Lagi Liburan ke Balikpapan ? Jangan Lupa Beli 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Ini

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Balikpapan, tak ada salahnya meluangkan waktu sejenak membaca tulisan ini. Ibukota Kalimantan timur ini punya banyak produk yang menarik dijadikan kenang-kenangan.

Biar ngga bingung, saya telah merangkum sederet rekomendasinya buat Anda. Berikut ini oleh-oleh Balikpapan Kaltim yang cocok dimasukkan ke dalam daftar belanja. Yuk dicatat !

Oleh-Oleh Khas Balikpapan

1. Peyek Kepiting Kampoeng Timoer

Peyek Kepiting Kampoeng Timoer
By Shopee

Hari pertama berburu oleh-oleh, Anda bisa menjadikan Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara sebagai spot pertama buat dijelajahi. Di sepanjang jalan tersebut ada banyak kios yang menjajakan aneka penganan dan souvenir khas Kota Minyak, salah satunya ialah Kampoeng Timoer.

Kampoeng Timoer merupakan salah satu sentra oleh-oleh yang banyak direkomendasikan oleh warganet. Salah satu produk unggulannya ialah Peyek Kepiting. Terdapat dua varian Peyek Kepiting yang menjadi favorit, yakni Peyek Kepiting Lada Hitam dan Peyek Kepiting Original.

Meski demikian, Kampoeng Timoer juga menyediakan varian lain yang diberi tajuk Peyek Kepiting Pedas. Semuanya tersedia dalam 2 macam kemasan, yakni kemasan ukuran 40 gram dan 85 gram. Anda mau pilih yang mana ?

2. Roti Mantau

Roti Mantau goreng rasa sapi lada hitam
By Pondokmantau.com

Roti span ala Tionghoa ini merupakan kudapan yang cukup populer di Balikpapan. Bentuknya mirip bakpao, hanya saja tanpa isian. Tapi saat ini, Mantau mulai dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan. Ada yang dipadukan dengan rendang, daging kepiting, cokelat, keju, dll.

Beberapa kedai bahkan memproduksi Mantau Rainbow, yakni Mantau yang diberi warna mirip pelangi. Salah satunya ialah Mantau Fya. Toko ini menyajikan berbagai varian Mantau yang cocok buat dijadikan oleh-oleh, mulai dari Mantau Rainbow hingga Mantau isi sapi lada hitam.

3. Bingka Kentang

Makanan khas Bingka Kentang
By Sepinggan-airport.com

Bagi warga Banua, Bingka bukanlah penganan yang asing. Pun bagi Anda yang sudah sering bolak-balik terbang dari kota asal ke Kalimantan, Bingka merupakan jajanan yang kerap dipilih saat nongkrong bersama keluarga dan teman. Namun, di setiap daerah Bingka di olah dengan cara yang berbeda-beda, ada yang menggunakan kentang, tepung terigu dan tepung beras.

Di Balikpapan, bahan yang biasa digunakan untuk membuat Bingka ialah kentang. Dibubuhi daun pandan, Bingka ini jadi terasa lebih sedap. Cocok deh buat dijadikan rekomendasi oleh-oleh Balikpapan !

4. Abon Kepiting

Makanan khas Abon Kepiting
By Adira.co.id

Selain Bingka, ada Abon Kepiting yang bisa dijadikan oleh-oleh. Abon ini memiliki rasa yang gurih sehingga nikmat bila disantap menggunakan nasi putih. Banyaknya merk Abon Kepiting di pasaran mungkin membingungkan. Tenang, Anda bisa memilih pionirnya, yakni Bontings.

Bontings merupakan merk Abon Kepiting yang cukup terkenal di Balikpapan. Kelebihannya terletak pada tekstur abon yang halus dan menampilkan warna cokelat pucat. Hal ini sedikit berbeda dari merk lain yang menawarkan suwiran abon lebih tebal dan warna cenderung lebih pekat. Jika tertarik membeli Bontings, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 25 ribu.

5. Mie Desa

Mie Desa khas Balikpapan
By Infoiklanbalikpapan.blogspot.com

Tak kalah dari mie instan yang biasa Anda kenal, produk lokal yang sudah berlabuh hingga ke Bali dan Malaysia ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, bayam, ubi ungu, buah naga, sawi, wortel, hingga buah bit. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang pipih, lurus, keriting, udon, dan ramen. Soal rasa, lebih baik dicoba sendiri deh !

6. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-onde ubi ungu khas Balikpapan
By Idntimes.com

Jika biasanya onde-onde dibuat dari tepung ketan, maka onde-onde yang satu ini dibuat dari ubi ungu. Tepatnya di Rumah Kue Brownies, Anda bisa menemukan onde-onde berwarna ungu yang memiliki ragam isian, ada isi cokelat, kacang hijau, dan keju.

Menariknya, onde-onde tersebut diberi taburan wijen hitam di hampir seluruh bagian permukaannya. Alhasil, tampilannya jadi lebih menarik dan unik. Namun, penganan ini hanya bisa bertahan selama sehari saja. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya ya.

7. Bakpia Banua

Makanan bakpia Banua khas Balikpapan
By Cari.bloggerbanua.com

Bakpia memang dikenal sebagai penganan khas Jogjakarta, tetapi tak ada salahnya bila Anda mencoba Bakpia versi lain yang diproduksi oleh warga Banua. Bakpia Kalimantan umumnya dibuat dengan ukuran besar dan kulit yang lebih renyah sehingga mudah hancur ketika di gigit.

