Menengok Beragam Jenis Koleksi Museum Geologi Bandung

Bandung merupakan salah satu kota dengan wisata sejarahnya yang cukup banyak. Koleksi Museum Geologi Bandung menjadi salah satu tempat menarik dengan sejarah yang cukup menarik di dalamnya.

Tak hanya menawarkan wisata alam yang menarik dan beberapa wisata terbaru yang memiliki keunikan sangat khas, akan tetapi tempat wisata yang satu ini juga menyuguhkan wisata sejarahnya yang sangat menarik untuk di ulas.

Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dengan Museum Geologi Bandung yang satu ini. Ya, museum bersejarah yang menjadi salah satu kejayaan kota Bandung di masa lampau ini dibangun pada tanggal 16 Mei 1928.

Dan tahukah Anda, bahwa Museum Geologi Bandung merupakan satu-satunya Museum Geologi yang ada di Indonesia. Sangat menarik bukan ?

Museum yang dirawat serta dilindungi oleh pemerintah ini pernah di renovasi dengan menggunakan dana bantuan dari Jepang sehingga hal tersebut membuatnya dapat berdiri kokoh hingga saat ini.

Setelah melakukan renovasi, Museum Geologi Bandung kemudian dibuka kembali pada tanggal 23 Agustus 2000 oleh Megawati Soekarno Putri. Museum yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah tempat wisata edukasi terbaik.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan terutama dari kalangan pelajar yang mengunjungi tempat wisata yang satu ini untuk study tour.

Mungkin sebagian dari Anda sudah jarang mengunjungi museum. Namun perlu Anda ketahui, para wisatawan Mancanegara sangat tertarik dengan keberadaan museum-museum yang ada di Indonesia.

Mereka cenderung ingin tau kebudayaan dan sejarah bangsa yang besar ini di masa lalu. Ada yang hanya sekedar untuk pengetahuan, tak sedikit pula yang digunakan untuk keperluan belajar.

Di dalam Museum Geologi Bandung Anda dapat melihat berbagai macam koleksi seperti fosil, bebatuan dan mineral.

Tak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah mempelajari beberapa hal yang berhubungan dengan bencana alam, pemanfaatan sumber daya dengan cara yang benar, cara mengolah energi, dan masih banyak yang lainnya.

Pada saat Anda melihat isi Museum Geologi Bandung, Anda akan melihat sebuah gedung dengan arsitektur yang sama seperti gedung pada umumnya. Namun, ketika Anda sudah masuk ke dalamnya, Anda bisa melihat banyak sekali koleksi menarik dari museum bersejarah yang satu ini.

Museum Geologi Bandung tersebut dibagi menjadi dua lantai, dimana setiap lantai dari museum tersebut memiliki koleksi yang berbeda. Lalu, ada apa sajakah koleksi menarik yang bisa Anda temukan di masing-masing lantai ? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Lantai 1 Museum Geologi Bandung

Ketika Anda memasuki lantai satu dari gedung ini Anda akan melihat tiga ruangan yang berbeda, yakni ruang tengah timur dan juga barat.

Di ruang tengah Anda bisa menemukan beberapa koleksi seperti animasi kegiatan museum dan kegiatan geologi yang tersaji di layar lebar, pelayanan penelitian dan pendidikan serta pelayanan informasi museum.

Sementara itu, di ruang sebelah timur Anda akan menemukan sejarah perkembangan serta pertumbuhan makhluk hidup, fosil dinasaurus Tyrannosaurus Rex Osborn, kumpulan tengkorak manusia purba, fosil ikan dan ular, artefak  dan masih banyak yang lainnya.

Di ruang sebelah barat, Anda akan menemukan sistem tata surya, hipotesis terjadinya bumi, sejarah evolusi manusia, keadaan geologi Indonesia, fosil manusia purba, berbagai jenis batuan, pemetaan sumber daya mineral, pertunjukan keadaan gunung berapi aktif di Indonesia dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : Pendakian Puncak Manglayang

Lantai 2 Museum Geologi Bandung

sama dengan lantai satu, lantai dua yang ada di museum ini juga dibagi menjadi tiga ruangan yakni ruang tengah, barat dan timur.

Dimana ruang tengah diisi dengan miniatur pengeboran gas bumi dan minyak bumi, bebatuan asli Papua dan maket tambang emas paling besar di dunia yang terletak di Irian Jaya.

Sementara itu, pada bagian timur Anda akan menemui informasi tentang manfaat dan kegunaan batu mineral, gambar peyebaran sumber daya mineral, cara mengolah mineral dan yang lainnya. Untuk ruang barat dari Museum Geologi Bandung adalah ruang para staf.

Jika Anda berminat untuk melihat beragam koleksi Museum Geologi Bandung, Anda bisa mengunjunginya di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung.

Untuk menjangkau lokasi dari tempat wisata sejarah yang satu ini sangatlah mudah karena terletak di tengah-tengah kota.

Harga tiket yang ditawarkan, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk pelajar, Rp. 3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing, sangat murah bukan ?

Mau Berkomentar ?