Ternyata Wajah 12 Destinasi Pantai di Kota Bengkulu Ini Cantiknya Luar Biasa

Jika Anda sedang bertandang ke daerah pantai di Bengkulu, kota berjulukan Bumi Rafflesia ini ternyata menyimpan keindahan yang sambung menyambung bak untaian permata yang tak berujung.

Pesonanya bukan isapan jempol belaka. Bila tak percaya, Anda bisa menyaksikannya secara langsung. Berikut ini beberapa pantai terindah di Bengkulu yang pesonanya luar biasa.

Wisata Pantai di Bengkulu

1. Pantai Panjang Bengkulu

Sunset di pantai Panjang Bengkulu
By Bengkulutoday.com

Lokasi pantai Panjang Bengkulu : Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu spot terbaik buat para pecandu adrenalin. Ombaknya kencang dan cocok buat olahraga air seperti flyboarding dan kite surfing. Sesuai namanya, garis pantai ini membentang panjang hingga mencapai 7 km. Perairannya bersih dari batu karang sehingga bisa jadi tempat bermain yang nyaman buat anak-anak.

Hamparan pasirnya cukup luas, tetapi tak dihiasi oleh pepohonan kelapa, melainkan oleh pepohonan Cemara dan Pinus yang menutupi hampir seluruh bagian wilayahnya. Dengan demikian, sinar matahari tak akan terasa membakar kulit. Selain itu, dimensi garis yang panjang juga mempermudah Anda dalam beraktivitas. Mau piknik bersama keluarga atau berkemah, semuanya bisa dilakukan disini. Yuk dicoba !

2. Pantai Aluran Pandan

Kesunyian pantai Aluran Pandan
By Pesona.travel

Pantai Aluran Pandan cukup terjaga kebersihannya. Bukan hanya karena dijaga oleh masyarakat sekitar, tetapi juga karena lokasinya cukup tersembunyi sehingga jarang terjamah wisatawan.

Daya tariknya terletak pada hamparan pasir nan lembut dan laut yang membiru. Bila berjalan di sekitar pesisirnya, Anda akan bertemu kawasan hutan yang masih alami dan memberi kesan asri. Aroma laut yang menenangkan juga menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

3. Pantai Linau

Surga perawan di pantai Linau
By Ayookdolan.blogspot.com

Lokasi pantai Linau : Jalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu 38963 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Linau menyuguhkan pemandangan laut biru jernih yang keindahannya ibarat lantai pualam yang terbentang luas. Biasanya, wisatawan datang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Sebab pesisirnya juga didukung oleh kondisi perairan yang bersahabat sehingga nyaman buat berbagai aktivitas.

Sementara itu, di sekitarnya ada warung makan yang berjejer rapi dan siap menyajikan hidangan, diantaranya ada menu ikan Meale dan sambal Gurita yang menjadi menu andalan di kawasan ini.

Untuk opsi menyantapnya, Anda bisa melakukannya di dalam warung ataupun di luar ruangan. Bila memilih di luar ruangan, maka Anda bisa menyantapnya sambil ditemani oleh semilir angin yang menyejukkan.

4. Pantai Sungai Suci

Keindahan pantai Sungai Suci di Bengkulu
By Tobokito.com

Lokasi pantai Sungai Suci : Ps. Pedati, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu 38121 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Sungai Suci memiliki pemandangan yang tak jauh berbeda dengan Tanah Lot di Bali. Sehingga, Anda bisa memilih untuk menikmati sunset dari bibir pantai ataupun dari atas tebing yang tinggi. Selain itu, pantai ini juga memiliki pulau kecil yang bisa dicapai dengan mudah. Hanya saja, Anda perlu menyeberang lautan terlebih dahulu.

Dihubungkan oleh dua jembatan gantung yang membentang sejauh 15 meter di atas ketinggian 10 meter, Anda akan dibuat takjub sekaligus ngeri dengan view yang ditampilkan selama menyusuri jembatan tersebut. Walau begitu, melintasinya akan memberi sensasi tersendiri lho.

Kalau ragu, Anda bisa memilih opsi lain seperti menjelajahi jalur offroad menggunakan ATV. Kegiatan ini tentu lebih aman buat Anda yang phobia ketinggian. Sembari memacu ATV, Anda juga bisa menikmati sunset yang menawan di tepi pantai. Pilih yang mana ?

5. Pantai Way Hawang

Pasir putih pantai Way Hawang
By Bengkuluinteraktif.com

Lokasi pantai Way Hawang : Way Hawang, Maje, Way Hawang, Kaur, Kabupaten Kaur, Bengkulu ( klik untuk lihat peta ).

Nama pantai ini berasal dari kata Way yang bermakna air dan Hawang yang bermakna jernih. Bukan sekedar julukan biasa, pantai Way Hawang memang memiliki air yang jernih. Pasirnya terhampar luas dengan berbagai vegetasi tumbuh di bagian atasnya. Kemudian, bila menengok ke laut lepas ada batu Jung yang menjadi ciri khas pantai ini.

Pantai di Bengkulu yang berdekatan dengan Taman Wisata Alam Way Hawang ini juga cukup strategis. Berada di tepi jalan lintas barat, pantai ini mudah di akses dari berbagai arah. Alhasil, untuk menemukannya tak perlu menguras banyak waktu dan tenaga deh.