Di Jogja sebenarnya juga ada Bakpia dengan tekstur renyah, namun Bakpia tersebut memiliki kulit yang agak padat. Sementara, Bakpia  Kalimantan memiliki kulit yang mudah rontok ( terkelupas ).

Penasaran dengan oleh-oleh khas Balikpapan yang satu ini ? Anda bisa datang ke Depot Cendrawasih yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 46. Disana Anda bisa berbelanja sekaligus menyantap Bakpia hangat.

8. Keripik Iron

Oleh-oleh keripik Iron
By Blog.traveloka.com

Keripik ini banyak di pilih oleh wisatawan karena cukup awet. Selain itu rasanya pun nikmat, tak kalah bila dibandingkan dengan snack buatan luar negeri. Harga yang di banderol untuk cemilan berbahan dasar singkong ini mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 35 ribu per kemasan.

9. Bolu Gulung Jenebora

Bolu gunung Jenebora yang sangat unik
By Ruangkosongkublog.wordpress.com

Bukan bolu gulung biasa, Bolu Gulung Jenebora punya cita rasa yang lezat dan penampilan menarik. Permukaanya tidak polos melainkan di hiasi oleh motif yang unik. Bahkan, seringkali menampilkan warna-warna khas pelangi seperti merah, kuning, hijau, dan sebagainya. Nama Jenebora sendiri diambil dari nama toko tempat bolu ini dijual.

Anda tertarik membelinya ? Cukup arahkan kemudi menuju Jalan Jenderal Sudirman No. 429 yang tak seberapa jauh dari pusat kota Balikpapan.

10. Brownies Batubara

Brownies batubara khas Kaltim
By Blanja.com

Kue berpenampilan unik yang satu ini diperkenalkan ke masyarakat pertama kali oleh Rumah Kue Brownies Batubara yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 9, Gunung Samarinda, kota Balikpapan.

Perbedaan antara brownies yang dijual di gerai ini dengan brownies di gerai lain terletak pada warna dan rasanya. Dimana pada Brownies Batubara warna kue lebih pekat dan memiliki rasa yang manis serta cokelat yang lumer di mulut. Anda bisa membawanya pulang dengan uang Rp. 50 ribu.

11. Sambal Buah Naga

Produk UMKM sambal buah Naga
By Inibalikpapan.com

Selain bolu, buah Naga juga bisa di olah menjadi berbagai produk makanan lezat, salah satunya ialah sambal. Sambal Buah Naga buatan Balikpapan memiliki cita rasa yang unik dengan sedikit sentuhan rasa manis dan juicy. Bahan utamanya terdiri dari buah naga yang diuleg bersama cabai, terasi, serta rempah-rempah lainnya sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

12. Cake Buah Salak

Cake buah Salak khas Kaltim
By YouTube

Di Balikpapan, Cake Salak begitu fenomenal sehingga orang-orang memburunya untuk dijadikan oleh-oleh. Cake ini terbagi dalam beberapa varian, yakni kurma madu, original, keju, almond, cokelat, dan tiramisu. Untuk membelinya, Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp. 50 ribu saja.

13. Batik Balikpapan

Corak Batik khas Balikpapan
By Batikpunyaindoneesia.blogspot.com

Selama ini Batik Balikpapan lebih sering mempresentasikan ukiran Dayak. Padahal ukiran Dayak bukan satu-satunya motif yang khas di Balikpapan. Ada beberapa motif lainnya yang tak kalah ikonik.

Bertemakan buah, motif ini terbagi ke dalam beberapa macam, yakni motif jajaran buah Mangrove, akar Mangrove, pasak bumi, buah Naga, beruang madu, anggrek hitam, penyu, dan daun ulin.

14. Batu Mulia

Batu cincin natural blue topaz
By Wahyumulia.com

Bila magnet kulkas dan gantungan kunci sudah terlalu mainstream buat Anda bawa pulang sebagai hadiah, maka Anda bisa membeli Batu Mulia. Warna yang bervariasi serta ukuran yang mungil jadi alasan mengapa cinderamata ini cocok buat dijadikan oleh-oleh.

15. Songket Balikpapan

Kain tenun songket khas Balikpapan
By Jelajahsamboja.com

Selain Batik, ternyata kota Balikpapan juga punya kain tenun Songket lho. Kain ini merupakan favorit para wisatawan. Ciri khasnya terletak pada pemilihan warna yang terang dan bahan yang lembut dipakai.

Jika ingin membelinya, Anda bisa langsung meluncur ke pasar Inpres di Kebun Sayur Balikpapan. Disana, oleh-oleh khas Balikpapan ini dijual dengan harga yang cukup bersahabat di kantong, bahkan Anda masih bisa menawarnya untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca : Oleh-oleh hits dari kota Banjarmasin.

Penutup

Gimana, sudah mulai terbayang Anda akan membeli apa ketika sedang berkunjung ke kota Balikpapan nanti ? Atau jangan-jangan Anda sudah mengincar salah satu dari rekomendasi oleh-oleh diatas ?

Beberapa jenis oleh-oleh tersebut bisa Anda temukan di internet kok, jadi Anda bisa melakukan pembelian secara online.

Ayo Berikan Ulasan Anda

Berikan penilaian Anda untuk membantu wisatawan lain yang berkunjung.