsung menuju ke Laguna Segara Anakan yang merupakan objek utama di pulau ini.

Kamu pun bisa melakukan kemah di sini namun harap diperhatikan agar tidak merusak lingkungan dan bertanggung jawab dengan sampah sendiri ya. Tunggu apalagi ? Yuk jelajah Malang selatan.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.