6. Pantai Jakat

Menjelang sunset di pantai Jakat
By Berandang.com

Lokasi pantai Jakat : Klik disini.

Disini Anda bisa memuaskan mata sekaligus berburu pengalaman traveling yang menyenangkan. Hanya berjarak 1 km saja dari pusat kota Bengkulu, pantai Jakat menyajikan panorama yang mengesankan. Hamparan pasir nan luas serta debur ombak yang riuh akan jadi hal pertama yang menyambut kedatangan Anda di kawasan wisata ini.

Pantai yang secara geografis berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini juga memiliki taman bawah laut yang bertingkat-tingkat. Oleh karenanya, wisatawan sering datang untuk mengeksplore keindahan alam bawah lautnya. Bila Anda penyuka snorkeling, maka destinasi pantai Jakat bisa jadi tempat yang tepat buat Anda eksplore.

7. Pantai Laguna Ujung Lancang

Wisatawan di pantai Laguna Ujung Lancang
By Wargakaur.blogspot.com

Lokasi pantai Laguna Ujung Lancang : Klik disini.

Tak hanya menawarkan lanskap yang indah, pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet, shelter, dan area parkir yang memadai. Pesisirnya cukup luas dan nyaman buat dipijak.

Biasanya selain dijadikan tempat bersantai, pesisirnya juga dijadikan tempat berfoto. Pengunjung yang datang biasanya menghabiskan waktu dengan banyak cara, mulai dari berkeliling pantai hingga menikmati kuliner yang banyak dijajakan di sekitarnya. Anda suka yang mana ?

8. Pantai Lentera Merah

Mercusuar pantai Lentera Merah
By Sepriantonews.blogspot.com

Lokasi pantai Lentera Merah : Pulau Baai, Kp. Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu 38216 ( klik untuk lihat peta ).

Pantai Lentera Merah menyajikan pemandangan yang berbeda, dimana pesisirnya dihiasi oleh bangunan mercusuar tinggi yang berbalut warna merah. Anda yang tertarik bisa berfoto di bawah menara atau merambatinya untuk melihat panorama indah dari atas ketinggian. Nanti akan nampak jelas lautan biru membentang bersama kapal-kapal yang sibuk.

9. Pantai Pasar Bawah

Bebatuan di tepi pantai Pasar Bawah
By Sunflowords.com

Lokasi pantai Pasar Bawah : Ps. Bawah, Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu ( klik untuk lihat peta ).

Keindahan pantai yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Ombaknya tidak begitu tinggi dan pasirnya terhampar luas. Bila menjelajahinya hingga sore hari, Anda bisa menyaksikan panorama sunset yang memikat. Dengan suasana yang masih natural, pantai ini cocok buat Anda yang ingin menikmati waktu bersama alam.

Baca : Rekomendasi pantai di Anyer untuk liburan.

10. Pantai Manula

Keindahan pantai Manula Kaur
By Thescienceofluck.wordpress.com

Dibentengi oleh tebing tinggi, pantai ini menawarkan pesona yang “mahal”. Hamparan pasirnya berwarna keabuan dan berpadu dengan perairan tenang.

Bila ke sini, Anda bisa berfoto di depan gugusan batu karang yang menjulang tinggi di ujung pantai. Batu karang tersebut terpisah dari barisannya dan menyendiri di sudut perairan. Dindingnya di dominasi warna cokelat dan kehijauan di bagian atas karena dipenuhi tumbuhan.

11. Pantai Bengkenang

Kesunyian pantai Bengkenang
By Wisato.id

Lokasi pantai Bengkenang : Tj. Besar, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu ( klik untuk lihat peta ).

Dimana lagi Anda bisa menyaksikan pantai berdampingan dengan savana hijau, selain di pantai Bengkenang ? Perairannya dangkal dan hamparan pasirnya bersisian dengan permadani hijau.

Di atasnya tumbuh pepohonan kelapa yang batangnya menjulang tinggi dan rumbai daunnya terus melambai. Bila ingin berfoto, Anda bisa memanfaatkan spot yang ada untuk memaksimalkan hobi Anda, ada ayunan, ornamen terbuat dari bambu dan lain sebagainya. Keren banget deh pokoknya !

12. Pantai Padang Betuah

Panorama alam pantai Padang Betuah
By Rahmadhimawan.com

Lokasi pantai Padang Betuah : Padang Betuah, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu ( klik untuk lihat peta ).

Seringkali, yang disimpan terakhir adalah yang terbaik. Inilah pantai Padang Betuah. Pantai tersembunyi ini bisa membuat wisatawan takjub dengan pesonanya yang menyatukan pantai dan danau dalam satu tempat sekaligus. Danau tersebut luasnya 10 hektar dan berada 50 meter di sisi Samudera.

Menariknya, Anda bukan hanya akan disuguhi pemandangan kontras dari pantai di Bengkulu tengah yang berombak besar dan danau yang tenang ini, melainkan juga akan disuguhi view cantik berupa hamparan rumput hijau yang membentang di sejauh mata memandang. Keren bukan ?

Ayo Berikan Ulasan Anda

Berikan penilaian Anda untuk membantu wisatawan lain yang berkunjung.